Jangan Sampe Salah! Reklame Ada Beberapa Jenis, Loh!

Jangan Sampe Salah! Reklame Ada Beberapa Jenis, Loh!

Hampir semua orang pasti pernah mendengar tentang reklame, terutama kamu yang bekerja di bidang periklanan. Reklame bisa kamu lihat di sepanjang jalan dan di tempat-tempat umum lainnya. Tujuan dari pemasangan reklame ini adalah untuk berpromosi dan jenis reklame juga ada banyak.

Untuk kamu yang ingin berpromosi dengan menggunakan media reklame, perlu diketahui bahwa masing-masing reklame memiliki fungsi yang berbeda-beda. Supaya makin paham, yuk langsung simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Berbagai Kelebihan Dan Kekurangan Media Luar Ruang

Pengertian Reklame

Jika dilihat dari segi bahasa, reklame berasal dari bahasa Spanyol yakni reclamos yang berarti sebuah seruan yang dilakukan berkali-kali. Dari segi istilah, reklame kerap digunakan untuk menyebut alat atau media yang berguna memberikan informasi, menawarkan, memperkenalkan atau mengiklankan sebuah produk kepada publik. Reklame biasanya menggunakan perpaduan gambar menarik dengan kata-kata yang persuasif.

Ada juga yang mengatakan bahwa reklame adalah media visual yang dibuat dengan menggunakan gambar dan tulisan yang dipadukan sedemikian rupa untuk menyampaikan sebuah pesan pada khalayak. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan barang, jasa atau informasi lain dengan cara menarik. Ciri ciri reklame yang baik haruslah mampu mengajak orang melakukan tindakan setelah melihatnya (bisa dengan membeli atau menggunakan produk yang diiklankan).

Baca juga: Pengertian Dan Manfaat Spanduk Bagi Bisnis

Fungsi dan Bentuk-bentuk Reklame

Bagi para pemilik bisnis, adanya reklame memungkinkan mereka memperkenalkan produk kepada khalayak. Secara umum, fungsi reklame antara lain adalah:

Baca juga: Jangan Asal Buat! Berikut Ini 10 Ciri-Ciri Iklan yang Baik!

Meski memiliki tujuan yang sama, reklame yang dibuat oleh pengiklan atau promotor biasanya memiliki bentuk fisik yang berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung pada jumlah informasi yang ingin disampaikan serta penempatan reklamenya. Beberapa bentuk reklame yang kita kenal antara lain adalah:

Jenis-jenis Reklame

Banyaknya jenis reklame di jalan raya

Reklame sendiri terdiri dari berbagai kategori. Ada yang dilihat dari tujuannya, pengadaannya serta jenis media yang digunakan dalam penyampaian reklame. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin berikut ini!

1. Berdasarkan Tujuan Pembuatannya

Photo Dari Website Liputan 6

Berdasarkan tujuannya, reklame terbagi ke dalam 3 jenis yakni reklame ajakan, reklame penerangan dan reklame peringatan.

2. Berdasarkan Pengadaannya

Reklame Komersial

Sementara itu berdasarkan pengadaannya, reklame ada yang dibuat untuk hal-hal yang komersial dan non-komersial.

3. Berdasarkan Media yang Digunakan

Reklame Promosi Film

Selain berdasarkan tujuan dan pengadaannya, reklame berdasarkan medianya juga terbagi ke dalam beberapa jenis yakni:

Baca juga: Kenali 10 Jenis Bahan Spanduk dan Banner Digital Printing Ini!

Itulah penjelasan lengkap mengenai reklame, tujuan, bentuk serta jenis reklame yang perlu kamu ketahui. Untuk tujuan berpromosi, kamu harus mengetahui dengan baik siapa target pasarmu, di mana kamu berpromosi serta materi seperti apa yang ingin disampaikan. Pelajari semuanya dengan baik sehingga kamu bisa menentukan reklame seperti apa yang paling cocok dengan tujuanmu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Exit mobile version