Minggu, 29 November 2020

Produk Percetakan

Percetakan merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang sangat pesat di tanah air. Pertumbuhannya biasanya juga didukung oleh perkembangan industri-industri lain yang ada mulai dari UMKM hingga usaha-usaha berskala besar.

Industri percetakan sendiri merupakan industri yang bertugas memproduksi berbagai bentuk gambar dan tulisan yang dicetak secara massal untuk beragam kebutuhan. Mulai dari pembuatan kemasan hingga pencetakan produk itu sendiri.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, industri percetakan yang tadinya hanya bisa dilakukan secara manual, kini sudah dijalankan secara digital. Jenis-jenis produk yang dapat dicetak pun semakin beragam dengan material yang semakin banyak. Ada beberapa kategori jenis-jenis produk dalam percetakan. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut!

Kategori Industri

Ada banyak sekali sektor industri di Indonesia. Meskipun sebagian besar produknya tidak dibuat oleh percetakan, namun untuk pemasarannya tetap memerlukan campur tangan percetakan. Mulai dari industri makanan, pakaian bahkan produk elektronik memerlukan bantuan percetakan untuk memaksimalkan hasil produksinya. Ada beberapa jenis produk percetakan yang digunakan dalam industri antara lain:

1. Kemasan Produk

Contoh Kemasan Produk Kecantikan

Kemasan produk merupakan kemasan yang dijadikan sebagai pembungkus produk siap jual. Desain kemasan yang baik tidak hanya mampu melindungi produk yang dikemas tapi juga meningkatkan daya jualnya. Karena itu dibutuhkan desain kemasan serta kualitas percetakan yang baik.

Kemasan produk memiliki beragam jenis bentuk dan bahan baku. Desainnya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing produsen. Adanya teknologi percetakan yang semakin canggih memungkinkan kita merancang kemasan yang semakin beragam, unik dan berdaya jual tinggi.

Meskipun banyak kemasan produk yang sudah dijual dalam keadaan siap pakai, saat ini kemasan produk yang dicetak secara khusus lebih banyak diminati. Selain dapat menentukan material dan desain, kemasan yang dibuat berbeda dari yang lain akan memberikan identitas yang unik pada bisnis tersebut. Pada akhirnya ini juga akan meningkatkan brand awareness orang-orang terhadap sebuah merek.

2. Paper Cup

Paper Cup Minuman Kopi atau Susu

Paper cup atau gelas dari kertas ini merupakan wadah minuman sekali pakai yang biasanya bagian dalamnya dilapisi dengan lilin atau plastik agar isinya tidak bocor. Paper cup saat ini memiliki demand yang cukup tinggi karena semakin banyaknya pengusaha minuman yang muncul. Paper cup umumnya digunakan sebagai wadah minuman panas namun minuman dingin juga dapat disajikan dengan menggunakan paper cup.

Kelebihan paper cup adalah harganya yang cukup murah serta penggunaannya juga sangat praktis. Banyak kafe, hotel hingga restoran memanfaatkan paper cup sebagai wadah saat menyajikan minuman. Teh, kopi hingga jus dapat disajikan dalam paper cup.

Ketika permukaan paper cup dicetak dengan identitas sebuah brand bisnis, ini juga dapat menjadi sarana promosi yang mumpuni. Tidak heran jika semakin banyak pengusaha yang menggunakan cara ini untuk meningkatkan brand awareness publik terhadap produk yang mereka jual.

Meski begitu ada beberapa kekurangan dalam penggunaan paper cup. Pertama, residu kertasnya. Karena hanya dapat digunakan sekali, sampahnya akan menumpuk dan merepotkan apalagi jika harus dibuang atau didaur ulang.

Kedua, tidak seperti gelas plastik atau kaca yang bisa dicuci, paper cup harus langsung digunakan tanpa dapat diketahui higienitasnya. Tidak ada yang bisa menjamin apakah dalam proses pembuatan paper cup tersebut dilakukan di tempat yang bersih dan kandungan kandungan material yang aman bagi kesehatan. Jika ingin menggunakan paper cup untuk bisnis Anda, pastikan paper cup dibuat oleh perusahaan terpercaya yang memiliki jaminan kehigienisan produknya.

3. Box Makanan

Box Makanan Cepat Saji

Saat ini penjualan secara online semakin banyak dilakukan oleh para pebisnis. Tidak terkecuali pengusaha makanan. Jenis menu yang dijual juga tak terbatas pada makanan ringan saja tapi juga menu-menu lainnya. Untuk dapat memasarkan produknya dengan baik dan memastikannya sampai ke tangan pembeli dengan aman, dibutuhkan pengemasan yang baik.

Ada beberapa kelebihan dalam penggunaan box kemasan yang dicetak khusus di percetakan antara lain adalah materialnya yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Anda dapat memesan box makanan yang dibuat dari kertas berlapis plastik. Bisa juga dengan menggunakan kotak biasa atau wadah makanan berbahan plastik dan Styrofoam.

Kelebihan lain memesan box makanan di percetakan adalah Anda bisa meminta desain yang paling cocok dengan menu makanan yang akan dijual. Kotak untuk mengirimkan pizza dengan kotak yang akan dijadikan wadah popcorn tentu berbeda, bukan? Inilah kesempatan Anda untuk memilih desain yang paling cocok. Selain itu, memberikan desain logo usaha juga akan meningkatkan prestise bagi sebuah bisnis sekaligus sebagai cara yang cukup ampuh untuk berpromosi.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang juga harus dipertimbangkan saat Anda ingin menjual makanan dengan box yakni sampah yang dihasilkan akan semakin banyak. Ini karena box makanan baik yang terbuat dari kertas, plastik maupun Styrofoam tidak dapat digunakan kembali.

Kekurangan lain dari box makanan sekali pakai ini adalah bahan yang digunakan bisa jadi merupakan bahan yang tidak aman bagi kesehatan. Styrofoam atau kotak makanan yang dibuat dengan bahan daur ulang umumnya memerlukan perhatian lebih dalam penggunaannya. Pastikan pengguna mengikuti cara pemakaian yang benar agar tidak merugikan customer.

4. Label

Label Minuman

Label merupakan bagian penting dari sebuah produk yang dijual. Label ini biasanya berisi informasi baik berupa gambar maupun kata-kata yang didesain menarik berisi tentang barang yang akan dijual. Informasi tersebut dapat meliputi merek, bahan baku yang digunakan dalam pembuatan hingga tanggal kedaluwarsa dan lain sebagainya.

Label tidak hanya berfungsi sebagai pemberi informasi kepada konsumen yang membeli produk tersebut, tapi juga menjadi cara yang ampuh untuk branding. Dengan menggunakan label, pembeli dapat:

  • Mengidentifikasi jenis produk atau mereknya
  • Menentukan kelas produk. Semakin bagus desain dan material labelnya, menunjukkan semakin tinggi kualitas produknya
  • Label dapat menjadi sarana promosi yang ampuh

Ada berbagai jenis label yang dapat dibuat di percetakan antara lain adalah brand label (untuk menunjukkan merek), grade label (label untuk menunjukkan kualitas produk) dan descriptive label (label yang mendeskripsikan produk secara singkat, padat dan jelas).

5. Rigid Box

Kemasan Rigid Box

Rigid box juga merupakan salah satu produk kemasan yang banyak dipesan di percetakan. Berbeda dengan kemasan biasa, rigid box merupakan kotak pembungkus yang dibuat dengan bahan board berlapis kertas yang sudah dicetak dengan desain tertentu.

Ada beberapa keuntungan pengemasan dengan menggunakan rigid box yakni:

  • Desainnya kokoh sehingga membuat produk apapun yang dikemas dapat tersimpan dengan aman
  • Dapat didesain sesuai dengan kebutuhan. Kotak bisa didesain sesuai dengan jenis dan bentuk barang yang akan disimpan di dalamnya.
  • Tampilannya yang cantik membuat produk yang dijual dengan menggunakan rigid box tampak lebih eksklusif.

Sayangnya karena proses pembuatannya memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, produksi rigid box umumnya memerlukan waktu yang lama. Selain itu, karena material yang digunakan harganya cukup tinggi, harga jualnya pun mahal. Jika ingin menggunakan rigid box untuk mengemas sebuah produk, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan tim marketing agar hasilnya sesuai dengan harapan.

6. Botol Plastik Printing

Botol Minuman Printing

Bagi para pengusaha minuman kemasan, memiliki botol yang desainnya bagus tentu akan memberikan keuntungan tersendiri. Dibanding membeli botol grosiran tanpa logo di pasar, memesan botol langsung ke percetakan memungkinkan Anda memilih jenis material yang aman bagi kesehatan hingga desainnya. Anda juga bisa menyesuaikan bahan baku botol agar sesuai dengan isinya.

Selain pengusaha minuman, botol plastik printing juga dapat digunakan sebagai wadah untuk berbagai jenis cairan yang ingin Anda jual. Mulai dari pewangi pakaian, hand sanitizer hingga sabun pencuci piring rumahan.

Kategori Buku

Sebelum teknik digital printing mulai dikenal, percetakan lebih identik dengan buku dan berbagai material yang berbahan kertas. Saat ini, barang-barang kebutuhan bisnis yang terbuat dari kertas masih bisa dipesan khusus di percetakan. Produk-produk tersebut antara lain adalah:

1. Agenda

Agenda Sehari-Hari

Buku agenda merupakan buku kecil yang dibuat untuk mencatat berbagai keperluan harian mulai dari jadwal, alamat hingga catatan penting lainnya. Meski banyak dijual di toko buku, beberapa perusahaan memilih untuk mencetak sendiri agenda untuk karyawan mereka dengan logo di bagian depan.

Selain untuk keperluan catatan karyawan, buku agenda juga banyak dipesan di percetakan sebagai tanda mata untuk acara-acara perusahaan seperti seminar, lokakarya dan lain sebagainya. Selain itu, format buku agenda juga bisa didesain khusus berdasarkan tujuan dan kebutuhan para penggunanya. Misalnya seperti agenda pramuka atau agenda sekolah.

