Apa Itu Tumbler? Simak Segudang Manfaat dan Jenisnya Disini!

Apa Itu Tumbler Simak Segudang Manfaat dan Jenisnya Disini!

Beberapa tahun ke belakang wadah minuman reusable semakin populer digunakan. Terutama di kalangan anak-anak muda yang sadar akan keberlangsungan lingkungan. Wadah minuman reusable juga banyak digunakan oleh mereka yang mulai menerapkan gaya hidup sehat. Tumbler adalah salah satu jenis wadah minuman reusable yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran.

Penggunaan wadah minum reusable yang bisa dipakai kembali memang merupakan inisiatif yang bagus untuk mengurangi sampah botol plastik. Lalu, apa yang dimaksud dengan tumbler? Apa beda tumbler dengan wadah minuman reusable lainnya? Apa saja manfaat tumbler? Yuk simak selengkapnya dalam artikel ini!

Apa Sih yang Dimaksud dengan Tumbler?

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, tumbler adalah salah satu jenis wadah minuman yang bisa dipakai berkali-kali. Tumbler sendiri merupakan cangkir atau gelas berinsulasi yang bisa dibawa dengan mudah saat kamu bepergian. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tumbler adalah tempat air minum dengan bentuk mirip gelas, tanpa gagang dengan penutup.

Tumbler bisa dibuat dengan berbagai material mulai dari kaca, plastik dan baja tahan panas. Selain itu ada juga tumbler yang dibuat dari bahan stainless steel. Stainless steel sangat populer karena kemampuannya yang baik dalam mengontrol suhu minuman. Nama tumbler sendiri populer sejak tahun 2000-an dan dipakai untuk menyebutkan wadah botol minuman.

Karena popularitas tumbler ini juga, banyak orang yang menggunakannya sebagai souvenir baik untuk promosi perusahaan atau brand atau sebagai souvenir pernikahan.

Perbedaan Tumbler dengan Termos dan Botol

Jika dibandingkan sekilas, tumbler mirip sekali dengan termos. Baik dari segi karakteristik dan fungsinya, keduanya sama-sama bisa dipakai untuk menyimpan air minum sekaligus menahan suhu minuman dalam kondisi konstan untuk waktu lama. Namun, ada beberapa perbedaan yang mendasar antara tumbler dengan termos.

Termos biasanya memiliki daya tahan yang sangat baik untuk mempertahankan suhu cairan yang ada di dalamnya. Bahkan, jika kamu menyimpan air panas (atau air dingin), suhunya bisa bertahan sama selama puluhan jam. Namun, ukuran termos biasanya jauh lebih besar dan berat sehingga sulit dibawa ke mana-mana.

Di sisi lain, tumbler hadir dengan ukuran yang lebih kecil dan desain yang beragam dan mudah dibawa-bawa. Tidak heran banyak orang yang menjadikannya pilihan tempat minum untuk dibawa ke mana-mana. Mulai dari saat bekerja di kantor, pergi ke tempat fitness sampai kumpul-kumpul dengan teman.

Saat ini desain tumbler juga semakin beragam. Ada yang namanya vacuum flask tumbler yang lebih kecil dan ringkas. Agar semakin fungsional, tumbler ini dilengkapi dengan termotor yang berguna untuk mengukur suhu cairan yang ada di dalamnya. Di bagian tutupnya terdapat smart LED yang memberikan informasi mengenai suhu minuman. Anda tinggal mengetuknya saja, maka suhu akan ditampilkan di layar.

Lalu, apa bedanya tumbler dengan botol minuman atau water bottle? Sebenarnya water bottle adalah istilah yang lebih umum untuk menyebut wadah minuman. Jenis botol minum pun beragam tapi biasanya dibuat dari plastik dengan ukuran yang ringkas dan mudah dibawa-bawa.

Tidak seperti tumbler, botol minum biasanya tidak bisa mempertahankan suhu minuman dalam waktu lama. Artinya, kalau Anda membawa air panas atau air dingin, suhunya akan berubah sesuai dengan suhu lingkungan sekitar dalam beberapa menit/jam saja. Makanya kebanyakan orang hanya menggunakan botol minum untuk membawa minuman berupa air putih dengan suhu ruang.

