10 Jenis Banner Untuk Promosi! Kamu Cucok Yang Mana?

10 Jenis Banner Untuk Promosi! Kamu Cucok Yang Mana

Promosi produk menjadi bagian penting dari upaya branding bisnis. Anda bisa melakukannya dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan banner. Namun, jenis banner seperti apa yang cocok untuk Anda gunakan? 

Pemilihan tipe banner yang tepat memberi kemudahan Anda dalam melakukan promosi. Banner tersebut bisa memiliki fungsi secara optimal. 

Baca juga: 10 Tips Membuat Banner yang Menarik Untuk Media Promosi

10 Jenis Banner yang Tersedia Untuk Promosi

Lalu, apa saja tipe banner yang bisa Anda manfaatkan untuk sarana promosi produk? Ada 10 jenis yang dapat Anda pakai, yaitu: 

1. Roll Up Banner

Jenis yang pertama adalah roll up banner. Banner ini mempunyai karakteristik berupa bentuknya yang bisa digulung sehingga memudahkannya untuk dibawa ke mana saja. Oleh karena itu, roll up banner menjadi produk percetakan yang sangat populer dan kerap digunakan dalam seminar maupun pameran. 

Roll up banner dapat dibuat dengan berbagai jenis material. Anda bisa menggunakan bahan berupa PVC, Albatros, atau Flexy. Selain itu, banner ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 80 x 200 cm, 85 x 200 cm, 120 x 200 cm, hingga 150 x 200 cm.

2. Pop Up Banner 

Selanjutnya, Anda bisa menemukan jenis banner yang disebut sebagai pop up banner. Seperti halnya roll up banner, Anda dapat memperoleh kelebihan berupa kemudahan untuk membawanya ke mana saja dari pop up banner. Apalagi, pop up banner memiliki desain yang bisa Anda lipat.

Hanya saja, dari aspek efektivitas pemakaian, pop up banner tidak lebih baik dibandingkan roll up banner. Alasannya, pop up banner memerlukan proses pemasangan dan pembongkaran yang relatif lebih sulit. Meski begitu, pop up banner menawarkan desain serta bentuk yang lebih unik dan menarik. 

3. Banner Kain / Baliho

Anda bisa pula menggunakan layanan printing untuk membuat banner kain atau biasa disebut sebagai baliho. Kelebihan utama dari pemakaian banner kain adalah harganya yang relatif terjangkau. Proses pembuatannya berlangsung dengan menggunakan teknik digital printing dengan hasil gambar yang bagus dan berkualitas. 

Selanjutnya, Anda dapat dengan mudah melakukan pemasangan banner kain. Anda bisa mengikatkannya pada tiang listrik maupun pohon. Selain itu, ada pula pertimbangkan untuk mengikatkan banner kain pada balon sehingga membuatnya terlihat menarik dan bisa dilihat banyak orang.

4. Tripod Banner 

Untuk keperluan promosi, Anda bisa pula memanfaatkan jenis banner berupa tripod banner. Banner promosi ini memiliki ciri khas pada keberadaan tripod sebagai penyangga. Anda pun bisa melakukan penyesuaian ketinggian tripod, maksimal hingga 1,9 meter. Jadi, Anda dapat menempatkan banner ini secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, tripod banner juga mempunyai ketahanan lama dan awet. Apalagi, Anda bisa menggunakan bahan berupa foam board maupun impra board untuk banner. Pilihan ukuran banner cukup beragam. Anda dapat memesan tripod banner dengan ukuran 50 x 70 cm, 60 x 60 cm, 60 x 80 cm, serta 60 x 150 cm.

5. Standing Banner segitiga 

Promosi bisnis yang selanjutnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan standing banner segitiga. Standing banner ini memungkinkan Anda untuk memasang dan membongkarnya dengan mudah. Selain itu, Anda bisa menjumpai standing banner yang dibuat dengan rangka kayu maupun besi. 