Meski sekarang sudah ada agenda online yang dapat diakses melalui ponsel, buku agenda dalam bentuk fisik masih sangat diminati. Terlebih oleh orang-orang yang lebih suka menulis dengan tangan ketimbang mengetik lewat gawai.

2. Buku Manual

Manual Book Produk Digital

Buku manual atau manual book merupakan sebuah buku yang berisi panduan untuk konsumen. Fungsi buku manual umumnya disertakan dalam produk-produk teknologi yang masih baru seperti kendaraan, peralatan rumah tangga mulai dari blender, microwave hingga kompor gas dan peralatan elektronik lainnya.

Sebagai salah satu produk yang dapat dibuat dengan memesan di percetakan, buku manual merupakan sebuah item yang sangat penting. Terutama bagi produsen jenis barang-barang tertentu yang harus dijelaskan cara penggunaannya kepada konsumen.

Keuntungan menyertakan buku manual dalam produk Anda adalah untuk memberikan informasi kepada pengguna cara memaksimalkan fungsi serta fitur produk yang dijual. Selain itu, buku manual juga dapat menghindarkan pembeli dari risiko kecelakaan karena salah penggunaan.

Sayangnya saat ini keberadaan buku manual dianggap tidak terlalu penting. Terutama untuk barang-barang yang sering digunakan sehari-hari. Konsumen umumnya dapat mencari tahu sendiri cara kerjanya tanpa harus membaca petunjuk penggunaan.

3. Booklet

Booklet Perusahaan

Booklet adalah sebuah buku mini yang biasanya dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan sebagai media untuk menampilkan berbagai produk atau jasa yang mereka tawarkan. Manfaat Booklet juga kerap dijadikan sarana untuk mempromosikan sebuah bisnis. Karena tujuannya adalah untuk pemasaran, tampilan booklet harus menarik agar banyak orang yang membacanya.

Beberapa perusahaan bahkan rela mengeluarkan uang yang banyak untuk bisa membuat booklet yang eye catching. Beberapa keuntungan menggunakan booklet selain sebagai sarana promosi offline juga bisa menjadi cara untuk meyakinkan calon konsumen tentang kualitas perusahaan yang mengeluarkan booklet. Informasi yang ada di dalamnya juga dapat menjadi sumber pengetahuan yang akan menjadi penentu apakah orang yang membacanya akan menggunakan jasa/produk perusahaan tersebut atau tidak.

Kekurangan booklet adalah harga cetaknya yang cukup tinggi. Selain itu, jika desainnya kurang menarik, biasanya orang tidak akan benar-benar membaca isinya.

4. Company Profile

Compay profile menampilkan jati diri perusahaan

Bagi sebuah bisnis terutama yang baru saja dirintis, memperkenalkan diri kepada khalayak adalah hal yang penting. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat company profile atau profil perusahaan. Company profile biasanya dibuat dalam satu lembar kertas yang didesain semenarik mungkin dan berisi beragam informasi terkait perusahaan.

Informasi tersebut antara lain adalah sejarah perusahaan, status saat ini hingga tujuan bisnis. Pemilik bisnis juga dapat memasukkan berbagai informasi lain yang dianggap penting.

Company profile umumnya dapat ditemukan di situs perusahaan yang bersangkutan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dicetak dengan menggunakan kertas. Mencetak company profile memungkinkan pemilik bisnis memperkenalkan usaha miliknya secara lebih luas. Terutama di kalangan orang-orang yang belum begitu familier dengan internet.

Agar company profile dibaca oleh orang, buatlah desain semenarik mungkin dan untuk membuatnya, Anda memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena jika desain atau hasil cetaknya jelek, lembaran profil perusahaan yang sudah dibuat mungkin akan hanya berakhir di tong sampah.

5. Katalog

Katalog untuk menampilkan produk/jasa

Bagi sebuah perusahaan yang memproduksi beragam jenis barang sekaligus, memiliki katalog adalah hal wajib. Katalog sendiri merupakan lembaran-lembaran mirip booklet yang berisi kumpulan produk yang dijual lengkap dengan spesifikasi hingga harganya. Katalog umumnya dimanfaatkan sebagai sarana promosi untuk menjual produk kepada calon konsumen. Adanya katalog juga akan memudahkan pembeli dalam memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Katalog yang dicetak dengan menggunakan kertas dapat dengan mudah diberikan kepada calon pembeli. Jika isinya menarik, ada kemungkinan besar mereka akan menunjukkannya pada orang-orang terdekatnya. Ini tentu menjadi sarana promosi yang cukup efektif. Meskipun saat ini ada e-katalog atau katalog digital, namun katalog yang dibuat dengan kertas dapat menjangkau orang-orang yang tidak menggunakan internet atau gawai.

Kekurangan katalog cetak adalah biaya pembuatannya yang tergolong mahal jika dibandingkan dengan e-katalog. Jika informasi yang ada di dalamnya terlalu banyak atau desainnya kurang menarik, ada bagian yang mungkin tidak akan dibaca oleh calon konsumen. Ini kadang membuatnya jadi kurang efektif.

6. Buku Menu

Buku Menu Restoran

Mirip dengan katalog, buku menu juga berisi beragam jenis produk yang disediakan oleh sebuah bisnis. Bedanya, buku menu hanya digunakan dalam bisnis atau industri kuliner. Selain berisi foto makanan/minuman dan harga, buku menu juga biasanya mengandung informasi lengkap termasuk bahan baku hingga cara pengolahan makanan yang ingin ditawarkan. Para pemilik bisnis makanan juga kerap memberikan rekomendasi melalui buku menu.

Bagi pemilik restoran atau kafe, fungsi buku menu akan memberikan beragam kemudahan. Terutama saat ingin merekomendasikan salah satu jenis makanan kepada para konsumennya.

Buku menu dapat dicetak dengan berbagai desain dan bahan baku. Dengan model yang menarik, buku menu juga dapat menjadi sarana promosi. Salah satu kekurangan buku menu adalah biaya pembuatannya yang cukup tinggi. Ini membuatnya harus bersaing dengan buku menu digital yang sekarang mulai banyak digunakan oleh para pengusaha kuliner karena harganya lebih murah.

7. Annual Book

Anual Book biasa digunakan untuk buku tahunan sekolah

Annual book atau buku tahunan merupakan buku yang dikeluarkan setiap tahun. Isinya adalah informasi terakhir selama satu tahun terakhir dalam bentuk statistik, uraian singkat dan lain sebagainya terkait sebuah subjek atau masalah tertentu.

Salah satu jenis buku tahunan yang paling banyak dibuat oleh percetakan adalah buku tahunan sekolah atau kampus. Buku tahunan sekolah umumnya berisi informasi seputar murid-murid, guru dan hal-hal lain yang menarik di sekolah. Annual book semacam ini dibuat sebagai tanda mata atau kenang-kenangan bagi murid maupun guru yang mengajar menjelang kelulusan tiba.

Keberadaan annual book terutama di sekolah-sekolah sekarang memang seakan menjadi sesuatu yang wajib. Sayangnya, biaya pembuatan buku tahunan sekolah ini cukup mahal dan biasanya setelah beberapa waktu hanya akan tertumpuk dan tidak pernah dibaca lagi oleh pemiliknya.

8. Majalah

Majalah sebagai media publikasi

Sebagai salah satu jenis media publikasi yang diterbitkan secara berkala, majalah juga merupakan produk percetakan. Jika pihak penerbit membuat isi hingga mendesain, maka percetakan bertugas untuk membuatnya ke dalam bentuk fisik yakni mencetaknya ke kertas. Majalah ada yang diterbitkan setiap satu bulan sekali, dua bulan sekali dan ada juga yang dicetak setahun sekali.

Dengan desain menarik, kualitas cetak yang bagus serta material kertas yang mahal, sebuah majalah akan menarik di mata pembeli. Terutama jika isi yang disajikan sesuai dengan preferensi pembeli. Majalah cetak dapat disimpan dalam waktu lama, dikoleksi bahkan dapat dijual kembali nantinya.

Kekurangan majalah adalah tidak praktis dibawa. Dibandingkan dengan majalah digital yang tersimpan di dalam gawai, menyimpan majalah memerlukan ruang khusus sehingga sedikit merepotkan.

9. Buku Notes

Buku notes untuk mencatat keperluan kecil

Buku notes adalah buku kecil yang digunakan untuk mencatat berbagai hal tergantung kebutuhan pemiliknya. Buku notes tersedia di toko-toko dengan berbagai varian desain, bahan baku dan harga.

Sebagai salah satu produk percetakan, buku notes juga dapat dibuat dengan desain khusus. Misalnya saja buku notes untuk keperluan perusahaan, buku notes dengan tema tertentu untuk dijual kembali. Berbagai jenis buku notes ini bisa dipesan melalui percetakan.

Keuntungan menggunakan buku notes sebagai tempat untuk mencatat adalah bentuknya yang kecil dan mudah dibawa. Bagi Anda yang suka menulis dengan tangan, mencatat menggunakan buku notes akan memberikan kesan tersendiri. Sayangnya saat ini keberadaan buku notes mulai tergerus gawai. Banyak orang yang lebih suka menyimpan catatannya dalam perangkat elektronik yang mereka miliki dibanding membeli buku notes.

10. Buku Tamu

Buku tamu untuk keperluan acara

Buku tamu merupakan buku yang berisi daftar nama-nama tamu yang menghadiri sebuah acara. Acara ini bisa berupa acara resepsi pernikahan, seminar kantor, pameran dan lain sebagainya.

Bagi pemilik acara, keberadaan buku tamu akan memudahkan panitia dalam mendata siapa saja tamu yang datang. Adanya buku tamu juga bisa sekaligus menjadi dokumentasi acara dapat disimpan dalam waktu lama.

Meskipun saat ini sudah tersedia buku tamu digital, keberadaan buku tamu cetak masih lebih disukai. Selain karena sentuhan yang lebih personal (karena ditulis dengan tangan), keberadaan buku tamu fisik ini juga bisa menjadi kenang-kenangan bagi pemilik acara.

