Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju, Harus Gercep!

Noda luntur yang membandel di baju sangatlah mengganggu. Pakaian jadi terlihat tak lagi menarik. Kabar baiknya, kamu dapat mencoba berbagai cara menghilangkan noda di baju, cukup menggunakan berbagai bahan yang bisa kamu peroleh dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa kembali menggunakan baju tersebut dengan percaya diri. 

Saat mengatasi masalah noda luntur di baju, kamu tak boleh sembarangan dalam menggunakan bahan untuk menghilangkannya. Kesalahan dalam memilih bahan, bisa membuat noda jadi lebih parah dan melebar. Sangat disayangkan, bukan? Apalagi, kalau baju tersebut merupakan salah satu pakaian favorit kamu. 

11 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju

Lalu, bagaimana cara yang efektif dan aman dalam mengatasi masalah noda luntur yang membandel di baju? Tenang saja. Ada berbagai opsi cara yang bisa kamu terapkan. Semuanya bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan. 

Ingin tahu apa saja metode yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah noda pada baju tersebut? Berikut ini 11 cara menghilangkan noda luntur membandel yang menarik untuk kamu coba sendiri di rumah. 

Baca juga: Cara Mencuci Baju Putih yang Menguning, Simple dan Cepat!

1. Gunakan Garam dan Jeruk Nipis 

Punya masalah warna kaos polos yang bagus terkena noda luntur dan membandel? Solusi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan garam dan jeruk nipis. Langkah-langkah pemakaiannya sederhana sebagai berikut: 

2. Baking Soda Bisa Jadi Solusi

Solusi cara menghilangkan luntur pada baju berwarna dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan baking soda. Cara penggunaan baking soda untuk mengatasi masalah noda pada baju cukup mudah. 

Kamu cuma perlu menyiapkan bahan baku utama berupa baking soda, deterjen, serta air hangat. Selanjutnya, kamu dapat mencampurkan semua bahan tersebut dan menggunakannya untuk merendam baju yang mempunyai noda luntur membandel. 

Kamu bisa merendam baju tersebut dalam waktu kurang lebih 15 sampai 30 menit. Setelah itu, kamu dapat menguceknya secara perlahan dan bilas sampai bersih. Terakhir, kamu dapat mengeringkannya dengan menggunakan mesin cuci.

3. Rendam Selama 60 Menit dengan Air Panas & Detergen

Solusi berikutnya adalah dengan cara menghilangkan noda luntur di baju menggunakan air panas dan deterjen. Caranya gampang. Kamu dapat terlebih dulu memanaskan air dan mencampurkan deterjen ke dalamnya. 

Setelah itu, kamu dapat menggunakan campuran air panas dan deterjen tersebut untuk merendam baju. Diamkan sekitar 60 menit atau satu jam. Selanjutnya, kamu dapat membilas pakaian itu dengan air dingin dan mengeringkannya. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Cara Merawat Sablon Polyflex

4. Bisa Coba Hairspray Sebagai Alternatif

Hairspray mempunyai kegunaan utama untuk bantu kamu dalam menata rambut jadi lebih stylish. Namun, tahukah kamu kalau hairspray dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi noda membandel pada baju. 

Penggunaan hairspray untuk menghilangkan noda pada baju sangat mudah. Kamu dapat menyemprotkannya pada permukaan kain yang bernoda. Selanjutnya, diamkan baju tersebut sekitar 15 sampai 20 menit. Setelah mendiamkannya beberapa waktu, kamu akan menemukan noda luntur terlihat memudar. Kamu pun bisa mengucek baju tersebut dan membilasnya dengan air bersih, lalu mengeringkannya.

5. Ternyata Bisa Pakai Belimbing Wuluh Loh

Metode cara menghilangkan luntur di baju yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Sifat asam pada belimbing wuluh ternyata cukup efektif untuk bisa mengatasi noda luntur pada baju. 

Cara penggunaan belimbing wuluh untuk menghilangkan noda sangat mudah. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti sebagai berikut: 

6. Pakai Micin Sangat Efektif

MSG atau micin yang biasa digunakan untuk bumbu penyedap makanan dapat pula kamu pilih sebagai solusi cara menghilangkan noda luntur di baju. Cara penggunaannya dapat kamu lakukan dengan mencampurkan micin dengan larutan deterjen. 

Selanjutnya, kamu dapat memakai campuran larutan deterjen dengan micin tersebut untuk mencuci pakaian seperti biasa. Biar efektif, kamu dapat mengucek bagian yang terkena noda secara perlahan sampai noda terlihat memudar. 

7. Carilah Pemutih Pakaian Tanpa Klorin

Mengatasi masalah noda luntur membandel pada baju dengan warna putih harus cermat. Salah-salah, noda luntur bisa semakin menyebar dan bertambah parah. Kalau ingin cara menghilangkan luntur di baju putih yang efektif, kamu bisa memanfaatkan cairan pemutih pakaian. 