Standing banner segitiga memungkinkan Anda untuk melakukan promosi dengan harga terjangkau dan efektif. Apalagi, banner ini menawarkan display bolak-balik sehingga bisa dilihat dari arah depan maupun belakang. Sebagai tambahan, Anda dapat menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kondisi di lapangan. 

6. Hanging Banner 

Pertimbangan media promosi bisnis berikutnya adalah dengan memanfaatkan hanging banner. Sesuai dengan namanya, hanging banner merupakan banner yang pemasangannya dilakukan dengan cara menggantungnya. Dengan begitu, banner dapat menjadi pusat perhatian dan dilihat banyak orang dengan mudah.

Hanging banner dapat dibuat dengan berbagai jenis material, termasuk di antaranya adalah albatros. Selanjutnya, Anda bisa menemukan pilihan ukuran yang bervariasi ketika ingin mencetak hanging banner. Tersedia opsi ukuran mulai dari A4, A3, 60 x 30 cm, hingga 60 x 90 cm.

7. X Banner 

Tipe banner yang tak kalah populernya adalah x banner. Banner ini mempunyai karakteristik utama berupa keberadaan penyangga dari bahan logam yang berbentuk huruf X. Saat menggunakan x banner, Anda mendapatkan kemudahan ketika ingin melakukan pemasangan maupun pembongkaran hanya dalam hitungan menit.

Penggunaan x banner sangat cocok untuk media promosi di dalam ruangan. Alasannya, karena x banner memiliki bobot yang ringan, jadi mudah tertipu angin kalau Anda menempatkannya di luar ruangan. Selanjutnya, terdapat beberapa pilihan ukuran x banner antara lain adalah 60 x 120 cm, 60 x 160 cm, dan 80 x 180 cm.

8. Mini X Banner

Ada x banner, ada pula variasi dengan ukuran lebih kecil, yakni mini x banner. Pemakaiannya biasa ditempatkan di atas meja. Anda bakal sering menemukan penggunaannya di meja restoran atau tempat makan. 

Mini x banner memiliki bentuk yang mungil. Biasanya, Anda akan menjumpainya dengan standar ukuran 26 x 38 cm. Selain itu, Anda juga dapat menemukan variasi berupa mini x banner yang disertai dengan lapisan stainless dan tanpa lapisan.

9. Spanduk Banner

Anda juga bisa menemukan spanduk banner untuk sarana promosi bisnis. Spanduk banner memiliki ukuran yang cukup besar beberapa jenis usaha percetakan menyediakan keleluasaan kepada Anda untuk memesan ukuran dari spanduk banner yang ingin dibuat.

Selain itu, spanduk banner juga dapat Anda buat dengan berbagai variasi material. Kalau ingin harga yang terjangkau, bisa menggunakan material berupa kain. Untuk pilihan bahan yang lebih kuat dan tahan lama, Anda dapat mempertimbangkan bahan vinyl. 

Baca juga: Ukuran Spanduk

10. Backdrop Banner

Terakhir, Anda bisa mempertimbangkan jenis banner yang berupa backdrop banner. Tipe banner yang satu ini peruntukannya kerap digunakan untuk keperluan fotografi. Oleh karena itu, Anda bakal sering menjumpainya di studio foto. 

Meski begitu, Anda dapat pula memanfaatkannya untuk sarana promosi bisnis atau ketika melaksanakan event tertentu. Ada berbagai jenis ukuran backdrop banner yang umum digunakan, termasuk di antaranya adalah 4 x 6 meter, 4 x 8 meter, serta 5 x 10 meter. Anda pun bisa menambahkan laminasi doff maupun glossy pada backdrop tersebut. 

Nah, itulah pengetahuan tentang berbagai tipe banner yang dapat Anda manfaatkan sebagai sarana promosi bisnis. Selanjutnya, Anda pun bisa memilih model banner yang sesuai untuk kebutuhan. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang dunia percetakan dan desain grafis, pastikan untuk selalu berkunjung ke Solusiprinting. Di sini, Anda akan mendapatkan update info terbaru seputar bisnis printing, apparel, dan desain grafis.

Exit mobile version