Kategori Office Supplies

Kantor atau perusahaan dapat berjalan bukan hanya karena ada orang-orang yang bekerja di dalamnya. Ketersediaan office supplies juga sangat penting dalam mendukung aktivitas para karyawan. Office supplies sendiri merujuk pada barang-barang persediaan yang diperlukan untuk menjalankan operasional kantor. Beberapa jenis office supplies yang dibuat oleh perusahaan percetakan antara lain adalah:

1. Kartu Nama

Kartu Nama untuk menunjukan profesionalitas

Seperti namanya, kartu nama merupakan sebuah kartu yang menyimpan informasi tentang nama sebuah perusahaan atau individu beserta alamat dan kontak yang dapat dihubungi. Kartu berukuran kecil ini umumnya saling dipertukarkan dalam perkenalan formal.

Sebagai salah satu produk percetakan, kartu nama bisa dibilang masih memiliki popularitas yang cukup tinggi, terlepas dari digitalisasi di segala bidang. Meski dapat dibuat dalam bentuk soft file, kartu nama yang dicetak masih memiliki prestise tersendiri bagi pemiliknya. Semakin bagus bahan dan desain kartu nama, menunjukkan semakin berkelas pula pemiliknya.

Salah satu kekurangan kartu nama yang dicetak adalah mudah hilang jika tidak disimpan di tempat khusus. Jika dibiarkan bertumpuk dalam jumlah banyak, keberadaan kartu nama ini kadang malah mengganggu. Terutama jika Anda menyimpannya di meja atau laci kerja.

2. Kop Surat

Kop Surat sebagai pelengkap surat perusahaan

Kop surat juga merupakan salah satu office supplies yang dapat dipesan di percetakan. Fungsi Kop surat sendiri merupakan identitas dari sebuah instansi atau perusahaan agar penerima surat tahu tentang asal muasal surat yang mereka terima. Kop surat biasanya berada di bagian paling atas lembaran surat atau di kepala surat. Kop surat umumnya dicetak secara khusus agar tidak mudah dipalsukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meski masih banyak digunakan oleh pemilik perusahaan hingga saat ini, namun kop surat yang dicetak ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah memerlukan tempat penyimpanan khusus agar tidak mudah rusak atau hilang.

3. Amplop

Amplop memiliki peran seperti kop surat

Bagi sebuah perusahaan, amplop memiliki peran yang kurang lebih sama dengan kop surat. Ketika perusahaan mengirimkan surat resmi, penggunaan amplop khusus yang dicetak akan memudahkan karena mereka tidak perlu menulis nama pengirim lagi (karena sudah tertera langsung pada amplop).

Selain dicetak untuk keperluan perusahaan, amplop juga dibuat untuk berbagai keperluan lain. Ukuran amplop juga beragam serta memiliki fungi baik itu amplop untuk memberikan gaji, amplop sumbangan dan amplop lainnya. Berbagai jenis amplop ini dapat didesain sesuai kebutuhan dan dipesan ke percetakan.

4. Map Folder

Map Folder untuk menyimpan dokumen

Map folder atau dikenal juga dengan sebutan map holder atau company folder merupakan map yang berfungsi untuk menyimpan dokumen dan surat-surat penting dalam satu tempat. Mirip dengan album foto, map folder ini memiliki lembaran-lembaran berupa kantong dari plastik yang transparan. Di lembaran-lembaran inilah kita bisa menyimpan surat atau berkas penting agar tidak mudah rusak dan lebih mudah ditemukan.

Map folder selain mempertahankan dokumen dalam kondisi baik, juga akan memudahkan pemilik berkas untuk mengkategorikan berdasarkan kebutuhan. Dengan demikian, dokumen yang dibutuhkan akan lebih mudah ditemukan.

Pastikan Anda menyimpan map folder berisi berkas di tempat yang aman. Karena jika 1 map saja yang hilang atau rusak, Anda akan kehilangan banyak berkas sekaligus. Map folder merupakan salah satu produk perlengkapan kantor yang dibuat oleh perusahaan percetakan.

5. Ordner

Ordner sangat berfungsi menyimpan dokumen dalam jumlah yang banyak

Ordner sebenarnya memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan map folder. Ordner sendiri merupakan sebuah map besar yang dibuat dengan karton tebal. Map ini memiliki ring di bagian tengah dengan penutup di bagian depan dan belakang. Fungsinya adalah untuk melindungi semua berkas yang disimpan di dalamnya.

Kelebihan penggunaan ordner adalah proses pengarsipan dokumen dalam jumlah banyak dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Jika pemilik menyusunnya berdasarkan aturan tertentu, setiap lembarnya akan lebih mudah ditemukan. Membuat kategori arsip juga semakin mudah dengan ordner. Anda cukup membuat label di bagian pinggir ordner sebelum menyusunnya di rak.

Sama seperti map folder, jika ordner tidak disimpan dengan baik, ada kemungkinan dokumen yang disimpan di dalamnya bisa rusak. Jika satu ordner rusak, pemilik harus bersiap kehilangan banyak berkas sekaligus. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini, ada baiknya pemilik membuat salinan baik fisik ataupun salinan dalam bentuk digital/scan.

Kategori Kebutuhan Promosi

Saat ini promosi secara digital atau digital marketing mungkin semakin akrab di telinga para pebisnis. Namun ini sama sekali tidak membuat pemasaran secara fisik atau cetak ditinggalkan begitu saja. Ini karena masih banyak target pasar yang belum tersentuh internet. Karena itu, mencetak kebutuhan promosi masih sangat efektif. Adapun jenis-jenis produk yang dicetak untuk keperluan tersebut berupa:

1. Tent Card

Tent Card menjadi salah satu media promosi yang diletakan dimeja

Jika Anda pernah melihat selembar kertas berbentuk segitiga yang ditegakkan di atas meja resepsionis hotel, itulah yang disebut dengan tent card. Tent card sendiri adalah salah satu media promosi berbentuk display cetak dengan bentuk segi tiga. Material paling umum yang dipakai untuk membuat tent card adalah art carton. Bahannya harus keras agar bisa ditegakkan di atas permukaan yang datar.

Jika tent card dibuat dengan desain menarik dengan informasi padat dan dipasang di tempat yang mudah dilihat, hasilnya cukup menjanjikan. Namun jika Anda salah meletakkan tent card, hasil promosinya mungkin tidak akan maksimal.

2. Hang Tag

Hang Tag biasanya digunakan pada media pakaian

Hang tag adalah salah satu produk percetakan yang berfungsi sebagai media pemberi informasi dari sebuah produk. Adanya hang tag umumnya akan memudahkan pembeli dalam memilih produk apa yang mereka butuhkan. Dengan melihat langsung ke hang tag, pembeli tidak perlu bertanya langsung kepada sales.

Hang tag biasanya dibuat dengan bahan tebal baik dari kertas, mika atau bahan lainnya. Pada pakaian, hang tag akan dipasang pada bagian leher. Selain sebagai sumber informasi (merek, ukuran hingga material), hang tag juga menjadi penanda bahwa sebuah produk masih baru alias belum pernah dipakai.

Salah satu kelemahan penggunaan hang tag adalah kemungkinan pemalsuan terutama untuk produk-produk eksklusif dan laris. Ada banyak kasus di mana sebuah merek dipalsukan hanya dengan meniru desain hang tag-nya saja. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda membuat hang tag yang didesain khusus dan tidak mudah ditiru.

3. Poster

Poster sebagai sarana promosi di tempat umum

Poster merupakan salah satu jenis karya seni atau hasil desain grafis yang dicetak dalam selembar kertas berukuran besar. Tujuannya adalah sebagai sarana kampanye untuk ditempelkan di tempat-tempat umum. Selain untuk pengumuman atau kampanye, poster juga bisa menjadi sarana beriklan bagi para pebisnis.

Jika poster didesain dengan baik serta dibuat dengan bahan baku berkualitas, tentu akan banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan apa yang ditawarkan di dalamnya. Kekurangan poster adalah residu kertas yang dihasilkannya bisa menambah tumpukan sampah ketika sudah tidak terpakai lagi nantinya.

4. Bendera Sedotan

Bendera sedotan menjadi suatu yang dicari pada saat perayaan kemerdekaan

Bendera sedotan merupakan bendera yang dibuat dengan gagang terbuat dari sedotan. Bendera sedotan juga merupakan salah satu produk percetakan yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Anda bisa menemukan bendera sedotan menjelang perayaan kemerdekaan Indonesia.

Selain bendera merah putih yang digunakan saat merayakan HUT Republik Indonesia, bendera sedotan bisa didesain dengan bentuk lain yang disesuaikan dengan tujuan promosi. Harga pembuatan bendera kertas cukup terjangkau. Sayangnya, sama seperti poster, bendera sedotan bisa menjadi sumber sampah jika masa pemakaiannya sudah berakhir.

5. Triangle Pop Display

Triangle pop display sebagai media promosi meja

Sekilas, triangle pop display memiliki bentuk yang mirip dengan tent card. Bedanya, tent card hanya punya dua sisi sementara triangle pop display memiliki tiga sisi sekaligus. Setiap sisinya dicetak dengan informasi baik berupa gambar atau tulisan. Triangle pop display juga merupakan salah satu contoh media promosi cetak yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Agar hasil iklan dengan menggunakan media ini memuaskan, pastikan Anda membuatnya dengan desain menarik serta meletakkannya di lokasi-lokasi strategis.

6. ID Card

ID Card sangat penting ketika sedang ada event/acara

Seperti namanya, ID card adalah kartu yang berisi identitas pemegangnya. ID card tidak hanya menjadi kartu tanda pengenal pegawai di sebuah perusahaan, tapi juga dapat digunakan untuk mendukung formalitas sebuah acara.

Bagi sebuah perusahaan, adanya ID card yang dimiliki oleh setiap karyawan akan memberikan kesan profesional ketika berhadapan dengan klien. Sementara bagi internal perusahaan, penggunaan ID card akan memudahkan setiap karyawan untuk saling mengenali satu sama lain serta memahami posisi masing-masing pekerja. Adanya kartu tanda pengenal ini juga dapat menjadi pemisah antara karyawan dengan yang non-karyawan untuk menghindari penyalahgunaan nama perusahaan. ID card dapat didesain dan dibuat oleh percetakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya.

