Apa itu Numerator? Simak Pengertian & Segudang Fungsinya!

Pengertian Dan Fungsi Numerator Sebagai Alat Arsip yang Penting

Di dunia perkantoran, ada kalanya Anda harus menulis tanggal atau nomor kuitansi berulang kali. Menulis secara manual tidak hanya memakan banyak waktu, namun juga tenaga. Cara manual juga meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan, apalagi jika harus menulis dalam jumlah besar.

Numerator bisa digunakan untuk mengatasi proses manual penulisan tanggal atau deretan angka pada dokumen penting. Alat ini tersedia dalam berbagai jenis untuk memudahkan proses pengarsipan. Namun, tahukah Anda apa itu numerator?

Artikel ini akan mengajak Anda membahas secara lebih rincin tentang pengertian numerator, fungsinya, dan cara menggunakannya. Jadi, Anda tidak perlu lagi menulis tanggal atau deretan angka lainnya seccara manual.

Pengertian Numerator

Numerator adalah alat untuk menambahkan nomor atau angka berurutan secara otomatis pada lembaran dokumen. Alat ini juga dikenal dengan berbagai istilah lain seperti stempel numerator, stempel angka, automatic numbering machine, dan lain-lain.

Cara kerjanya mirip dengan stempel seperti pada umumnya. Dengan deretan angka yang tersedia, Anda bisa menggunakan alat ini untuk membuat angka tanggal, nomor kuitansi, dan lain-lain. Karena itulah numerator merupakan alat kearsipan yang sangat penting bagi setiap kantor dan organisasi.

Fungsi Numerator untuk Usaha

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, numerator berfungsi untuk memberi tanda angka pada dokumen. Namun secara spesifik, fungsi numerator adalah sebagai berikut ini:

1. Penanggalan Otomatis

Numerator dengan format kalender berfungsi untuk membuat penanggalan secara otomatis. Anda bisa memilih angka tanggal, bulan, dan tahun yang dikehendaki dengan memutar gir plastik kecil di bagian bawah. Jadi, Anda bisa membuat tanda tanggal hari itu tanpa perlu repot menulis manual berulang kali.

2. Penomoran Berkas

Numerator dengan format deretan angka bisa digunakan untuk penomoran kwitansi maupun berkas lainnya. Jadi, membuat penomoran dokumen akan lebih mudah, cepat, dan efisien jika dibandingkan dengan cara manual. Alat ini juga bisa sangat membantu untuk penomoran kwitansi jika bisnis Anda sedang sangat ramai sehingga penulisan manual dikhawatirkan bisa menimbulkan kesalahan.

Cara Menggunakan Numerator

Setelah mengetahui apa itu numerator, maka mari kita bahas cara menggunakan alat ini. 

1. Pasang spons bantalan

Langkah pertama adalah memasang spons bantalan tinta. Lalu teteskan tinta pada spons bantalan secukupnya. Jangan terlalu banyak karena nanti hasil stempel malah menjadi tidak rapi.

Selanjutnya, pasang bantalan tinta dengan menekan kepala numerator agar tempat tinta terbuka. Lalu masukkan bantalan tinta dari samping. Lepaskan agar bantalan tinta berada pada posisinya.

Baca juga: 9 Jenis Tinta Percetakan Digital yang Perlu Anda Ketahui

2. Atur jumlah stempel

Selanjutnya, atur jumlah berapa kali stempel yang diinginkan. Biasanya ada pilihan 0, 1, 2, dan 3. Jika penunjuk berada di angka 0, artinya angka stempel tidak akan berubah setelah digunakan. Jika berada di angka 1, artinya angka stempel akan berubah 1 angka secara berurutan setiap kali digunakan.

Jika penunjuk berada di angka 2, artinya angka stempel tidak akan berubah sebelum digunakan 2 kali. Kemudian jika berada di angka 3, artinya Anda bisa menggunakan angka stempel yang sama 3 kali sebelum berubah ke angka berikutnya.

Pilih berapa kali Anda ingin menggunakan stempel ini dan sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Atur angka yang diinginkan

Selanjutnya, atur tanggal atau angka yang diinginkan menggunakan stik yang sudah disediakan. Agar tidak salah, ingatlah bahwa ketika melihat angka di alat stempel, sisi paling kanan yang Anda atur akar tampil di sisi sebelah kiri kertas.

4. Stempel pada kertas

Jika angka sudah disesuaikan, Anda siap menggunakan numerator ini. Untuk memastikan bahwa angka yang Anda atur sudah sesuai, tes dulu di kertas yang tidak digunakan. Letakkan numerator di atas kertas, kemudian tekan kuat-kuat. Maka angka yang diinginkan akan tercetak di atas kertas. 

Jika sudah selesai menggunakan alat ini, simpan di tempat yang tertutup dan kering. Tujuannya adalah agar numerator terhindar dari kelembapan yang dapat membuatnya cepat rusak.

Numerator Bisa Dibeli di Mana Ya?

Ada beberapa jenis numerator dan harganya bisa sangat beragam tergantung jenis, bahan yang digunakan hingga mereknya. Numerator berukuran kecil hanya memiliki 4 hingga 6 digit angka dan harganya lebih murah. Sedangkan yang berukuran besar biasanya memiliki lebih dari 6 digit dan harganya lebih mahal.

Numerator otomatis maupun manual tersedia dalam berbagai merek seperti Joyko, Kenko, Deli, dan lain-lain. Sedangkan pilihan tinta yang tersedia biasanya adalah merah, biru, dan hitam. Karena banyaknya pilihan, Anda bisa dengan mudah menemukan numerator yang sesuai dengan kebutuhan pengarsipan Anda.

Anda bisa dengan mudah menemukan alat ini di berbagai toko peralatan kantor. Namun agar lebih praktis, Anda juga bisa dengan mudah membelinya di e-commerce online seperti Tokopedia dan Shopee. Selain numerator, Anda juga bisa dengan mudah menemukan berbagai alat kantor lainnya di e-commerce tersebut.

Nah, itulah tadi berbagai informasi tentang apa itu numerator, fungsi dan cara menggunakannya. Jika bisnis Anda sering membutuhkan penulisan tanggal maupun kuitansi, alat ini akan sangat membantu mempermudah kegiatan pengarsipan. 

Untuk berbagai informasi lainnya tentang tips dan trik maupun rekomendasi tentang bisnis percetakan dan desain grafis, kunjungi Solusiprinting.com. Dengan Solusi Printing, Anda akan mendapatkan berbagai informasi yang dapat membantu kebutuhan bisnis UMKM Anda di bidang desain grafis, digital printing, hingga offset Printing

Exit mobile version