Kalender Meja

Kalender meja masih diminati banyak orang sekalipun untuk aplikasi kalender sudah tersedia di smartphone. Tidak heran jika kalender meja jadi salah satu item paling diburu menjelang akhir tahun atau saat awal tahun tiba. Terlebih lagi, desain kalender meja dapat dibuat berbagai macam tema dengan hasil cetak digital yang berkualitas.

Kalender meja memang berfungsi lebih dari sekadar pemanis meja kerja. Berkat kalender, merencanakan kegiatan dan mencatat acara penting lebih mudah dilakukan. Bahkan, keberadaan penanggalan tertulis juga mempermudah urusan pembuatan laporan dari tanggal-tanggal sebelumnya.

Ukuran yang lebih kecil daripada kalender dinding juga membuat produk cetak ini mudah dijangkau. Misalnya, saat tengah mengadakan rapat dan butuh cek penanggalan, bisa memakai kalender meja. Bahkan, Anda bisa langsung menandai tanggal penting di lembar yang dimaksud atau menambahkan memo pendek jika perlu.

Untuk mendapatkan kalender meja ideal, detail ukuran wajib diperhatikan dengan saksama. Secara umum jasa percetakan menyediakan dua pilihan kalender meja. Pertama, kalender memanjang secara horizontal atau landscape. Kedua, kalender memanjang ke atas/berdiri atau portrait.

Penentuan tipe kalender ini akan membantu saat proses pencetakan kalender. Salah menyebutkan ukuran bisa berakibat fatal mengingat ketepatan begitu penting dalam proses mencetak. Maka, penting untuk mencermati berapa ukuran kalender meja yang dibuat sejak berbentuk desain.

Adapun dimensi kalender meja yang umum digunakan adalah:

Kalender meja landscape

Ukuran A5 atau 15 x 21 cm paling sering dipakai. Lalu, ada pula ukuran 17 x 23 cm yang jadi alternatif jika ingin mendapatkan area tambahan. Dengan desain memanjang ke samping seperti ini, kalender tampak melebar dan lebih luas. Saat diletakkan di meja pun, posisi kalender relatif lebih stabil.

Kalender meja portrait

Sama dengan kalender meja landscape, ukuran standar portrait 21 x 15 cm. Alternatif lain, ukuran 24 x 17 cm juga bisa dibuat kalender meja. Dengan model portrait atau memanjang ke atas, kesan ramping muncul dari kalender ini. Jadi, ketika diletakkan di meja pun cenderung menghemat tempat dan ringkas.

Kedua pilihan ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan desain yang disiapkan. Bahkan, beberapa jenis kalender meja dapat dimodifikasi atau dipermanis lewat penambahan elemen tertentu.

Misalnya, area khusus untuk memo di salah satu sisi atau halaman sebaliknya, memo dalam bentuk post-it (kertas tempel yang bisa dilepas dan ditempel kembali), hingga kalkulator mini.