7. Wobbler

Wobbler digunakan digunakan sebagai media promosi sebuah produk

Wobbler adalah salah satu media promosi yang dicetak untuk tujuan pemasaran. Wobbler biasanya dibuat dengan menggunakan material kertas karton, mika atau plastik, berbentuk bulat dan dapat digoyang-goyangkan. Wobbler yang sudah didesain sedemikian rupa dan dicetak, akan diletakkan di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh pelanggan atau konsumen seperti di rak-rak supermarket, meja kasir dan lain sebagainya.

Karena memiliki desain unik, wobbler cukup efektif digunakan sebagai sarana promosi visual. Isinya juga biasanya cukup padat dan jelas sehingga dapat menjadi sumber informasi yang mencukupi bagi calon pelanggan.

Ada beberapa kelebihan wobbler sebagai sarana beriklan antara lain adalah biaya pembuatan dan instalasinya yang cukup murah. Anda juga tidak memerlukan ruang yang besar untuk meletakkannya. Jika dibuat dengan desain yang eye catching, wobbler dapat meningkatkan penjualan tanpa harus menguras biaya operasional yang besar. Kekurangan wobbler adalah dapat menjadi sampah ketika materi promosinya sudah tidak berlaku lagi.

8. Undangan

Undangan sebagai permintaan kehadiran orang dalam sebuah acara

Undangan atau surat undangan merupakan selembar kertas yang berisi permintaan kepada seseorang, sekelompok orang atau sebuah organisasi untuk menghadiri sebuah acara. Undangan bisa bersifat formal dan non formal, tergantung jenis acaranya. Beberapa kegiatan yang memerlukan undangan antara lain adalah acara pernikahan, seminar dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan menggunakan undangan dalam bentuk cetak adalah kesan personal yang dapat disampaikan kepada orang yang diundang. Selain itu, Anda juga dapat mendesain sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Seperti kebanyakan produk percetakan lainnya, undangan yang dicetak secara fisik umumnya akan menjadi sampah jika sudah tidak digunakan lagi. Saat ini, selain dalam bentuk fisik, orang-orang juga mulai beralih ke undangan elektronik.

9. Kalender

Kalender menjadi salah satu media penting sehari-hari untuk melihat hari dan tanggal

Kalender atau lembar penanggalan merupakan salah satu produk percetakan yang juga dapat dijadikan media promosi. Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang mencetak kalender sendiri dengan nama perusahaan, alamat hingga jasa yang ditawarkan. Mereka kemudian membagi-bagikan kalender yang dibuat secara custom tersebut kepada langganan dan kolega. Ketika kalender dipasang oleh orang-orang di rumah mereka, ini akan menjadi cara yang cukup ampuh untuk berpromosi.

Selain dapat dicetak dengan menggunakan nama perusahaan, kelebihan kalender yang dipesan di percetakan adalah memungkinkan Anda untuk memesan desainnya sesuai kebutuhan. Selain untuk promosi, kalender juga bisa dijadikan sebagai suvenir baik di acara pernikahan maupun acara yang diadakan oleh perusahaan.

10. Postcard

Post card dapat dimanfaatkan sebagai media promosi

Kita mungkin hanya mengenal postcard atau kartu pos sebagai lembaran kertas yang digunakan untuk saling berkirim pesan singkat. Sebagai benda pos yang banyak digemari orang, postcard ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Bagaimana dan apa saja kelebihan kartu pos ini sebagai sarana promosi?

Saat Anda berencana mempromosikan brand milik Anda, mengirim postcard dapat menjadi alternatif yang menarik. Sebagai media branding, Anda bisa memesan desain khusus yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain mudah disimpan, kartu pos ini juga dapat menyimpan lebih dari satu informasi terkait bisnis Anda.

Memberikan postcard juga akan menambah sentuhan personal pada para pelanggan dan membuat mereka merasa spesial. Jika desainnya cantik dan unik, kartu pos yang Anda cetak bahkan bisa menjadi barang koleksi bagi para pencinta postcard.

Saat ini, banyak pengusaha yang mungkin lebih memilih memanfaatkan email untuk mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan. Meski desainnya sama-sama bagus, namun postcard umumnya memiliki kesempatan lebih besar untuk dibaca ketimbang email.

11. Voucher

Voucher biasa dibuat oleh pihak penjual untuk konsumen

Voucher adalah lembaran yang dicetak secara khusus oleh perusahaan atau organisasi tertentu yang memiliki nilai serta jangka waktu pakai tertentu. Voucher biasanya dibuat untuk ditukar dengan barang atau layanan dari sebuah perusahaan.

Saat ini voucher berfungsi lebih dari sekadar alat penukar tapi juga sebagai media promosi yang cukup mumpuni. Banyak kafe atau restoran yang baru berdiri menggunakan sistem voucher untuk menarik pelanggan baru sekaligus menjaga loyalitas pelanggan lama mereka. Penawarannya pun bisa bermacam-macam. Mulai dari voucher potongan harga hingga voucher gratis item-item tertentu.

Saat ini voucher sudah bisa dibuat dalam bentuk digital dengan biaya yang lebih murah. Meski begitu, voucher fisik tetap menjadi pilihan banyak orang untuk mempromosikan bisnis mereka.

12. Spunbond

Spoundbond menjadi media yang penting saat ini untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai

Spunbond atau tas spunbond merupakan tas yang dibuat dengan menggunakan kain sintetis yakni polypropylene atau biji plastik khusus yang memiliki serat panjang terikat yang kuat. Proses pembuatannya dilakukan secara mekanis dengan menggunakan bahan ramah lingkungan. Tas jenis ini memiliki tekstur cukup kuat dan dapat digunakan untuk beberapa kali pemakaian.

Tas dari bahan spunbond banyak dipesan di percetakan untuk berbagai kebutuhan seperti tas goodie bag, tas untuk keperluan hajatan, tas wadah perlengkapan untuk acara seminar, tas suvenir hingga tas promosi.

Untuk acara apapun, tas spunbond yang dipesan secara custom dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih warna yang cantik serta desain ciamik. Dengan begitu, orang-orang yang memilikinya akan dengan senang hati membawanya ke mana-mana. Pada akhirnya ini akan meningkatkan brand awareness terhadap perusahaan Anda. Ada beberapa jenis tas spunbond yang bisa Anda temukan di pasaran mulai dari tas spunbond biasa, tas spunbond laminasi hingga tas woven.

13. Paper Bag

Paper bag biasa dipakai sebagai pembungkus produk premium

Mirip dengan tas spunbond, paper bag juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai acara. Tidak sedikit juga para pengusaha yang menggunakan paper bag sebagai ganti plastik belanjaan untuk konsumen mereka.

Paper bag dibuat dengan menggunakan material kertas. Jika Anda hendak memesan paper bag ke percetakan, pihak percetakan biasanya akan menanyakan jenis kertas apa yang Anda inginkan. Ada beberapa opsi yang tersedia mulai dari art paper, ivory paper, special paper hingga kraft paper. Masing-masing material ini memiliki harga yang berbeda-beda dengan daya tahan yang beragam pula.

Jika paper bag didesain dengan identitas bisnis yang Anda miliki, ini dapat menjadi cara promosi yang cukup baik. Sayangnya karena cenderung mudah rusak, orang-orang tidak dapat menggunakannya berkali-kali apalagi dalam waktu lama.

Bagi para pemilik bisnis, penggunaan paper bag tidak hanya memunculkan kesan lebih eksklusif tapi juga dapat membantu mengurangi penggunaan plastik sebagai pembungkus. Jika Anda ingin menjalankan usaha yang ramah lingkungan, memesan paper bag ke percetakan bisa menjadi pilihan.

14. Cutting Sticker

Cutting sticker menjadi media promosi yang bisa ditempel dimana saja

Seperti namanya, cutting sticker atau stiker potong adalah stiker yang dibuat dengan cara memotong bagiannya dengan menggunakan mesin cutting khusus. Sebagai salah satu sarana atau media promosi, cutting sticker juga dapat Anda pesan melalui perusahaan percetakan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berpromosi menggunakan stiker yakni harganya yang murah serta tahan lama. Jika ditempelkan di lokasi-lokasi strategis, orang-orang akan mengenal bisnis Anda secara lebih luas. Stiker yang dibuat dengan desain bagus serta material yang berkualitas tidak hanya tahan lama tapi juga bisa memperindah tempat penempelan stiker.

Sebaliknya, jika stiker dibuat asal-asalan dan hanya sekadar dicetak sebagai sarana promosi, kemungkinan orang akan melihat atau menempelkan kembali stiker Anda akan semakin kecil. Ini bisa membuat hasil cetakan stiker Anda berakhir sia-sia.

15. Lanyard

Lanyard hadir sebagai pelengkap ID Card

Bagi Anda yang kerap beraktivitas dengan menggunakan ID card, lanyard tentu sudah tak asing lagi untuk Anda. Tali yang berguna untuk menggantung identitas ini banyak dimanfaatkan dalam event, untuk menggantung kartu tanda karyawan hingga penanda panitia seminar atau workshop.

Selain sebagai alat untuk menggantung kartu tanda pengenal, lanyard juga memiliki fungsi lain yakni untuk gantungan ponsel, kunci, pulpen, dompet dan lain sebagainya. Lanyard yang dicetak secara khusus dengan logo atau nama perusahaan dapat dijadikan sebagai suvenir yang dibagikan ketika ada acara seminar atau peluncuran produk tertentu. Jika lanyard berlogo ini dipakai oleh banyak orang, maka akan semakin besar kemungkinan bisnis Anda dikenal.

16. Akrilik Printing

Akrilik biasa didisplay dalam sebuah perkantoran

Akrilik adalah salah satu jenis material yang mirip dengan plastik dari segi tekstur namun penampakannya lebih menyerupai kaca. Ada beberapa kelebihan material ini yakni warnanya yang tahan lama serta bobotnya yang cenderung ringan. Akrilik banyak digunakan sebagai bahan baku barang kerajinan hingga sarana promosi.

