Label CD

Peran USB drive alias flashdisk dan external hardisk ternyata belum bisa menggeser CD/DVD sepenuhnya. Dalam beberapa hal, pembuatan CD/DVD masih dibutuhkan, terutama terkait dokumentasi suatu kegiatan seperti pernikahan, khitanan, family gathering, workshop, dan lain sebagainya.

Namun, satu hal yang kerap menyita waktu adalah pembuatan label CD/DVD. Stiker berbentuk lingkaran memang menantang untuk didesain dan dicetak.

Salah penempatan elemen saja bisa mengganggu proporsi tampilan label pada CD. Oleh karena itu, perlu kecermatan tinggi saat merancang, menempatkan gambar dan teks, serta memastikan ukuran label CD sudah sesuai.  

Pertama, atur resolusi gambar minimal 300 DPI atau 300 titik per inci. Ini penting agar gambar dalam label tidak terlihat pecah dan tampak tajam setelah dicetak, terutama jika memakai aplikasi seperti Photoshop untuk mendesain label.

Kedua, buat ukuran label dengan berpatokan pada ukuran standar CD/DVD. Diameter CD umumnya 12 cm dan terdapat tepian yang memiliki lebar sekitar 2 mm.

Lalu, lingkaran dalam CD punya diameter 3,7 cm dan lubang berukuran 1,5 cm. Jadi, diameter label dalam CD yang tepat menjadi 11,6 cm. Inilah area label yang akan dicetak.

Ketiga, silakan desain label CD sesuai keinginan. Setelah selesai, baru simpan file dalam format yang disarankan oleh jasa percetakan, seperti PNG dan PDF.

Namun, jika tidak ingin repot mengatur sendiri ukuran label CD, ada beberapa alternatif. Sebut saja, menggunakan template label CD yang tersedia di program seperti Microsoft Word dan Microsoft Publisher. Alternatif lain, cukup siapkan materi yang ingin didesain dan serahkan kepada jasa percetakan untuk membuat label CD siap cetak.

  • Trending
  • Comments
  • Latest