Dijamin Eye-Catching, Ini Kemasan Kosmetik Unik untuk Dicoba!

Dijamin Eye-Catching, Ini Kemasan Kosmetik Unik untuk Dicoba!

Menggunakan kemasan kosmetik unik tidak hanya melindungi kosmetik dari kerusakan dan menjaga sterilisasi kosmetik. Namun juga sebagai ide promosi dan branding agar tampilan kosmetik lebih cantik dan menarik. Menjadi materi marketing yang mudah untuk menggaet target market dari tampilan visualnya.

Seperti yang kamu ketahui, banyaknya produk kosmetik yang beredar membuat target market sulit menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain dengan formula kosmetik yang tepat, desain kemasan juga akan mempengaruhi keputusan target market untuk membeli.

Karena kemasan yang tampil mencolok akan lebih mudah mencuri perhatian calon konsumen. Lalu bagaimana desain kemasan kosmetik unik? Artikel ini akan memberi gambaran dengan beberapa contoh yang sudah ada.

10 Contoh Desain Kemasan Kosmetik Unik

Menggunakan desain dengan konsep terpilih, inilah beberapa contoh packaging kosmetik unik yang mampu menarik perhatian calon konsumennya:

1. Kemasan Softbox Berwarna Putih dengan Laminating Glossy dan Doff

Credit: Alexandra S di Behance

Hadir dengan tampilan warna putih doff. Brand kosmetik Keulin memberi kesan ringan tanpa meninggalkan kesan berkelas. Tidak banyak menggunakan gambar atau tulisan agar calon konsumen lebih fokus dengan isi produknya.

Warna putih ini bisa dengan mudah menarik perhatian karena terlihat mencolok saat diletakkan pada rak toko. Tidak seperti kemasan pada bagian luar yang menggunakan warna putih doff yang seragam. Kemasan pada bagian menggunakan warna yang berbeda-beda untuk membedakan jenis kosmetiknya.

2. Kemasan Softbox dengan Gradasi Warna

Credit: Anastasiia T di Behance

Posh adalah salah satu brand kosmetik yang memproduksi parfum dan beberapa jenis kosmetik lainnya. Hadir dengan warna-warni yang atraktif sebagai tanda bahwa brand ini menyasar konsumen dengan karakteristik atraktif dan aktif. Terutama usia remaja dan usia dewasa muda.

Tulisan “Posh” yang cukup besar membantu pembeli menemukannya saat berjejer di rak kosmetik pada sebuah toko. Menggunakan warna dasar biru dan kuning soft gradasi membuat kemasan ini terlihat lebih stand out tanpa menambah kesan berlebihan. Ini bisa menjadi ide unik bagi kamu yang ingin membuat produk kosmetik dengan target market seorang berkarakter petualang.

Baca juga: Sangat Berpengaruh! Nih,13 Psikologi Warna Dalam Desain!

3. Kemasan Softbox Berdesain Klasik Monoton

Credit: AURG Design di Behance

Desain kemasan Refilled ini memang cukup unik dan sedikit beda dari yang lainnya. Jika brand kosmetik lainnya menggunakan warna-warna yang terang yang mencolok, Refilled justru menggunakan warna-warna soft. Lebih mirip seperti kemasan obat daripada kemasan kosmetik.

Tapi di sinilah keunggulan produk dari Refilled mencoba untuk mereka tonjolkan. Produsen ingin agar produknya tampil sebagai solusi untuk berbagai masalah kecantikan dan perawatan kulit dan rambut. Warna soft juga memberi kesan bahwa produknya menggunakan bahan yang bersahabat dengan kulit penggunanya.

4. Kemasan Softbox dengan Gambar Pola Wave yang Artistik

Credit: Design Shine di Behance

Dari penggunaan warna hitam dominan saja kamu pasti tahu bahwa Yung Rappa lebih menargetkan laki-laki untuk menggunakan produknya daripada kaum wanita. Memilih menggunakan warna hitam untuk menonjolkan sisi maskulinitas. Produk kosmetik terbaik yang layak menjadi pilihan bagi laki-laki dengan aktivitas yang tinggi.

Tulisan Yung Rappa pada bagian depan menjadi penunjuk agar pembeli lebih mudah mengenali saat produk ini berjejer di antara produk kosmetik lainnya. Warna hitam yang pekat juga mampu menarik perhatian kaum adam saat mereka harus memilih kosmetik untuk meningkatkan kualitas penampilannya.

5. Kemasan Softbox Bernuansa Feminim dengan Gambar Bunga

Credit: Jannatul Nayem di Behance

Tidak menggunakan dimensi yang terlalu besar namun masih mudah dikenali. Aromas seperti sengaja menggunakan cara ini untuk memberi kesan praktis pada produknya. Sedangkan warna hijau soft pada kemasan adalah sebuah manifestasi dari penggunaan bahan alami pada produk kosmetik yang satu ini.