Akrilik umumnya digunakan sebagai bahan pembuat rak untuk menempelkan atau meletakkan display produk atau brosur. Karena transparan, ini memungkinkan benda yang dipajang mudah dilihat sekaligus terlindungi.

Akrilik juga dapat dicetak dengan tulisan-tulisan dan desain tertentu. Anda bisa membuat papan nama, penanda ruangan, gantungan kunci hingga suvenir dengan menggunakan material akrilik. Ketika sudah dicetak atau di-print di bagian permukaannya, bahan akrilik ini dapat menjadi media promosi yang menarik. Meskipun secara visual memiliki kemiripan dengan kaca, namun kelemahan material akrilik adalah mudah tergores. Namun dari segi daya tahan, akrilik justru tidak mudah pecah meski jatuh dari tempat yang tinggi.

17. Brosur

Brosur sebagai media promosi baik barang dan jasa yang dibagikan kepada masyarakat

Bicara tentang media promosi cetak, brosur adalah salah satu jenis yang sangat familiar. Brosur sendiri merupakan lembaran kertas (bisa terdiri dari satu lembar atau lebih) yang di dalamnya terdapat berbagai informasi tentang barang atau jasa yang hendak ditawarkan. Agar orang-orang tertarik membacanya, brosur sebaiknya dicetak dengan desain yang menarik.

Salah satu kelebihan brosur adalah bentuk dan ukurannya yang tidak terlalu besar dan berat sehingga mudah dibawa ke mana saja. Biaya cetaknya pun cukup murah karena dapat diproduksi dalam jumlah banyak sekaligus.

Sementara itu kekurangan brosur sebagai media promosi adalah sifat komunikasinya yang hanya satu arah. Artinya, ketika seseorang menerima brosur dari Anda, mereka tidak dapat langsung bertanya atau memberikan umpan balik. Selain itu, banyak orang yang berpromosi dengan menggunakan brosur menyisakan limbah kertas yang cukup banyak ketika sudah tidak digunakan lagi.

18. Bangku Promosi

Bangku plastik sebagai media promosi jangka panjang

Saat ini ada banyak sekali benda sehari-hari yang dapat dijadikan sebagai media promosi. Semakin bermanfaat sebuah benda, semakin sering benda itu digunakan. Ketika ada tulisan yang berisi promosi di dalamnya, maka semakin sering juga orang melihatnya. Salah satu barang bermanfaat yang dapat dijadikan sebagai media promosi adalah bangku plastik. Bangku plastik yang sudah dicetak dengan logo sebuah perusahaan kemudian diletakkan di tempat-tempat terbuka mampu meningkatkan brand awareness orang-orang terhadap brand tersebut.

Salah satu kelebihan menggunakan bangku promosi adalah produknya dapat digunakan langsung bagi orang yang berpromosi. Selain itu, bangku promosi juga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kekurangan bangku promosi adalah biaya pembuatannya yang cukup besar dibandingkan media promosi lainnya.

19. E-Money

E-money penting khususnya warga kota yang menggunakan akses jalan tol

Kebutuhan akan e-money atau uang elektronik saat ini semakin tinggi. Salah satu contohnya adalah untuk pembayaran tol. Berbelanja di merchant-merchant tertentu dengan menggunakan e-money juga diakui lebih praktis dan aman dibanding dengan menggunakan uang tunai.

Dengan semakin tingginya permintaan akan kartu e-money, banyak orang yang menjadikannya sebagai sarana untuk berpromosi. Caranya adalah dengan membuat kartu edisi khusus dengan logo perusahaan terkait. Kartu khusus ini dapat dipesan langsung ke percetakan. Semakin sering kartu tersebut digunakan, maka akan semakin banyak juga orang yang akan melihat logonya.

Salah satu kekurangan kartu e-money adalah belum menyeluruhnya penerimaan uang elektronik di Indonesia sehingga penggunaannya belum maksimal. Selain itu, sebagai media promosi biaya cetak e-money ini cukup mahal.

Kategori Signage & Banner Display

Secara umum, signage merupakan istilah yang merujuk pada semua jenis tampilan grafik yang dipasang sebagai sumber informasi bagi orang yang melihatnya. Begitu juga dengan banner display. Kedua item ini juga merupakan produk yang dapat dibuat dengan memesan ke percetakan. Ada beberapa variasi signage dan banner display yakni:

1. X Banner

X banner biasa dijadikan media promosi sebagai informasi bagi pengunjung

Salah satu jenis banner yang banyak digunakan sebagai media promosi adalah X banner. X banner merupakan banner berukuran 60×160 cm yang dipasang dengan menggunakan penyangga yang berbentuk huruf X agar dapat berdiri sendiri. X banner dapat dengan mudah dipasang di depan toko, di area-area umum atau di acara-acara tertentu untuk sumber informasi bagi para pengunjung. X banner juga bisa dijadikan media promosi visual yang cukup menarik.

Meski kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi bisnis maupun event, banyak yang menganggap ukurannya terlalu kecil sehingga tak begitu menarik perhatian.

2. Y Banner

Mirip dengan X Banner, Y Banner juga media promosi yang berisi informasi bagi pengunjung

Pada dasarnya, Y banner memiliki desain dan ukuran yang mirip dengan X banner. Bedanya, Y banner menggunakan penyangga berbentuk Y untuk membuatnya dapat berdiri tegak. Fungsinya pun sama yakni sebagai sumber informasi maupun promosi untuk ditempatkan di area-area terbuka yang mudah dilihat orang.

Ada beberapa jenis material yang dapat digunakan untuk mencetak Y banner maupun X banner.  Material-material tersebut antara lain adalah albatross, easy banner, flexi China, flexi Korea, flexi Jerman dan luster. Masing-masing banner memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tergantung materi apa yang ingin dicetak di permukaannya. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa mendiskusikan material apa yang ingin digunakan pada pihak percetakan.

3. Roll Up Banner

Roll up banner memiliki fungsi yang sama seperti x banner dan y banner, namun lebih mudah digunakan dan dibawa

Roll up banner juga merupakan salah satu produk percetakan yang dijadikan sebagai media promosi dan informasi indoor. Roll up banner sendiri merupakan jenis banner yang dapat ditarik dari bawah ke atas di bagian header-nya untuk digulung. Secara visual, jenis banner ini memiliki tampilan yang mirip dengan X banner dan Y banner. Bedanya, karena ditegakkan dengan menggunakan bahan stainless atau aluminium pada bagian bawahnya, roll up banner bisa berdiri lebih kokoh dan tidak mudah jatuh saat ditiup angin.

Selain dimanfaatkan sebagai materi promosi di berbagai acara, roll up banner juga dapat menjadi sarana meningkatkan brand awareness bagi perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuatnya dengan berbagai ukuran tergantung kebutuhan.

4. Mini X Banner

Mini X Banner biasa diletakan di meja dan memiliki fungsi yang sama dengan x banner

Mini X banner memiliki fungsi yang sama dengan X banner biasa. Yang membedakan mini X banner dengan X banner biasa adalah ukuran dan tempat peletakannya. Jika X banner dibuat dalam ukuran 60×160 cm, maka mini X banner lebih kecil lagi yakni hanya 25-40 cm dan diposisikan secara vertikal. Karena ukurannya yang kecil, banner satu ini kerap diletakkan di atas meja agar mudah dilihat.

5. Giant Banner

Giant banner menampilkan media promosi dengan ukuran yang besar

Seperti namanya, giant banner merupakan banner berukuran besar. Karena lebih besar dari jenis banner lain, giant banner kerap dijadikan sebagai media promosi outdoor atau luar ruangan. Ukuran yang umum digunakan antara lain adalah 3×3 meter, 3×4 meter, 3×5 meter hingga ukuran lain yang lebih besar lagi. Pemilik bisnis dapat memesan giant banner dengan bahan dan material yang sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu kelebihan giant banner adalah Anda dapat menampilkan visual dalam ukuran besar yang mudah dilihat orang. Materi promosi dan informasi apapun dapat dicetak di atas giant banner. Selain didesain dengan bagus, posisi pemasangannya harus strategis agar hasil promosinya lebih maksimal. Giant banner umumnya dijual dengan harga per meter.

6. Tripod Banner

Tripod banner adalah salah satu jenis banner yang biasa digunakan untuk memajang produk yang sedang dipromosikan atau sedang diskon. Beberapa contoh penggunaannya dapat Anda temukan pada retail store atau restoran dan kafe di mal. Seperti namanya, banner ini ditegakkan dengan menggunakan tiang dengan tiga kaki atau tripod.

Sebagai salah satu contoh banner display yang dapat dipesan di percetakan, penggunaan tripod banner dapat memberikan beragam keuntungan antara lain fleksibel, praktis serta mudah dipasang. Ukuran tinggi tripod banner biasanya maksimal hanya 2 meter dengan lebar sampai 80 cm. Ini membuatnya dapat diletakkan di berbagai sudut tanpa khawatir memakan tempat. Anda juga dapat menariknya secara vertikal atau horizontal sesuai dengan kebutuhan promosi.

Salah satu kekurangan tripod banner adalah mudah tumbang. Terutama jika ukuran banner-nya tidak seimbang dengan penyangganya. Pastikan keduanya sesuai agar banner bisa bertahan kokoh.

7. Flag Banner

Flag banner dalam industri percetakan juga dikenal dengan berbagai nama lain seperti feather banner (karena sekilas bentuknya mirip sehelai bulu berukuran besar), beachwings, feather flag banner dan lain sebagainya.

Selain sebagai media promosi untuk memperkenalkan brand Anda, flag banner juga banyak dimanfaatkan sebagai penanda arah ketika ada event besar. Salah satu keuntungan menggunakan banner jenis ini adalah kemampuannya berkibar yang dapat menarik perhatian orang-orang yang melintas. Bagi penyelenggara acara, menggunakan flag banner akan memudahkan mereka untuk memindahkannya ketika ada event di tempat lain.

Flag banner sebaiknya dibuat dengan material yang bagus dan tahan. Karena terus bergerak, flag banner kemungkinan akan lebih cepat mengalami kerusakan dibanding banner lain.

