Mudah Banget! 8 Cara Sablon Kaos Dengan Hasil Maksimal

Menyablon kaos tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kalau Anda mungkin saat ini tengah getol belajar bagaimana cara sablon kaos, Anda dapat mengikuti panduan mudah di bawah ini. Siapa tahu, dari langkah sederhana ini bisa menjadi awal Anda memulai bisnis sablon kaos. Mari kita mulai dengan menyiapkan peralatan yang diperlukan.

Baca juga: Ga Mungkin Gagal ! 5 Alasan Memulai Usaha Sablon Kaos

Peralatan Sablon Kaos

Alat Sablon

Di bawah ini daftar alat sablon yang perlu Anda persiapkan.

1. Screen Sablon 

Inilah alat utama yang diperlukan untuk menyablon secara manual. Anda perlu memiliki frame (bingkai kayu) yang terdapat kain screen sablon di tengahnya. Lewat pori-pori pada kain screen tersebut, tinta akan mewarnai kaos. Idealnya frame tersebut berukuran 30 x 40 cm. Namun ada juga frame berukuran lainnya seperti 20 x 30 cm, 40 x 60 cm atau 35 x 45 cm. Intinya adalah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Adapun untuk screen sablon biasanya terbuat dari kain monil,. Kain ini berpori halus sehingga bisa menyaring tinta dengan baik saat proses menyablon. Untuk screen yang digunakan menyablon kaos biasanya disebut screen 62 T. Screen ini terbuat dari kain dengan lubang pori yang cukup besar. Sedangkan jika desainnya kecil, bisa menggunakan tipe screen 77T.

2. Rakel Sablon

Alat ini berfungsi untuk menyapu tinta sablon ke permukaan kaos. Rakel sablon ini memiliki pegangan yang terbuat dari kayu atau aluminium; serta karet rakel yang nantinya akan menyapu tinta.

Pada bagian ujung rakel ini ada yang berbentuk lancip, tumpul, atau bulat. Perbedaan bentuk ujung rakel ini bergantung media yang hendak disablon. Untuk menyablon kaos sering digunakan rakel tumpul. Ujung tersebut akan mampu menyapu tinta dalam jumlah banyak.

3. Busa

Busa dipakai sebagai tatakan screen sehingga tinta yang menetes akan terserap. Ukuran busa yang dipakai harus lebih besar dari screen.

4. Cairan Emulsi

Fungsinya adalah sebagai pelapis desain. Foto emulsi ini nantinya akan dicampurkan dengan sensitizer dengan perbandingan 1-1. Anda juga dapat menambahkan sedikit air dan kemudian mengaduknya hingga rata. Campuran foto emulsi ini nantinya diaplikasikan ke screen sablon. Proses ini harus dilakukan di dalam ruangan gelap, sebab foto emulsi cenderung reaktif terhadap cahaya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengoleskan Cairan Emulsi Sablon?

5. Lampu

Lampu ini digunakan untuk mengeringkan tinta.

6. Kaos Polos

Kaos ini yang akan dipakai sebagai media sablon. Anda harus mengerti tentang jenis dan bahan kaos yang ada di pasaran. Informasi seputar kualitas bahan kaos dan harga kaos akan memberikan anda pengetahuan tentang profit yang bisa Anda dapat nantinya.

7. Tinta Sablon

Anda dapat memilih jenis tinta sablon yang berkualitas agar hasil sablon menjadi bagus. Ada beberapa jenis tinta yang dapat anda gunakan. setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda, untuk itu Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu akan kebutuhan tinta ini sehingga tidak salah beli.

8. Ruang Gelap

Sediakan ruangan gelap untuk memproses beberapa bahan yang reaktif terhadap sinar.

Tahapan Cara Sablon Kaos

Proses sablon

Setelah semua bahan tersebut siap, berikutnya kita langsung mulai proses menyablon kaos ini.

1. Peralatan Lengkap

Pastikan peralatan yang dibutuhkan tersebut sudah lengkap.

2. Desain Sablon

Siapkan desain untuk kaos sablon. Anda dapat mencetak (printing) desain tersebut agar hasilnya bagus. Cetak hasil desain tersebut menggunakan warna hitam pekat.

3. Emulsi Melapisi Screen

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan emulsi foto. Kemudian emulsi ini dapat dituang secara perlahan kepada screen yang sudah tersedia. pastikan lapisan emulsi tersebut merata. Gunakan rakel untuk meratakannya.

4. Panaskan dengan Lampu

Berikutnya, Anda dapat mengarahkan lampu pijar ke arah gambar untuk mengeringkannya. Tunggulah sekitar 12 menit, lalu tarik kertas transparan bergambar desain.  Nah, nantinya desain tersebut akan menempel pada screen.

Baca juga: Bagaimana Cara Afdruk Screen Sablon Yang Benar?

5. Dinginkan Screen dengan Air

Anda dapat menyemprotkan air dingin pada screen. Emulsi foto kemudian akan terkelupas dan bentuk desain akan kian jelas. Setelah bentuk desain jelas, Anda dapat mengeringkan screen tersebut.

6. Mulai Menyablon

Berikutnya, Anda bisa mulai menyablon kaos. Letakkan kaos polos pada bidang yang rata, lalu tempatkan screen pada bagian kaos yang ingin disablon.

Tuangkan tinta secara perlahan dengan arah horizontal. Setelah itu gunakan rakel untuk meratakannya. Anda dapat agak menekannya sehingga tinta akan keluar dan menempel di permukaan kaos. Setelah selesai, Anda dapat menunggu hingga tinta sablon tersebut mengering.

7. Teknik Mengeringkan Lebih Cepat

Jika ingin mengeringkan tinta sablon lebih cepat, Anda dapat juga menggunakan microwave. Jika tidak, Anda dapat menunggu sampai tinta tersebut kering secara alami.

8. Membersihkan Peralatan

Setelah kegiatan menyablon selesai, Anda dapat membersihkan dan mencuci screen dengan memakai air. Tujuannya adalah agar tinta sablon bisa disingkirkan dan screen tersebut dapat digunakan untuk menyablon kaos lainnya.

Memang cara sablon kaos secara manual ini membutuhkan proses yang panjang. Namun jika Anda rajin berlatih, Anda akan mahir mempraktikkannya. Selamat mencoba!

Exit mobile version