Untuk meningkatkan eksposur produknya, produsen sengaja menggunakan warna coklat soft agar terlihat lebih mencolok tanpa kesan berlebihan. Tidak hanya terlihat lembut. Perpaduan dimensi dan warna yang cenderung lembut membuat produk ini terlihat lebih berkelas dengan harga yang masih terjangkau.

6. Kemasan Hardbox dengan Siluet Produk

Credit: Hosam Brands di Behance

Jika ditanya apa uniknya kemasan produk kosmetik Softance? Box ini dibuat pipih lebar. Sehingga mampu menampung tiga jenis produk sekaligus dalam satu paket. Dengan putih sebagai warna dasar dan hitam sebagai warna kemasan primer produk, Softance sukses mengambil perhatian konsumen dengan desainnya yang mencolok.

Desain seperti ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang menjual produk kosmetik dalam bentuk paket. Atau memberi diskon harga untuk pembelian satu paket. Selain lebih hemat, kemasan ini juga bisa menarik perhatian dengan dimensinya yang lebih besar daripada produk kompetitor.

7. Kemasan Softbox Mungil Menggunakan Huruf Timbul

Credit: Orchidea Agency di Behance

Daya tarik kemasan kosmetik unik ini terletak pada pemilihan warna dasarnya. Menggunakan warna dasar hijau artichoke atau hijau campuran abu-abu. Hampir mirip seperti hijau sage namun lebih dominan warna hijaunya daripada abu-abu. Untuk menampilkan kesan natural, segar, dan hangat.

Moral radiant serum ini adalah sebuah produk serum yang membantu melembabkan dan melembutkan kulit serta mengurangi jerawat. Dengan warna hijau artichoke dan desain yang ringan, produsen seperti memberi kesan bahwa produknya memang layak dipilih untuk tampilan wajah yang lebih segar dan lembut.

8. Kemasan Softbox dengan Motif Kotak Colorful

Credit: Alice B di Behance

Kemasan softbox salah satu skin care asal Korea ini memang atraktif. Colourfull dengan warna-warni cerah khas remaja. Karena memang target marketnya adalah remaja perempuan dan usia dewasa awal. Penggunaan desain kemasan kosmetik yang cenderung atraktif ini sengaja untuk memancing rasa ingin tahu calon konsumen yang akhirnya melakukan pembelian.

Setelah terpancing untuk mengambil produk ini di salah satu rak di toko kosmetik, produsen berharap pembeli akan membaca lebih lanjut terkait kandungan bahan pembuatan skincare ini. Desain kemasan yang cukup unik dan menarik agar calon pembeli mau mencoba dan akhirnya melakukan pembelian.

9. Kemasan Softbox Berwarna Coklat dengan Gambar Unik

Credit: HUGMUN di Behance

Menggunakan warna coklat yang sederhana dengan sedikit gambar warna-warni pada bagian depan. Desain ini memang cukup simple namun memberi kesan natural. Ini seperti mendeskripsikan bahwa kosmetik yang satu ini memang dibuat dengan bahan yang natural dan aman.

Memiliki beberapa bentuk dimensi menyesuaikan dengan jenis produk yang dikemasnya. Selain budget yang terjangkau, desain seperti ini juga belum ada untuk produk sejenisnya.

10. Kemasan Softbox Berwarna Doff dengan Warna Berbeda

Credit: Daria Kost di Behance

Hadir dengan dua warna dasar putih dan pink yang terang. Pink untuk kemasan eye cream dan putih untuk produk tonic. Kemasan ISEAU termasuk desain kosmetik unik dengan keunikan yang elegan. Selain warnanya yang terang, penggunaan laminating glossy juga menambah kesan mewah dan berkelas pada produk ini.

Produsen sepertinya tidak banyak menggunakan gambar atau elemen desain lainnya. Cukup nama produk, brand, dan beberapa informasi penting lainnya. Tujuannya adalah agar pembeli bisa fokus membaca nama brand, dan informasi penting tersebut.

Kemasan bagi produk kosmetik tidak hanya melindungi isi produk. Tapi juga sebagai media branding dan promosi produk untuk meningkatkan eksposur atau brand awareness sebuah produk. Memberikan pembeda antara produk sendiri dengan produk kompetitor.

Membuat kemasan kosmetik unik memang tidak mudah. Tapi ada beberapa desain kosmetik dari brand kosmetik dunia yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk desain kemasan produk kosmetikmu. Agar mendapatkan box kosmetik yang unik untuk produkmu, pastikan menggunakan jasa pembuatan box terpercaya ya!

Exit mobile version