Cara Mencuci Baju Putih yang Menguning, Simple dan Cepat!

Cara Mencuci Baju Putih yang Menguning, Simple dan Cepat!

Ketika sering dipakai dan cara perawatan yang tidak tepat, baju putih akan cepat menjadi kusam dan kekuningan. Sebenarnya, apa saja ya penyebab baju putih menjadi kuning? Lalu, bisakah baju putih yang sudah kekuningan kembali cerah?

Yuk baca cara mencuci baju putih yang menguning berikut ini!

Penyebab Baju Putih Jadi Menguning

Baju putih bisa menjadi kuning karena perawatan yang tidak tepat. Oleh karena itu, baju ini perlu perawatan ekstra agar warnanya tidak mudah pudar dan tetap putih cemerlang untuk waktu yang lama.

Berikut ini beberapa penyebab umum baju putih jadi menguning:

1. Berlebihan menggunakan deterjen

Meskipun fungsinya untuk membersihkan pakaian, namun jika digunakan secara berlebihan ternyata deterjen justru bisa membuat pakaian jadi menguning. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan takaran penggunaan yang ada pada kemasan deterjen. Kemudian, ikuti petunjuk penggunaan untuk memastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak deterjen.

2. Terkena keringat

Pakaian putih yang sering terkena keringat juga bisa membuat baju puth menjadi kusam dan kuning. Jadi, jika Anda sedang banyak berkeringat, usahakan untuk segera merendam baju dan langsung mencucinya setelah dipakai.

3. Kurang bersih membilas

Tidak membilas baju dengan bersih juga bisa membuat baju cepat menguning. Bahkan jika hanya ada sedikit sisa deterjen, maka lama kelamaan baju putih akan menguning. Jadi, pastikan untuk membilas baju sampai benar-benar bersih saat mencucinya.

4. Baju putih dicampur dengan warna lain

Pakaian putih sangat mudah berubah warnanya jika Anda mencucinya bersama dengan baju berwarna lainnya. Pasalnya baju berwarna cenderung sedikit luntur jadi bisa mengubah warna baju putih.

5. Kualitas air buruk

Kualitas air yang buruk juga bisa menjadi penyebab baju putih jadi menguning. Pastikan Anda selalu menggunakan air bersih dan bukan air bekas cucian sebelumnya. 

5 Cara Mencuci Baju Putih yang Menguning

Jika baju putih Anda sudah terlanjur kusam dan berwarna kekuningan, berikut ini beberapa cara mencuci baju putih yang menguning agar bersih kembali.

1. Rendam baju dengan campuran air, deterjen dan pemutih

Langkah pertama adalah merendam baju putih yang akan dicuci terlebih dahulu. Caranya, masukkan 3 gayung air ke dalam ember dan campur dengan deterjen secukupnya. Kemudian masukkan baju putih ke dalam ember dan siramkan pemutih di bagian baju yang kotor. Rendam selama 8-9 menit dan jangan lebih dari 10 menit atau pakaian malah akan semakin kuning.

2. Keluarkan baju dari rendaman

Setelah 9 menit, keluarkan baju dari rendaman air sabun, namun jangan langsung dibilas. Gosok bagian yang kotor menggunakan sabun batang atau sabun mandi. Kucek menggunakan sabun tersebut.

3. Siram dengan pemutih kembali

Setelah menggosoknya dengan sabun batang, siram lagi dengan pemutih pada area yang kotor. Lalu sikat menggunakan sikat baju hingga noda pada pakaian hilang. 

4. Rendam dengan air bersih tanpa deterjen

Setelah sudah disikat kembali hingga noda berkurang, selanjutnya rendam dengan air bersih. Kucek kembali baju putih tersebut untuk beberapa saat sampai noda semakin berkurang.

5. Bilas Setelah Selesai di Cuci

Terakhir, bilas dengan air bersih sampai sudah terasa tidak ada sabun yang tersisa. Ingat, sisa sabun yang masih menempel bisa membuat baju putih berubah warna menjadi kekuningan. Jadi pastikan untuk membilas beberapa kali sampai tidak terasa sisa sabun.

Nah, itulah tadi lima langkah cara mencuci baju putih yang menguning agar kembali cemerlang. Anda bisa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci untuk melindungi tangan dari sabun dan pemutih. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Cara Merawat Sablon Polyflex

Cara Merawat Baju Putih Agar Tidak Cepat Kuning

Agar baju putih Anda tidak cepat kusam dan menjadi kuning, berikut ini beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan.

1. Jangan menggunakan terlalu banyak pemutih

Meskipun pemutih bisa membantu membuat baju putih Anda kembali cemerlang, jangan terlalu banyak atau terlalu sering menggunakannya. Hal ini malah akan membuat baju menjadi menguning dan merusak kualitas kain. Tidak hanya itu saja, jika tidak dikeringkan dengan benar setelah menggunakan pemutih, baju malah semakin rusak parah.

2. Perhatikan penggunaan deterjen

Ketika mencuci baju putih, perhatikan takaran deterjen. Jangan terlalu banyak karena residu deterjen justru membuat pakaian putih menjadi pudar warnanya. Selain itu, jangan merendamnya dengan deterjen terlalu lama. Selain membuat baju jadi bau, warna baju juga bisa menjadi kusam.

Pakai deterjen khusus pakaian putih agar warnanya tetap terjaga. Kemudian saat membilas, pastikan seluruh sisa deterjen benar-benar hilang agar tidak menimbulkan penumpukan residu yang membuat baju putih menjadi kuning. 

3. Segera Membersihkan Noda Pada Pakaian

Jika baju putih Anda terkena noda, segera bersihkan dengan air. Jangan membiarkan noda menempel terlalu lama karena ini akan membuat noda tersebut semakin sulit dibersihkan. Setelah membersihkannya dengan air, segera cuci dengan deterjen untuk membersihkan sisa noda yang menempel.

4. Jemur Baju dengan Benar Ya!

Menjemur baju juga tidak bisa sembarangan. Sebelum dijemur, balik baju putih sehingga bagian dalam yang terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari secara terus menerus bisa membuat warna baju pudar, jadi pastikan untuk membalik baju terlebih dahulu sebelum menjemurnya.

5. Setrika dengan Suhu yang Rendah

Setelah baju selesai dicuci dan kering, jangan menyetrika baju dengan suhu yang terlalu tinggi. Hal ini dapat merusak warna baju. Sebaliknya, gunakan suhu rendah atau sedang ketika sedang menyeterika baju berwarna putih. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda mengikuti petunjuk cara menyetrika yang umumnya ditempel pada label baju.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar baju putih tidak lagi menjadi kekuningan dan cara mencuci baju putih yang menguning agar cerah kembali. Jika Anda butuh informasi lain tentang perawatan kain untuk bisnis percetakan Anda, baca lebih lanjut artikel-artikel di Solusiprinting.com!

Exit mobile version