Hanya saja, jangan sekadar memilih produk pemutih pakaian biasa. Pertimbangkan untuk mencari produk pemutih baju yang tidak mempunyai kandungan klorin. Biar noda dapat hilang secara efektif, ada baiknya kamu terlebih dahulu membaca panduan pemakaiannya. 

Secara umum, cara pemakaian cairan pemutih untuk menghilangkan noda luntur cukup sederhana. Kamu dapat merendam baju yang terkena noda luntur sekitar 1 sampai 2 jam. Setelah itu, kamu bisa mencuci baju tersebut dengan memakai deterjen dan membilasnya sampai bersih.

Baca juga: Pro Tips: Cara Membersihkan Tas Kanvas Supaya Kinclong!

8. Gunakan Alkohol , Tapi Jangan Diminum Ya!

Metode cara menghilangkan noda luntur di baju yang selanjutnya adalah dengan memakai cairan alkohol. Kamu bisa dengan mudah menggunakan alkohol yang bisa dibeli di toko obat serta apotek. Pemakaiannya secara khusus sangat efektif ketika kamu menggunakannya untuk menghilangkan noda tinta pada baju. 

Cara penggunaan cairan alkohol untuk menghilangkan noda luntur dapat kamu lakukan dengan meneteskannya secara langsung pada permukaan kain. Selanjutnya, diamkan baju tersebut selama beberapa menit. Pada tahapan ini, kamu akan menjumpai kalau noda luntur sedikit demi sedikit akan menghilang. 

Setelah itu, kamu dapat membilas baju tersebut dan mencucinya seperti biasa. Kamu pun dapat mengeringkannya dengan menggunakan mesin cuci atau menjemur di bawah terik matahari. 

9. Bumbu Dapur Seperti Cuka Bisa Membantu Juga

Bahan dapur yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda luntur baju tidak cuma MSG. Kamu dapat pula menggunakan bahan dapur lainnya, yakni cuka dapur untuk mengatasi permasalahan serupa. 

Penggunaan cuka dapur sangat aman. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai jenis bahan kaos tanpa perlu khawatir terjadi efek samping yang merugikan. Apalagi, cuka dapur dapat pula kamu gunakan untuk mengatasi masalah lain pada baju.

Untuk urusan mengatasi noda luntur, kamu dapat mencampurkan cuka dapur dengan air hangat, garam, serta deterjen. Selanjutnya, gunakan larutan hasil campuran bahan-bahan tersebut untuk merendam baju. Diamkan baju pada rendaman sekitar 15 sampai 30 menit. Setelah itu, kamu dapat membilas pakaian tersebut sampai bersih dan mencucinya.

10. Produk Air Soda, Bisa Mengangkat Noda Luntur

Solusi untuk permasalahan berkaitan dengan noda luntur yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan air soda. Metode ini dapat kamu praktikkan tidak cuma untuk baju putih, tetapi juga baju berwarna. 

Langkah-langkah untuk membersihkan noda membandel pada baju dengan air soda relatif mudah. Kamu dapat mencampurkan soda dengan air. Setelah itu, gunakan air campuran soda tersebut untuk merendam baju. Diamkan baju pada air rendaman kurang lebih selama semalaman. Pagi harinya, kamu dapat membilas baju tersebut dengan bersih dan mencuci baju itu seperti biasa.

11. Larutan Aseton Adalah Solusinya!

Solusi terakhir cara menghilangkan noda luntur di baju adalah dengan memanfaatkan larutan aseton. Larutan aseton biasa digunakan untuk membersihkan kuteks kuku. Cairan ini punya karakteristik pada aromanya yang tajam serta mudah terbakar.

Cara menggunakan larutan aseton untuk mengatasi noda luntur dapat kamu praktikan pada baju putih maupun berwarna. Kamu cukup mengoleskan larutan aseton pada bagian baju yang bernoda. 

Selanjutnya, kamu perlu mendiamkan baju tersebut kurang lebih selama 30 sampai 45 menit. Berikutnya, kamu perlu mengucek pakaian tersebut dan membilasnya menggunakan air yang mengalir. Lalu, cuci dan bilas seperti biasa.

Nah, itulah berbagai tips dan metode yang efektif untuk kamu coba sebagai solusi dalam menghilangkan masalah noda bandel di baju. Biar permasalahan serupa tidak terulang, biasakan untuk mencuci baju dengan benar. 

Kamu tidak hanya perlu mencuci baju dengan memisahkan antara baju berwarna dengan baju putih. Namun, pahami pula cara mencuci kaos sablon dengan benar. Tujuannya, biar sablon pada baju tidak mudah rusak dan tetap awet. Tak lupa, kamu perlu pula memperhatikan jenis kaos kerah. Apalagi, bagian kerah baju kerap menjadi area yang paling kotor. Jadi, kamu perlu membersihkannya dengan cermat biar benar-benar bersih. 

Sebagai tambahan, buat kamu yang ingin memperdalam pengetahuan tentang dunia percetakan, kunjung Solusi Printing. Solusi Printing merupakan website yang menyediakan informasi lengkap tentang dunia percetakan, apparel, dan desain grafis. Semoga bermanfaat, ya. 

Exit mobile version