8. Spanduk

Spanduk sekarang masih banyak digunakan, terutama di toko-toko barang

Berdasarkan pengertiannya, spanduk merupakan selembar kain persegi panjang yang direntangkan. Isinya adalah propaganda, slogan hingga berita yang harus diketahui khalayak. Selain digunakan untuk memajang pengumuman, spanduk juga kerap dipasang di pusat-pusat perbelanjaan ketika ada diskon besar.

Ada beberapa kelebihan penggunaan spanduk antara lain adalah orang yang membaca bisa mengatur tempo bacaan hingga mereka memahami isinya. Karena ukurannya yang besar dan material yang digunakannya cukup kuat, spanduk dapat dilihat dari jarak jauh dan tahan lama.

Adapun kekurangan dari spanduk adalah untuk bisa memahami isinya, diperlukan perhatian khusus karena sifatnya tidak visual dan auditif. Proses pemasangannya juga cenderung sulit karena harus diletakkan pada posisi yang cukup tinggi dan mudah dilihat. Selain itu, gangguan mekanis dari angin dan faktor lain membuat spanduk rawan mengalami kerusakan.

9. Flag Chain

Flag chain biasa digunakan pada saat event atau acara kemerdekaan

Flag chain adalah salah satu media cetak yang dibuat dengan menggunakan kertas khusus atau art paper. Setelah dibuat grafis di permukaannya, kertas ini kemudian dibentuk menjadi sebuah bendera kecil berukuran A5 atau sekitar 14,5 cm x 21 cm. Flag chain yang sudah disiapkan dalam jumlah cukup banyak ini kemudian digantungkan pada seutas benang.

Manfaat flag chain adalah sebagai sarana untuk promosi produk, perayaan hingga kampanye. Flag chain dapat dipasang di dalam maupun di luar ruangan. Anda juga bisa memasangnya di pinggir jalan agar mudah dilihat oleh orang-orang yang melintas. Kekurangan flag chain adalah ketika sudah tidak digunakan, lembaran-lembarannya akan menjadi tumpukan sampah yang mengotori area sekitar acara.

10. Signage

Signage lebih dikenal dengan istilah umum papan info. Signage dapat dengan mudah ditemukan di tempat-tempat umum baik di jalan, pusat perbelanjaan, terminal, pasar dan lain sebagainya. Signage memiliki fungsi promosional dan instruksional. Artinya, Anda bisa memanfaatkannya sebagai sarana promosi, bisa juga menggunakannya sebagai penunjuk.

Contoh signage yang dibuat untuk tujuan promosi adalah papan yang dipasang dengan nama sebuah usaha dan alamatnya. Tujuan pemasangan adalah agar orang lain tahu tentang bisnis tersebut dan tahu di mana mereka harus mencarinya. Sementara signage yang berfungsi sebagai instruksi contohnya adalah papan penanda ‘Dilarang Merokok’ atau papan penunjuk lokasi toilet dan lain sebagainya.

Signage dapat dipesan dengan berbagai desain dan material. Harganya pun cukup beragam sehingga Anda bisa menentukan sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

11. Neon Box

Neon box sangat berguna pada saat malam hari

Jika Anda pernah melintas di depan sebuah toko dan melihat papan penanda seperti kotak yang diterangi lampu neon dari dalam, maka itulah yang disebut dengan neon box. Media promosi ini dapat digunakan baik pada siang hari ataupun malam hari. Material yang biasa digunakan untuk membuatnya antara lain adalah akrilik, vinyl outdoor, ultralon dan lain sebagainya.

Salah satu manfaat penggunaan neon box adalah membuat nama usaha atau bisnis Anda terlihat dengan jelas di malam hari. Selain sebagai sarana branding, desain neon box yang cantik akan memperindah bagian depan toko sekaligus menarik perhatian orang-orang yang melihatnya.

Kekurangan dari neon box adalah biaya pembuatannya yang cukup mahal dibanding media promosi biasa. Neon box juga hanya bisa menyala jika ada aliran listrik. Artinya, jika listrik mati atau ada bagian kabel dalam kotak yang rusak, neon box tidak akan bisa berfungsi.

12. Magnetic Backdrop

Magnetic backdrop merupakan sebuah sistem display yang bisa dilipat sehingga mudah dibawa serta disimpan. Magnetic backdrop dibuat dengan menggunakan digital printing dan biasanya memakan waktu pengerjaan 1 sampai 2 hari. Display  satu ini biasanya berisi informasi mengenai tema sebuah acara, informasi mengenai sebuah perusahaan baik visi misi, nama hingga logonya. Magnetic backdrop juga dapat dipesan untuk keperluan acara pesta pernikahan dan acara formal maupun semi formal lainnya.

Selain memerlukan waktu pengerjaan yang cukup lama, magnetic backdrop harganya juga lebih mahal dibanding media display lainnya.

13. Event Desk

Event desk adalah sebuah meja berbentuk stand yang dilengkapi konstruksi penyangga. Fungsinya adalah untuk menyampaikan informasi. Anda biasanya memerlukan media ini untuk menampilkan produk, layanan atau jasa perusahaan. Dalam berbagai event, event desk juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk membagi-bagikan brosur.

Keunggulan event desk antara lain mudah dibawa, bisa dilipat, tidak memakan banyak tempat dan cukup mudah dipasang. Adapun kekurangannya antara lain adalah ukurannya mejanya yang tidak terlalu besar mungkin akan menyulitkan dalam meletakkan barang-barang. Selain itu, event desk biasanya dibuat dari bahan ringan yang tidak bisa menahan beban lebih dari 30 kilogram. Jika ingin menggunakan event desk, pastikan Anda menggunakannya sesuai dengan petunjuk.

14. Kanvas

Kanvas merupakan salah satu material yang banyak dimanfaatkan dalam industri percetakan. Beberapa kelebihan material kanvas adalah bobotnya yang ringan serta tahan lama dan kuat. Kanvas dapat digunakan untuk mencetak foto, mencetak display untuk berbagai kebutuhan dan lain sebagainya. Bahan kanvas juga bisa dicetak menjadi tote bag dengan desain khusus sebagai media promosi. Tote bag dari kanvas biasanya kuat dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Salah satu kekurangan material kanvas adalah permukaannya yang cenderung kaku dan kasar. Jika ingin membuat suvenir nyaman bisa dipakai, pilihlah jenis kanvas yang lembut.

15. Wallpaper

Wallpaper menjadi peganti cat rumah dizaman ini

Wallpaper atau kertas dinding merupakan material pelapis yang digunakan untuk menutupi bagian dalam rumah, kantor dan bangunan lainnya. Wallpaper ditempelkan ke dinding dengan menggunakan lem khusus. Karena kebanyakan wallpaper dibuat untuk tujuan dekorasi, desainnya pun beragam. Anda bisa memesan wallpaper dengan corak tertentu ke percetakan. Wallpaper ini dapat digunakan sendiri atau dijual kembali.

Ada beberapa kelebihan penggunaan wallpaper antara lain adalah lebih hemat, praktis, mudah dibersihkan serta lebih menarik dibanding cat biasa. Jika ada bagian tembok yang retak atau catnya mengelupas, wallpaper dapat menjadi solusi. Beberapa desain wallpaper bahkan dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah.

Adapun kekurangan wallpaper adalah mudah rusak dan cepat berjamur. Terlebih jika dipasang di ruangan lembap yang selalu tertutup. Agar selalu terawat, pemilik rumah harus membersihkannya secara rutin.

16. Balon Joged

Balon joged menjadi penarik bagi para pengunjung terutama anak anak

Balon jogged adalah balon berukuran besar yang biasa dipasang di depan toko atau area event. Balon ini biasanya lentur dan bisa bergerak-gerak lincah saat tertiup angin. Tujuannya adalah sebagai media promosi. Keuntungan menggunakan balon joged adalah mampu menarik perhatian orang banyak. Apalagi jika dibuat dengan desain unik. Beberapa brand seluler asal Cina juga berhasil membuktikan manfaat penggunaan balon joged untuk media promosi.

Kekurangan balon joged adalah pemasangannya yang sulit, terutama jika ukurannya besar. Selain itu karena berbentuk balon dengan isi angin di dalamnya, balon joged mudah rusak, bocor atau kempes.

17. Balon Promosi

Balon promosi memiliki konsep yang mirip dengan balon joged. Bedanya desain balon promosi didesain kaku atau tidak bisa bergerak. Balon promosi memiliki berbagai bentuk. Ada yang bulat dan diletakkan di atas tiang, ada juga yang berbentuk persegi dan diterbangkan dengan menggunakan tali. Jika mau, Anda juga bisa memasang balon promosi sebagai gapura atau pintu masuk ke event.

Karena ukurannya besar, balon promosi harganya juga cukup mahal. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu besar, Anda bisa mencetak balon biasa dengan logo perusahaan sebagai media promosi.

Kategori Suvenir

Suvenir atau buah tangan juga merupakan barang-barang yang dapat diproduksi oleh percetakan. Suvenir umumnya merupakan barang-barang simpel yang biasa diberikan dalam acara-acara tertentu baik pernikahan maupun seminar. Suvenir biasanya diberi logo nama perusahaan sebagai sarana promosi. Beberapa jenis barang yang bisa dijadikan suvenir antara lain adalah:

1. Payung

Payung menjadi alat yang sangat berguna apalagi pada saat musim hujan

Payung merupakan benda yang sangat fungsional untuk dijadikan sebagai suvenir. Banyak bank dan perusahaan-perusahaan yang menggunakannya sebagai media promosi. Kelebihannya selain bermanfaat dan dapat digunakan sehari-hari, payung juga bisa dengan mudah dicetak untuk kebutuhan iklan.

Kekurangan penggunaan payung sebagai suvenir adalah harganya yang cukup mahal. Selain itu, ukurannya yang cukup besar juga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar.

2. Mug

Mug hingga kini masih jadi media sovenir yang dipakai perusahaan dalam event

Selain payung, mug atau gelas dari keramik atau kaca juga merupakan benda sehari-hari yang sangat cocok dijadikan sebagai cenderamata baik untuk acara pernikahan maupun event lainnya. Banyak perusahaan-perusahaan besar juga memanfaatkan mug yang sudah dicetak dengan logo sebagai sarana untuk berpromosi.

