Ide Usaha Kreatif 2022 yang Mudah Diterapkan untuk Pemula

Inilah contoh ide bisnis yang cocok diterapkan bagi pemula

Pergeseran zaman yang lebih modern memberikan dampak yang sangat signifikan untuk semua aspek, terlebih sektor bisnis. Apalagi dengan kehadiran teknologi canggih yang menawarkan kemudahan. Namun, meski hampir semua industri telah mengadopsi sistem online, masih ada bisnis offline yang mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan, yaitu usaha kreatif digital printing. 

Mengapa Harus Usaha Kreatif?

Menariknya, cetak digital menjadi ide usaha kreatif yang justru semakin banyak peminatnya seiring dengan perkembangan zaman. Pasalnya, bentuk usaha ini terus melakukan inovasi, salah satunya dengan menerapkan sistem custom. 

Baca Juga: Pengertian Digital Printing & Kelebihannya Untuk Percetakan

Sederhananya, custom memiliki arti sesuai dengan fungsi, karakter, atau keinginan tertentu. Nantinya, semua teks atau gambar akan dicetak menggunakan mesin digital ke dalam berbagai media, mulai dari kanvas, keramik, kain, dan masih banyak lagi. 

Mengapa Usaha Kreatif Digital Printing?

Usaha kreatif digital printing punya banyak keunggulan yang membuatnya semakin diminati sebagai peluang bisnis, di antaranya: 

Contoh Usaha Kreatif Digital Printing

Nah, kalau kamu berminat untuk memulai ide usaha kreatif di bidang digital printing, beberapa contoh berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi. 

1. Case HP Custom

Produk pelindung ponsel sampai sekarang masih sangat tinggi peminat. Tak hanya sebagai pelindung ponsel, benda satu ini kini digunakan untuk menambah estetika ponsel. Apalagi dengan semakin tingginya pengguna ponsel di Indonesia, tentu kebutuhan akan pelindung ponsel juga semakin tinggi. 

2. Kartu Nama

Kartu nama dibuat dengan banyak tujuan. Selain sebagai identitas perusahaan dan tanda pengenal diri, kartu nama juga banyak digunakan sebagai media promosi dan branding. Produk ini banyak digunakan di berbagai acara, seperti seminar atau pameran. Desain yang unik dan ukurannya yang simpel membuat kartu nama mudah disimpan dalam dompet, sehingga orang lain tidak kesulitan mencarinya.

Baca Juga: 9 Tips Desain Kartu Nama Biar Kamu Keliatan Profesional !

3. Undangan

Meski sekarang telah marak undangan dengan konsep digital, bentuk undangan fisik tetap tidak sepi peminat. Terlebih untuk pernikahan. Biasanya, tipe undangan cetak masih dibutuhkan untuk pemberitahuan secara formal kepada keluarga atau kerabat dan beberapa rekan kerja atau relasi bisnis yang memiliki jabatan tinggi. 

Baca Juga: 9 Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang Sering Digunakan

4. Kaos

Kaos menjadi bentuk pakaian yang tetap diminati oleh setiap kalangan dan usia. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Baik di kalangan pelajar maupun pebisnis profesional. Inilah mengapa bisnis sablon kaos tetap dapat bertahan meski terjadi pergeseran dan perkembangan zaman. Apalagi jika kamu menawarkan kain yang berkualitas dengan pemilihan desain dan warna yang unik.

Baca Juga: Mudah Banget! 8 Cara Sablon Kaos Dengan Hasil Maksimal

5. Sticker

Produk digital printing lainnya yang sangat laku di pasaran adalah sticker. Bukan tanpa alasan, produk ini dapat diaplikasikan pada banyak media dan kerap digunakan sebagai sarana promosi yang sangat minim anggaran. Selain itu, sticker juga memiliki fungsi untuk menambah keunikan dan estetika suatu barang. Misalnya, sticker kendaraan, helm, produk elektronik, dinding, dan lainnya. 

Baca Juga: Dijamin! 3 Bentuk & Ukuran Stiker Ini Bikin Promosi Sukses

6. Mug Printing

Mug printing jadi ide usaha kreatif lain yang bisa kamu pilih sebagai produk cetak digital. Sebab, produk ini juga masih tinggi peminat dan kerap digunakan sebagai hadiah, souvenir, atau merchandise di beberapa acara tertentu. Tak hanya dipakai untuk media promosi, mug juga memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya, yaitu tempat minum. Selain itu, desainnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Mug Sublim Bisnis Percetakan?

7. Tumbler Custom

Ide produk lain yang mungkin bisa jadi pertimbangan dalam membangun bisnis digital printing adalah botol minum atau disebut tumbler. Sama halnya dengan kaos, atau produk lainnya, tumbler juga banyak dipakai untuk souvenir, hadiah, dan merchandise. Belum lagi dengan desainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan material dari botol tersebut. 

8. Kalender

Ada pula kalender yang biasanya banyak bermunculan menjelang pergantian tahun. Produk ini juga masih banyak digunakan sebagai media promosi, branding, dan merchandise di beberapa perusahaan. Desain kalender biasanya sederhana tetapi tetap menarik sesuai dengan permintaan perusahaan. 

Baca Juga: Kenali Bahan Kertas Kalender Biar Nggak Salah Cetak

9. Banner

Media promosi satu ini hadir dengan banyak tipe, mulai dari mini banner, banner berukuran besar, roll banner, hingga X-banner. Selain mudah dibuat dan harganya yang terjangkau, banyak pebisnis yang masih menggunakan banner karena desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat digunakan berkali-kali. 

Baca Juga: Kenali 10 Jenis Bahan Spanduk dan Banner Digital Printing Ini!

10. Poster

Terakhir adalah poster, media yang dibuat dengan tujuan untuk menghimbau dan mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu seperti isi pesan baik tulisan maupun gambar yang ditampilkan. Media ini banyak dipasang di sentra belanja, pasar, atau fasilitas umum.

BacaJuga: 15 Jenis Ukuran Poster Ini Dapat Digunakan untuk Bisnis

Itu tadi beberapa pilihan ide usaha kreatif yang bisa jadi inspirasi buat kamu yang hendak memulai bisnis cetak digital. Selamat mencoba!

Exit mobile version