Kenali 10 Jenis Bahan Spanduk dan Banner Digital Printing Ini!

Bahan spanduk – Flexy China

Spanduk merupakan media promosi yang efektif dari masa ke masa. Harganya yang sangat terjangkau dan efektivitas pemakaiannya membuat spanduk masih menjadi media promosi idola hingga saat ini. Berikut beberapa bahan spanduk yang sering digunakan di percetakan:

1. Flexy Cina

Flexy cina merupakan bahan dasar spanduk yang memiliki ciri khas berserat, permukaannya agak tipis dan kasar. Material Flexy cina kebanyakan diimpor dari Cina dan dibanderol dengan harga yang murah sehingga menjadi bahan spanduk yang paling diminati di pasaran.

Flexy cina memiliki ketebalan bervariasi dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis produk percetakan seperti spanduk dan banner, seperti roll banner, X-banner, Y-banner, dan beberapa jenis lainnya. Variasi yang tersedia biasanya memilikibobot 260 gram, 280 gram, dan 340 gram.

Keunggulan bahan ini adalah harganya yang murah, sedangkan kelemahannya adalah kualitasnya yang kurang bagus untuk jangka panjang. Ketahanannya berkisar antara 3 bulan hingga 1 tahun sehingga kurang cocok untuk spanduk outdoor.

Baca Juga: Pengertian Dan Manfaat Spanduk Bagi Bisnis

2. Flexy Korea

Bahan spanduk flexy korea merupakan alternatif lain bagi Anda yang menginginkan spanduk dengan harga yang terjangkau. Flexy korea merupakan bahan spanduk yang memiliki ketahanan lebih bagus daripada flexy cina. Durasi penggunaan flexy korea dan cina hampir sama yaitu antara 3 bulan hingga 1 tahun, hanya saja tingkat kepudaran warna flexy korea lebih minim dibanding flexy cina dengan durasi waktu yang sama.

Ketahanan flexy korea membuat bahan spanduk ini dibanderol lebih mahal daripada flexy cina. Namun, tidak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan bahan ini karena keawetannya. Jika digunakan untuk spanduk indoor, bahan flexy korea dapat bertahan lebih lama lagi karena tidak terpapar panas matahari dan perubahan cuaca ekstrem.

Baca juga: Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Media Luar Ruang

3. Flexy Jerman

Bahan spanduk flexy jerman tidak perlu diragukan lagi karena materialnya memiliki ketahanan yang tinggi. Itu sebabnya flexy jerman sering digunakan sebagai bahan spanduk atau banner outdoor.  Daya tahan dan kualitas yang bagus tentu diiringi dengan harga yang lumayan mahal, tak heran jika bahan flexy jerman ini hanya tersedia di percetakan besar. Gramasi yang tersedia yaitu 230 hingga 400 gram.

4. Luster

Luster merupakan bahan spanduk yang memiliki tekstur mengilap dan agak tipis. Luster sangat cocok untuk pembuatan banner atau roll up banner indoor. Karena permukaannya yang mengilap, banner yang menggunakan bahan luster tidak perlu dilaminasi lagi. Luster merupakan bahan yang kuat, tidak mudah sobek, dan dapat digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan beresolusi tinggi.

5. Albatros

Albatros merupakan bahan cetak spanduk yang memiliki karakteristik ringan, tipis, halus dan mengilat. Bahan ini sangat cocok untuk cetak poster atau media promosi indoor lainnya. Bahan albatros akan lebih baik jika finishingnya dikombinasikan dengan laminasi doff atau glossy Albatros juga sering juga disebut stiker sintetis. Pilihan ukuran albatros antara lain 90 cm, 125 cm, dan 150 cm.

Baca juga: Perbedaan Laminasi Doff Dan Laminasi Glossy

6. Easy Banner

Easy banner merupakan bahan yang masih cukup jarang diketahui. Bahan ini merupakan bahan membuat standing banner outdoor. Karakteristik bahan ini yaitu bertekstur kaku dan agak kasar sehingga sangat cocok untuk pembuatan media promosi luar ruangan.

7. Banner Cloth

Banner cloth sebenarnya merupakan kain yang dicetak secara digital. Banner cloth sangat ringan sehingga cocok untuk banner celebration yang diikat menggunakan balon lalu diterbangkan.

8. PVC Banner

PVC merupakan jenis plastik yang dapat digunakan untuk mencetak banner atau spanduk. Plastik golongan polivinil klorida ini tergolong sangat awet, tidak mudah robek dan tidak mudah melengkung saat digunakan sebagai spanduk atau banner.  Karena ketahanannya yang bagus, bahan ini sangat cocok untuk pembuatan media promosi outdoor.

9. Kain TC 

Kain TC (Tetoron Cotton) adalah sebuah kain yang memadukan bahan polyester dan cotton. Bahan ini banyak digunakan untuk kebutuhan spanduk promosi. Dengan Berkembangnya teknologi digital printing untuk tekstil, Kain TC menjadi semakin mudah dan cepat untuk dibuat. Sebelumnya Kain TC di cetak dengan menggunakan teknik sablon. Sekarang ini, kain ini dapat dicetak dengan menggunakan teknik cetak kain sublimasi dengan kualitas yang bagus. 

10. Kain Poly

Kain poly atau yang biasa kita sebut dengan bahan polyester adalah sebuah bahan dengan campuran Polyethylene Terephathalate (PET) atau bahan plastik, Minyak bumi (Petrolium), Dan pencampuran bahan sejenis katun. Kain polyester memiliki harga yang ekonomis, sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan banner. Untuk mencetak kain ini, bisa menggunakan teknik cetak subimasi yang menggunakan transfer paper.

Demikian beberapa jenis bahan spanduk yang beredar di percetakan pada umumnya. Anda  bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki. Yuk, simak beragam informasi terkait percetakan digital di solusiprinting.com.

Exit mobile version