Dijamin! 3 Bentuk & Ukuran Stiker Ini Bikin Promosi Sukses

Ukuran Stiker itu beraneka ragam. Namun secara umum, ada tiga bentuk Stiker yang sering dipakai, yaitu bulat, persegi, dan persegi panjang. Kali ini Solusi Printing akan menjelaskan  setiap bentuk Stiker tersebut, sekaligus kelebihannya masing-masing. 

1. Stiker Bulat

Stiker berbentuk bulat

Stiker berbentuk bulat memiliki sifat yang menarik. Begitu eye-catching dan menarik minat orang untuk melihatnya. Bentuk lingkaran ini memberi kesan yang dinamis. Tepat jika bentuk Stiker ini diisi dengan logo, tulisan tertentu, atau gambar tertentu. 

Secara psikologis, orang bereaksi positif terhadap bentuk lingkaran karena bentuk ini menggambarkan kebersamaan. Dalam pembuatannya, sebaiknya Stiker berbentuk lingkaran ini memakai warna-warna cerah. Stiker bundar efektif digunakan untuk informasi produk, tujuan pemasaran, maupun merek. Banyak contoh hebat Stiker bulat di sekitar yang mampu menarik perhatian, baik menampilkan merek maupun informasi produk.

Baca juga: Sangat Berpengaruh! Nih,13 Psikologi Warna Dalam Desain!

Ukuran Stiker berbentuk bulat beragam, ada yang berdiameter 5, 7, 10 cm atau bahkan lebih. Namun untuk memudahkan, anggaplah bentuk Stiker bulat ini ada yang berukuran kecil dan besar. Setiap bentuk tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Stiker bundar kecil sangat efektif untuk digunakan membuat Stiker yang misalnya mencantumkan harga khusus produk.  

Sebaliknya, untuk Stiker berukuran lebih besar bisa ditambahkan elemen tertentu yang membuat penampilannya lebih menarik. Anda bisa mencantumkan merek, logo, maupun identitas penting lainnya. Faktanya, Stiker bundar adalah cara mudah untuk melakukan promosi dan branding. Bentuk ini juga pas untuk hampir semua jenis produk seperti tas, kotak, dan kemasan.

Contoh lain penerapan Stiker bulat kecil bisa juga dijadikan sebagai segel produk Anda. Adanya Stiker tersebut menandakan produk tersebut belum dibuka. Bagi penjual online, perlu juga mulai mempertimbangkan membuat ukuran Stiker bundar. Stiker tersebut nantinya dapat digunakan sebagai bonus atau hadiah bagi konsumen yang membeli produk Anda. 

Baca juga: Pakai Printer Murah, YouTuber ini Sukses Bisnis Cetak Stiker

2. Stiker Persegi

Stiker bentuk persegi

Stiker berbentuk persegi sering kita lihat. Bentuk stiker ini dapat diaplikasikan dalam penggunaan yang luas. Ukuran stiker persegi beragam, ada yang berukuran 5×5 cm, 7×7 cm, 10×10 cm hingga yang ukurannya lebih besar. Bentuk persegi memberi kesan yang setara dan akrab. Oleh karenanya, bentuk ini pas dipilih untuk stiker kemasan produk Anda. Terlebih lagi jika memang logo bisnis Anda memiliki bentuk persegi. 

Tentu saja penerapan stiker persegi ini bukan hanya bisa diisi dengan logo produk semata. Anda bisa memilih konten lainnya, seperti misalnya tagline, atau mungkin kata-kata yang terkait dengan identitas usaha Anda. Jika memilih untuk melakukan promosi secara hard selling, Anda bisa langsung menjelaskan segala informasi terkait bisnis Anda. Sebagai contoh, untuk usaha katering misalnya, Anda bisa membuat stiker persegi yang berisi nama usaha katering, jenis layanan katering, alamat, serta nomor kontak. 

Baca juga: Apa Itu Tagline, Slogan & Fungsinya Untuk Branding


Namun, jika memilih berpromosi secara lebih halus, Anda bisa memilih jenis tulisan lainnya di dalam stiker. Misalnya, Anda memiliki usaha jasa aqiqah. Anda bisa mencantumkan tulisan misalnya “Gimana Yah, Udah Siap Beli Kambing untuk Aqiqah?” dengan gambar anak kecil. Nah, barulah setelahnya Anda bisa tambahkan nomor kontak maupun alamat jasa aqiqah Anda ini. 

3. Stiker Persegi Panjang

Stiker berbentuk persegi panjang

Ukuran ini paling lazim dipilih sebagai bentuk stiker. Bentuknya juga terasa cocok karena bisa memuat teks dengan jumlah karakter yang lebih banyak. Ukuran stiker persegi panjang beraneka ragam, mulai dari 6×4 cm, 9×6 cm, maupun ukuran lainnya.

Dibandingkan dengan stiker bentuk bundar, stiker persegi panjang memang kalah dalam soal “menarik perhatian”. Namun bentuk ini memiliki kelebihan lain yang dimilikinya adalah bentuknya sudah dikenal banyak orang, Bahkan sekalipun hanya melihatnya dari kejauhan, orang dapat langsung menebak bahwa benda yang dilihatnya merupakan stiker.

Untuk urusan menarik perhatian itu sebetulnya dapat diakali dengan desain yang menarik. Jadi sekalipun Anda memilih stiker berbentuk persegi panjang, Anda tetap bisa menjadikannya sebagai media yang menarik sebagai penyampai pesan promosi Anda. Mengenai bentuk persegi panjang ini pun bisa Anda pilih apakah melintang horizontal atau vertikal. Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Pengertian Desain Grafis, Jenis & Dasar yang Harus Diketahui

Secara umum, ketiga bentuk stiker tersebut yang sering digunakan saat membuat stiker. Namun tentu ada juga pilihan bentuk lainnya seperti segitiga, segilima maupun bentuk lainnya. Mengenai biaya pembuatan atau harga stiker tersebut tergantung dari ukuran stiker, jenis bahan stiker, serta percetakan tempat membuatnya. Jadi, Anda sebaiknya melakukan perbandingan sebelum menentukan tempat membuat stiker yang tepat.

Exit mobile version