Perlu diketahui bahwa beberapa produk botol minuman ada yang dibuat dari plastik yang mengandung BPA. BPA ini adalah bahan kimia berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena itulah, banyak orang yang menyarankan penggunaan tumbler karena dinilai lebih aman untuk kesehatan. Jika ingin menggunakan botol plastik, pastikan bahan plastik yang dipakai sudah BPA free agar tidak berdampak untuk kesehatan.

Berguna Banget Loh, Nih 5 Fungsi Tumbler!

Ada beberapa manfaat tumbler yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Membawa Minuman Panas dan Dingin

Tidak seperti botol minuman biasa, tumbler memungkinkan Anda membawa minuman dengan suhu panas atau dingin sesuai dengan kebutuhan. Jadi kalau Anda ingin membawa kopi panas atau infused water dingin saat beraktivitas, Anda bisa melakukannya dengan tumbler tanpa khawatir suhunya akan cepat berubah.

2. Mengurangi Sampah Plastik

Tumbler merupakan opsi wadah minuman yang lebih ramah lingkungan dibanding dengan botol sekali pakai. Kebiasaan menggunakan botol plastik telah menimbulkan masalah lingkungan yang mengkhawatirkan. Dalam setahun diperkirakan ada lebih dari 400 miliar botol plastik yang dibuang. Penggunaan tumbler bisa mencegah hal buruk tersebut.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Kertas dan Mengurangi Sampah Kertas

3. Tumbler Memiliki Daya Tahan yang Baik

Dengan material seperti stainless dan baja tahan karat, tumbler memiliki daya tahan yang tinggi. Dibandingkan botol plastik yang mudah pecah atau penyok, Anda tentu bisa menghemat pengeluaran untuk membeli wadah minum baru karena tumbler lebih awet.

4. Bisa Dijadikan Koleksi

Kalau Anda sedang mengoleksi sesuatu, tumbler bisa jadi opsi barang yang bisa dipilih sebagai koleksi. Dengan desain dan ukuran yang beragam, koleksi tumbler Anda bahkan bisa jadi investasi. Terlebih jika tumbler yang dikoleksi adalah tumbler edisi khusus atau edisi terbatas.

Starbucks, salah satu gerai coffee shop ternama di dunia juga mengeluarkan produk tumbler yang koleksinya selalu berganti-ganti setiap musim. Tumbler-tumbler ini kerap jadi incaran para penggemarnya karena desainnya yang bagus, eksklusif dan tentu saja bermanfaat jika dikoleksi.

5. Sangat Efektif untuk Media Promosi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tumbler kini bukan sekadar wadah minum saja. Karena manfaatnya, banyak brand dan perusahaan yang menggunakan tumbler untuk media promosi dan memperkenalkan bisnis mereka kepada orang banyak.

Anda juga bisa melakukan langkah serupa dengan membuat tumbler sendiri. Cetak logo perusahaan Anda pada tumbler dan bagikan kepada kolega, klien, mitra dan orang-orang di sekitar agar brand Anda lebih dikenal.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah! Nih, Perbedaan Logo dan Brand!

Ukuran Tumbler Itu Ada Apa Aja Sih?

Ukuran tumbler berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apa saja?

1. Ukuran Tumbler Standar

Ukuran tumbler standar biasanya berkisar antara 350 sampai 500 ml. Ukuran ini membuat tumbler mudah dibawa ke mana-mana. Tapi, ada juga ukuran yang lebih besar yakni 620 sampai 1200 ml. Ukuran ini cocok untuk Anda yang membutuhkan stok air minum dalam jumlah besar.

2. Ukuran Tumbler Insert Paper

Selain ukuran standar, ada juga tumbler yang diberi insert paper atau gambar dari kertas. Gambar atau desain logo custom ini biasanya diletakkan atau dimasukkan pada rongga badan tumbler. Karena adanya rongga ini, ukuran air di dalamnya juga bisa berkurang.

Untuk tumbler insert paper, Anda disarankan untuk memilih tumbler dengan ukuran 460 ml. Adapun kertas yang dimasukkan sebagai insert biasanya berukuran 18 x 6 cm. Ukuran ini sudah mirip dengan tumbler yang biasa digunakan di coffee shop.Jika Anda sedang membutuhkan media promosi, tumbler adalah pilihan yang menarik untuk dicoba. Untuk informasi lain seputar percetakan dan desain grafis, jangan ragu untuk mengunjungi Solusiprinting!

Exit mobile version