Keuntungan menggunakan benda sehari-hari seperti mug untuk suvenir adalah dapat digunakan sehari-hari. Siapapun bisa memakainya sehingga tidak akan terbuang sia-sia seperti suvenir lain. Kekurangan mug untuk dijadikan cenderamata adalah harganya yang cukup mahal dan bobotnya yang berat. Selain itu, karena dibuat dari keramik atau kaca, mug juga mudah pecah sehingga harus dibawa dengan hati-hati.

3. USB

USB kerap dijadikan sovenir dalam pertemuan

Dulu, harga USB atau flash disk (diska lepas) memang cukup mahal. Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak produsen yang mengeluarkan produk USB ini. Dampaknya, harganya jadi semakin murah. Karena cukup terjangkau, USB pun kerap dijadikan pilihan sebagai suvenir, terutama dalam acara-acara formal dan semi formal seperti pertemuan perusahaan, seminar hingga lokakarya.

Agar berkesan, UBS didesain sesuai dengan kebutuhan acara. Ada yang dibuat dalam bentuk kartu dengan logo dan visi misi perusahaan yang dicetak pada permukaannya. Ada pula USB yang bagian kepalanya berbentuk maskot perusahaan yang mengeluarkannya.

4. Power Bank

Selain USB, power bank juga cocok dijadikan sebagai buah tangan dalam acara-acara baik formal maupun semi formal karena memiliki fungsi yang penting. Power bank yang sudah disiapkan nantinya akan diberi logo oleh percetakan sebelum dibagi-bagikan kepada para undangan atau peserta.

Kekurangan power bank adalah harganya yang cukup mahal. Selain itu, jika dijadikan sebagai cenderamata, pemesan harus membeli dalam jumlah besar. Jika tidak diperiksa satu persatu, kemungkinan ada unit power bank yang tidak bisa dipakai atau rusak.

5. Pen

Pen menjadi sovenir yang paling diburu terutama para pelajar

Pulpen atau pen adalah benda sehari-hari yang digunakan untuk berbagai keperluan. Pekerjaan kantor, anak sekolah hingga aktivitas harian memerlukan pulpen untuk menulis. Dengan memesan desain dan tulisan khusus pada percetakan, pulpen dapat menjadi pilihan suvenir yang menarik. Jika disebarkan kepada orang banyak, pulpen yang dicetak ini juga bisa menjadi sarana promosi yang cukup bagus.

Selain dapat dipakai sehari-hari, harga pulpen juga sangat terjangkau. Terutama jika dibeli dalam jumlah besar sekaligus. Sayangnya, jika tidak teliti saat membeli, Anda kemungkinan bisa menerima produk yang cacat alias tidak bisa digunakan.

6. Pin

Jika Anda memerlukan produk yang cukup murah untuk dijadikan suvenir, maka pin adalah opsi terbaik. Benda kecil ini kerap ditempelkan di pakaian atau tas sebagai aksesoris. Percetakan biasanya akan mendesain dan membuat pin pesanan sesuai dengan kebutuhan. Anda tinggal memilih gambar atau grafis apa yang ingin dicetakkan ke pin.

Pin paling cocok dijadikan sebagai cenderamata untuk acara-acara yang dihadiri anak-anak muda. Seminar, pelatihan hingga acara hiburan seperti konser bisa menggunakan pin untuk souvenir bagi para pesertanya.

7. Casing Handphone

Casing handphone termasuk salah satu produk yang banyak diminati saat ini. Semakin tumbuhnya jumlah pengguna ponsel di Indonesia membuat casing ponsel jadi salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki. Karena dapat di-custom, banyak penyelenggara acara atau perusahaan-perusahaan yang menjadikan casing ponsel sebagai suvenir.

Keuntungan menggunakan casing handphone sebagai cenderamata adalah keberagaman material yang tersedia. Anda bisa memilih soft case berbahan silikon atau hard case dari plastik. Anda tinggal mencetakkan logo atau grafik yang diinginkan ke jasa percetakan dan casing siap dijadikan suvenir untuk berbagai acara.

Sayangnya, karena setiap tipe ponsel memerlukan jenis casing berbeda, akan sulit menentukan tipe jika ingin dibagi-bagikan sebagai cenderamata.

8. Gantungan Kunci

Selain pin, gantungan kunci juga sejak lama menjadi pilihan suvenir baik untuk oleh-oleh, acara pernikahan hingga acara-acara formal lainnya. Gantungan kunci dapat dipesan ke percetakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, Anda bisa memilih tema yang sesuai dengan daerah Anda. Kalau ingin digunakan sebagai cenderamata acara pernikahan, pilih material karet atau plastik yang bisa dicetak dengan nama pengantin.

Kelebihan gantungan kunci adalah harganya yang murah dan ukurannya yang mungil serta tidak memakan banyak tempat. Selain itu, material untuk membuatnya pun bermacam-macam. Mulai dari kayu, plastik hingga karet bisa dibuat menjadi gantungan kunci. Bahkan barang-barang bekas pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku. Kekurangannya, gantungan kunci mudah sekali hilang atau rusak, terlebih jika sudah dipakai untuk menggantung kunci.

9. Tumbler

Bicara wadah air minum isi ulang, tumbler mungkin akan terlintas pertama kali di pikiran Anda. Benda satu ini juga sedang melesat popularitasnya seiring dengan kampanye penggunaan tempat minum isi ulang untuk mengurangi jumlah sampah botol plastik. Beberapa coffee shop bahkan membuat tumbler custom untuk para pelangganya sebagai pengganti cup plastik. Karena kerap dibawa-bawa, tumbler juga sering dijadikan sebagai suvenir sekaligus media promosi.

Ada banyak perusahaan yang memesan tumbler dengan desain khusus pada percetakan kemudian membagi-bagikannya kepada kolega dan pelanggan mereka. Ketika tumbler yang diberikan dipakai dan dibawa ke mana-mana, kesempatan mereka untuk meningkatkan brand awareness juga semakin besar.

Meski mampu mendukung kampanye pengurangan penggunaan plastik, harga tumbler cukup mahal untuk dijadikan suvenir. Pastikan Anda memilih bahan yang bagus dengan desain yang cantik agar tumbler yang diberikan sebagai cenderamata bisa berfungsi sekaligus sebagai alat promosi.

10. Kipas Promosi

Sebagai negara tropis yang cuacanya selalu panas sepanjang tahun, kipas adalah benda mungil yang kita butuhkan. Dengan fungsi sepenting itu, tidak heran jika kipas dari plastik atau kertas banyak dimanfaatkan untuk media promosi. Perusahaan-perusahaan tinggal mencetak logo hingga visi misi mereka sebelum membagikannya sebagai suvenir.

Tidak hanya memiliki nilai guna, kipas promosi ini juga mampu meningkatkan popularitas bisnis. Ukurannya juga tipis dan kecil sehingga mudah disimpan. Dari segi harga, kipas juga cukup ramah di kantong.

11. Travel Bag

Travel bag merupakan benda yang wajib dibawa saat bepergian. Ukurannya beragam dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada travel bag ukuran besar untuk memuat pakaian selama dalam perjalanan, dan ada juga travel bag mini yang digunakan untuk menyimpan benda-benda krusial saat bepergian seperti dompet, ponsel, paspor hingga tiket.

Tidak sedikit perusahaan yang memasukkan travel bag mini ke dalam goodie bag yang mereka bagikan saat ada acara atau pameran. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya bergerak di bidang yang berhubungan dengan perjalanan seperti travel, maskapai penerbangan hingga layanan penjualan tiket online.

Selain bermanfaat, travel bag yang sudah diberi logo perusahaan akan menjadi sarana beriklan yang cukup menjanjikan. Sayangnya jika tidak dibuat dari material yang bagus, orang mungkin akan enggan memakainya. Karena itu jika memang berniat menjadikan travel bag sebagai suvenir sekaligus media promosi, pastikan desain dan materialnya cukup menarik untuk membuat orang mau memakainya.

Kategori Textile

Kemajuan teknologi digital printing membuat banyak sekali material bisa dicetak dengan mesin printing. Tidak terkecuali barang-barang tekstil. Contoh paling sederhana mencetak dengan material bahan tekstil adalah spanduk dan umbul-umbul. Seiring berkembangnya zaman, saat ini mesin cetak digital bisa dimanfaatkan untuk membuat pakaian yang dikenal dengan digital textile printing.

Ada beragam produk tekstil yang bisa dicetak baik dengan teknik manual atau digital antara lain adalah:

1. Jersey

Jersey sebenarnya merupakan nama salah satu jenis kain yang paling banyak digunakan untuk membuat pakaian. Kain jersey juga disebut sebagai salah satu kain paling laris yang dipakai sebagai material pembuatan fashion muslim dari tahun 2019 hingga tahun 2020. Ada banyak sekali toko yang menjual aneka pakaian dari bahan jersey.

Dalam dunia olahraga, jersey lebih dikenal sebagai sebutan untuk seragam olahraga. Kain jersey memang banyak dipakai sebagai material baju sepakbola dan seragam olahraga lainnya karena sifat kainnya yang dingin dan jatuh. Jersey juga menyerap keringat.

Jersey yang bisa dipesan di percetakan biasanya adalah seragam custom untuk sekolah, perusahaan hingga tim olahraga. Modelnya banyak dengan beragam pilihan warna. Kekurangan kain jenis jersey adalah rentan rusak kalau terlalu sering disetrika. Jika jersey yang dibuat memiliki sablonan, Anda harus memilih jenis sablon yang tepat agar awet dipakai dalam waktu lama.

2. Kaos

Perkembangan digital printing membuat semakin banyak pengusaha distro bermunculan. Mereka membuat desain grafis sendiri untuk kemudian dicetak di atas kaos. Jika tidak punya mesin sendiri, memesan ke percetakan bisa menjadi salah satu solusi.

Untuk mencetak tulisan di atas kaos, ada beragam teknik printing yang bisa digunakan. Agar hasilnya tidak meluber serta tidak mudah luntur, pastikan Anda menanyakan kepada pihak percetakan jenis tinta serta teknik cetak seperti apa yang paling sesuai dengan jenis kaos yang ingin dicetak.

