Ternyata Simpel, Begini 4 Cara Membuat Kartu Nama yang Unik

Bagi Anda yang bekerja di kantor, berbisnis dan memiliki profesi yang mewajibkan Anda berhubungan dengan banyak klien dan rekanan, memiliki kartu nama adalah hal yang penting. Kartu nama sendiri merupakan selembar kartu yang dipakai untuk menyampaikan informasi mengenai seseorang atau sebuah perusahaan. Kartu nama umumnya dipakai dalam perkenalan formal. Anda bisa membuat kartu nama dengan memesan pada pembuat jasa, atau mendesainnya dengan menggunakan software desain grafis

Fungsi Kartu Nama

Kartu nama biasanya berisi identitas, alamat serta kontak lain dari orang atau perusahaan yang memiliki kartu nama tersebut. Apa fungsi lainnya selain sebagai media untuk memperkenalkan diri?

1. Sarana untuk Personal Branding

Percaya atau tidak profesionalitas seseorang bisa dilihat dari kartu nama seseorang. Meskipun Anda dan teman Anda sama-sama berprofesi sebagai pengacara, tapi ketika hanya teman Anda yang punya kartu nama, Anda mungkin akan memiliki kesempatan lebih kecil untuk mendapatkan klien. Ini karena kartu nama akan meningkatkan kepercayaan calon klien kepada Anda. Ibarat sebuah merek, kartu nama adalah personal branding yang akan meningkatkan citra diri Anda.

Baca Juga: Apa Itu Tagline & Slogan & Fungsi Untuk Branding

2. Media Marketing yang Efektif

Seiring dengan perkembangan zaman, melakukan kegiatan marketing jadi semakin mudah. Meski banyak orang yang melakukan marketing secara online, peran name card masih tidak bisa digantikan. Kartu ini memiliki peran penting ketika Anda melakukan pertemuan langsung dengan calon konsumen ataupun mitra. Anda bisa memberikannya dengan cepat dan mereka juga bisa langsung membaca informasi yang ada di dalamnya di depan Anda.

3. Desainnya Bisa Menunjukkan ‘Kelas’ Anda

Dalam aktivitas bisnis, bertukar kartu nama adalah hal yang lumrah dilakukan. Meski sama-sama kartu nama, pemilihan desain, warna hingga material sangat memengaruhi kesan orang terhadap diri dan perusahaan Anda. Desain yang tampak profesional dan bagus, tentu akan meningkatkan brand image dari bisnis Anda. Tapi, jangan sampai demi desain yang bagus, Anda jadi abai dengan informasi yang ada di dalamnya.

Cara Membuat Kartu Nama

Proses pembuatan kartu nama sebenarnya bisa diserahkan langsung pada ahlinya. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan beberapa software atau perangkat lunak. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Photoshop

Adobe Photoshop atau yang lebih dikenal dengan sebutan Photoshop merupakan software desain dan editing foto yang banyak digunakan. Jika Anda ingin menggunakan software ini untuk mendesain kartu Anda, langkah-langkahnya adalah:

Langkah-langkah di atas dapat dilakukan dalam pembuatan kartu nama tanpa logo. Jika ingin memasukkan logo, Anda bisa menambahkannya ketika membuat teks tulisan di kartu namamu.

Baca Juga: 9 Tips Desain Kartu Nama! [Pro Tips 2023] Cekidot ya!

2. Canva

Canva sebenarnya bukan aplikasi khusus yang dibuat untuk mendesain kartu nama unik. Aplikasi ini merupakan alat pengolah foto dan kolase. Tapi di dalamnya ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan kartu nama. Adapun langkah-langkahnya adalah:

Dengan menggunakan Canva, Anda dapat mencetak hasil kartu namanya atau bisa juga membagikannya kepada klien dan calon pelanggan secara online.

3. Adobe Spark

Salah satu aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk mendesain selanjutnya adalah Adobe Spark. Selain gratis, software ini bisa dipersonalisasi dengan mudah untuk menciptakan identitas merek yang unik dan mudah diingat. Adapun langkah-langkah untuk membuatnya adalah:

Setelah desain selesai, Anda tinggal mengunduhnya untuk dicetak atau dibagikan secara online.

4. iBusiness Card

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mendesain kartu nama sendiri, iBusiness Card merupakan opsi yang sangat simpel. Anda bahkan bisa menjalankannya dengan menggunakan ponsel. Caranya adalah:

Meski terbilang mudah, aplikasi iBusiness Card tidak menyediakan pilihan template yang banyak. Jika ingin desain yang lebih profesional, Anda bisa memilih aplikasi lain yang menyediakan opsi lebih banyak.Itulah 4 cara membuat kartu nama yang bisa Anda lakukan sendiri. Jika tidak ingin repot, Anda bisa menyerahkan proses pembuatannya pada percetakan dan biro desain terdekat.

Exit mobile version