Kelebihan cetak kaos yakni Anda bisa membuat desain yang berbeda dari yang lain untuk kesan yang lebih eksklusif. Anda juga bisa membuat kaos untuk berbagai kebutuhan misalnya untuk kampanye, membuat kaos perusahaan dan lain sebagainya.

3. Hijab

Fashion hijab sedang berkembang sangat pesat. Tidak hanya di tanah air tapi juga di berbagai belahan dunia. Salah satu teknik pembuatan hijab yang semakin banyak digunakan adalah dengan menggunakan metode printing. Dengan mencetak sendiri pola pada lembaran kain jilbab, para produsen fashion hijab bisa membuat produk eksklusifnya sendiri. Jenis kain yang banyak dimanfaatkan untuk membuat hijab printing antara lain adalah satin velvet, balotelli, chiffon, silk satin, silk maxmara dan lain sebagainya.

Untuk bisa mencetak kain hijab, percetakan biasanya hanya menerima dalam partai besar. Ini karena kain hijab biasanya berukuran kecil sehingga pengerjaan dalam jumlah yang terlalu sedikit akan memakan biaya yang lebih banyak.

Ada beberapa kelebihan membuat hijab dengan metode printing antara lain adalah corak dan desainnya yang beragam dan dapat dirancang sesuai selera. Konsumen juga bisa  memilih warna yang sesuai dengan aktivitas serta pilihan outfit yang dikenakan. Tak hanya itu, hijab printing umumnya memiliki desain yang lebih menarik dan terlihat lain daripada yang lain.

4. Bantal

Produk tekstil lain yang juga semakin banyak dibuat dengan menggunakan teknik cetak adalah bantal. Bantal custom ini umumnya dibuat sebagai buah tangan atau hadiah. Anda bisa mencetak gambar grafis hingga foto di permukaan bantal.

Kelebihan bantal yang dibuat dengan custom printing ini adalah desainnya yang unik dan personal. Namun karena bantal merupakan benda yang dipakai sehari-hari, tinta yang dipilih harus benar-benar aman bagi kesehatan. Karena jika tidak, tinta ini bisa menyebabkan alergi di kulit.

5. Tote Bag

Tote bag merupakan salah satu jenis tas jinjing yang memiliki banyak fungsi. Arti tote bag sendiri secara bahasa adalah tas terbuka atau tas yang tidak memiliki kancing penutup di bagian atasnya.

Awalnya tote bag hanya dibuat dengan menggunakan material yang kanvas hingga kain goni yang keras. Selama berabad-abad lamanya hanya digunakan karena fungsi praktisnya, sekarang tote bag sudah berubah menjadi salah satu item fashion yang banyak disukai. Jika tadinya tidak ada penutup sama sekali di bagian atasnya, sekarang kita bisa menemukan tote bag yang sudah dilengkapi dengan kancing atau ritsleting untuk melindungi isinya.

Saat ini tote bag yang dibuat dengan cara printing juga semakin mudah ditemukan. Desainnya pun beragam. Agar kesannya lebih personal, Anda bisa membuat gambar atau tulisan sendiri untuk dicetak pada permukaan tote bag. Selain sebagai item fashion, dengan material yang lebih murah tote bag juga bisa dipakai untuk goodie bag seminar atau pameran.

Kelebihan tote bag selain praktis juga bisa digunakan untuk beragam fungsi. Material dan harganya pun beragam. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Kekurangan tote bag adalah desainnya yang terlalu sederhana. Tidak ada kantong kecil yang berfungsi sebagai pemisah sehingga semua barang-barang Anda hanya bisa ditempatkan di satu tempat saja.

6. Masker

Saat ini masker menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh semua orang. Selain untuk melindungi diri dari kuman dan virus di lingkungan, masker juga bisa menjadi salah satu item fashion yang membuat tampilan lebih bergaya. Tidak hanya dengan memilih material serta warna yang menarik, menggunakan teknik printing untuk membuat masker custom juga menjadi cara untuk membuat desain yang cantik. Masker karakter untuk anak-anak juga dapat dibuat dengan menggunakan teknik digital textile printing.

Selain membuat pola dan motif, produsen juga bisa menggunakan jasa percetakan untuk mencetak merek dagang mereka di permukaan masker. Beberapa jenis masker yang bisa dibuat dengan teknik cetak adalah masker kain dan masker scuba.

Kekurangan masker yang dibuat teknik printing adalah pemilihan tintanya yang harus ekstra hati-hati. Karena masker ini digunakan untuk menutup wajah dan menjadi saringan udara saat kita bernapas, pastikan jenis tinta dan kain yang dipakai untuk membuatnya adalah bahan yang aman. Pastikan tintanya tidak menyebabkan alergi pada kulit atau alergi pernapasan.

7. Topi

Sebagai salah satu produk tekstil yang dapat dibuat dengan teknik cetak, topi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Selain fungsi utamanya sebagai penutup kepala untuk melindungi pemakainya, topi juga merupakan item fashion. Dengan desain yang ciamik, topi hasil cetak ini dapat mendukung penampilan seseorang.

Fungsi lain dari topi printing adalah sebagai identitas atau penanda. Ada banyak lembaga dan perusahaan yang menggunakan topi sebagai tanda pengenal bagi karyawannya. Topi printing juga bisa dijadikan sebagai suvenir atau sebagai media promosi dan kampanye. Topi untuk kebutuhan ini juga biasanya dibuat dengan teknik cetak printing.

8. Batik Printing

Bagi masyarakat Indonesia, batik lebih dari sekadar pakaian tapi juga budaya. Batik sebenarnya adalah kain yang dibuat dengan proses khusus yang dikenal dengan sebutan membatik. Kain batik yang dibuat secara manual dengan tangan ini harganya cukup mahal dan desainnya langka. Selain itu, proses pembuatan satu lembarnya pun cukup lama sehingga tidak bisa dipesan dalam partai besar.

Semakin meningkatnya kebutuhan akan kain batik membuat para pengusaha mencari cara lain untuk bisa menghasilkan kain batik dalam jumlah banyak, dalam tempo waktu cepat dan dengan harga yang lebih terjangkau. Saat itu, muncullah batik printing atau kain batik yang dicetak dengan menggunakan mesin alih-alih dengan tangan.

Batik printing sebenarnya tidak bisa didefinisikan sebagai kain batik yang sebenarnya karena tidak ada proses membatik di dalamnya. Batik printing dibuat dengan pola yang sudah dicetak baik menggunakan manual hand printing atau dengan mesin. Jadi secara garis besar batik printing lebih cocok disebut sebagai kain tekstil yang bermotif batik. Kalau Anda pernah melihat proses pembuatan spanduk, produksi kain tekstil batik ini kurang lebih sama.

Ada beberapa kelebihan dari batik printing yakni kecepatan produksinya. Dalam satu kali cetak, produsen bisa menghasilkan kain dalam jumlah banyak. Untuk memenuhi pesanan dalam jumlah besar, teknik batik cetak ini adalah jawaban terbaik tidak hanya untuk memenuhi kuota tapi juga untuk menekan biaya produksi. Tidak hanya itu, batik yang dibuat dengan teknik printing ini motifnya juga lebih beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan terutama untuk seragam kantor atau perusahaan.

Kekurangan kain batik printing adalah material yang kurang bagus. Selain itu karena bahan warna hanya dicetakkan pada salah satu sisi kain saja, batik ini lebih mudah pudar. Namun tidak perlu khawatir karena saat ini Anda juga bisa menemukan batik printing yang dibuat dengan kain serta tinta berkualitas sehingga tidak mudah rusak.

9. Sepatu Printing

Untuk urusan fashion, ada banyak orang yang lebih suka memiliki sesuatu secara eksklusif. Artinya, tidak ada orang lain yang memiliki item serupa dengan yang mereka miliki. Salah satu item fashion yang kerap dibuat secara custom adalah sepatu. Agar memiliki tampilan lain daripada yang lain, Anda bisa mendesain sendiri atau membuatnya unik dengan teknik printing.

Sepatu printing sebenarnya merupakan versi terbaru dari sepatu lukis yang juga merupakan sepatu custom. Sepatu lukis sendiri merupakan sepatu yang dilukis secara manual dengan tangan. Untuk membuat sepatu lukis diperlukan ketelitian, keterampilan dan kesabaran ekstra.

Adanya teknik printing untuk membuat sepatu custom ini merupakan sebuah bentuk penyederhanaan dalam proses produksinya. Dengan teknik printing, hasil gambar yang dihasilkan bisa maksimal. Bagi Anda yang tidak punya keahlian melukis, membuat sepatu dengan cara printing merupakan solusi terbaik yang bisa Anda pilih.

Ada beberapa kelebihan sepatu printing antara lain adalah desainnya bisa dibuat sesuai selera dan pesanan. Ini akan membuat sepatu Anda unik dan berbeda dengan yang lain. Bagi yang ingin membuat sepatu seragam dengan teman atau keluarga, bisa juga memilih sepatu printing yang unik.

Dari segi kualitas, sepatu printing jelas tidak kalah dengan sepatu lukis. Selain proses pembuatannya lebih cepat, hasil cetakannya pun sudah dijamin bagus, full color, lebih detail serta tidak mudah luntur. Untuk harga pembuatan tentu tidak sama dengan biaya produksi sepatu lukis yang tergolong mahal. Semakin banyak pesanan sepatu printing Anda, semakin murah juga biaya pembuatannya.

Kekurangan sepatu printing adalah kesulitan dalam pemilihan kualitas tintanya. Jika Anda tidak memilih tinta yang bagus, kemungkinan gambar yang dicetak akan cepat pudar. Karena itu sebelum memesan, pastikan percetakannya menggunakan tinta berkualitas terbaik.

Demikianlah beberapa kategori produk-produk percetakan beserta contoh-contoh, kelebihan dan kekurangan masing-masing item. Bagi Anda yang ingin berbisnis atau membutuhkan informasi seputar produk-produk percetakan, Anda bisa menggunakannya sebagai panduan. Semoga bermanfaat.