20 Jenis Topi Kupluk Biar Tampil Kece, Kuy Disimak Dulu!

20 Jenis Topi Kupluk Biar Tampil Kece, Kuy Disimak Dulu!

Pemakaian topi kupluk atau beanie hat jadi pilihan tepat ketika memasuki musim hujan yang dingin. Tak cuma bermanfaat dalam menjaga agar kamu tetap merasa hangat, pemilihan jenis topi kupluk yang tepat juga dapat menunjang penampilan jadi lebih kece dan trendi. 

Lalu, model kupluk atau beanie seperti apa yang paling sesuai untuk penampilan kamu? Salah-salah, entar kamu dianggap sebagai penjaga villa hanya gara-gara menggunakan beanie hat. Biar tak salah dalam memilih jenis kupluk, simak penjelasan serta jenis-jenisnya secara lengkap sebagai berikut, yuk!

Apa itu Topi Kupluk

Beanie merupakan jenis topi yang pemakaiannya melekat secara langsung ke permukaan kepala dengan desain brimless. Biasanya, bahan topi ini dibuat dari kain rajut, sehingga membuat kepala terasa hangat. Meski, tak menutup kemungkinan kamu bisa pula menjumpai penggunaan bahan kain lainnya. 

Karena efeknya yang dapat menghangatkan, topi beanie kerap jadi pilihan utama ketika berada di tempat yang dingin. Penutup kepala ini pun secara khusus banyak digunakan oleh para pendaki, baik pria maupun wanita. 

Selain memiliki manfaat dalam membuat kepala terasa lebih hangat, penggunaan beanie juga memiliki fungsi lain, termasuk di antaranya adalah: 

20 Jenis Topi Kupluk, Bikin Gaya Makin Maksimal!

Untuk membantu kamu dalam memilih desain atau model kupluk keren agar bisa tampil kece, berikut ini adalah beberapa pertimbangan jenisnya yang bisa dipilih: 

1. Cuffless Beanie

Images Property By: Lifeisfun

Pertama, kamu dapat menemukan beanie dengan model cuffless atau tanpa manset. Ciri dari kupluk ini bisa kamu kenali dengan mudah, yakni tak menjumpai adanya manset maupun lipatan pada bagian bawahnya.

Meski begitu, kamu dapat pula dengan mudah mengubah tampilannya dengan menambahkan lipatan pada bagian bawahnya. Dengan begitu, cuffless beanie terlihat mempunyai manset. Trik ini bisa kamu lakukan ketika kupluk yang kamu pakai berukuran terlalu besar. 

2. Cuffed Beanie

Image Property By: Top Gear Cycles

Selanjutnya, ada pula jenis topi kupluk yang disebut dengan cuffed beanie. Kupluk ini mempunyai desain yang berkebalikan dengan cuffless beanie. Kamu dapat menjumpai keberadaan manset yang berada pada bagian bawah atau pembuka kupluk. 

Keberadaan manset pada cuffed beanie tidak hanya membuat desainnya tampak lebih bergaya. Manset tersebut juga memiliki manfaat dalam memberikan efek kehangatan, terutama pada bagian pembuka kupluk serta perlindungan ekstra pada bagian telinga.

3. Slouch Beanie

Image Property By: Fruugo

Kamu dapat pula memilih jenis kupluk yang disebut dengan slouch beanie. Perbedaan beanie yang satu ini dengan kupluk lainnya adalah ukurannya yang lebih panjang. Saat menggunakannya, beanie ini dapat menutupi bagian telinga dan terdapat bagian ujung yang menggantung. 

Bahan kain untuk slouch beanie umumnya mempunyai ukuran yang tipis. Selain itu, penggunaannya juga memberi rasa nyaman. Apalagi, bagi kamu yang mempunyai masalah rambut susah diatur dan panjang. Kamu dapat membuatnya terlihat jauh lebih rapi dengan mudah lewat pemakaian slouch beanie.

4, Jenis Topi Kupluk – Visor / Brimmed Beanie

Image Property By: Etsy

Secara umum, beanie atau kupluk merupakan jenis penutup kepala yang tak dilengkapi dengan visor. Meski begitu, kamu bisa pula menemukan model kupluk keren, baik untuk pria maupun wanita, yang dilengkapi visor pada bagian depan, disebut visor/brimmed beanie. 

Model brimmed beanie yang ada di pasaran bisa cukup variatif. Tidak cuma dilengkapi dengan visor. Kamu bisa pula menemukan kupluk brimmed yang disertai adanya penutup telinga atau ear flap. 

5. Earflap Beanie

Berikutnya, kamu dapat memilih kupluk yang disebut sebagai earflap beanie. Tampilannya mempunyai kemiripan dengan cuffless beanie yang tak disertai manset. Namun, kamu dapat menemukan perbedaan antara earflap dengan cuffless beanie pada bagian sampingnya. 

Earflap beanie mempunyai ciri khas dengan keberadaan penutup telinga. Sebagai pelengkap, kupluk ini dapat disertai dengan tali pengikat. Meski, tak menutup kemungkinan kamu bisa pula menemukan model earflap beanie yang tak memilikinya. 

Pemakaian earflap beanie dapat memberikan perlindungan kepala secara menyeluruh, termasuk telinga. Selain itu, earflap beanie secara khusus akan terlihat cute kalau kamu memakaikannya pada anak-anak.

6. Turban Beanie

Image Property By: Temu

Turban merupakan penutup kepala yang umumnya dipakai oleh laki-laki. Biasanya, mereka berasal dari Afrika Utara, Asia Selatan, Asia Tengah, atau Timur Tengah. Namun, tahukah kamu kalau saat ini ada pula pilihan untuk tampil bergaya dengan turban beanie yang umumnya kerap menjadi opsi bagi para ladies

Turban beanie merupakan kupluk yang dirancang sehingga memiliki desain layaknya sebuah turban. Kamu dapat mengenalinya lewat keberadaan bagian depan dahi yang mempunyai bentuk meruncing. Pemakaiannya lebih diutamakan untuk alasan fashion dibandingkan manfaatnya dalam memberi kehangatan.

7. Jenis Topi Kupluk – Parisian Beanie

Image Property By: Desertcart

Kota Paris terkenal sebagai pusat mode. Oleh karena itu, tak heran kalau berbagai jenis gaya penampilan berasal dari sini. Termasuk di antaranya adalah kupluk yang disebut dengan model parisian beanie. 

Beanie ini mempunyai bentuk mirip dengan slouch beanie. Hanya saja, bentuknya lebih mirip dengan topi baret. Selain itu, fungsi utamanya adalah untuk alasan fashion. Oleh karenanya, parisien beanie biasa dibuat dengan bahan yang ukurannya relatif tipis.

8. Beanie Rajutan Tangan

Kalau kamu ingin menggunakan jenis topi kupluk yang unik dan sifatnya personal, pilihan terbaiknya adalah kupluk rajutan tangan atau hand knitted beanie. Kamu bisa membuatnya dengan bahan berupa wol yang lembut atau katun asli.

Karena sifatnya yang personal, kamu dapat merajut beanie sesuai dengan model yang diinginkan. Selain itu, kamu dapat pula menentukan pilihan warna secara bebas. Apalagi, kamu dapat menemukan benang wol maupun katun yang tersedia dalam berbagai opsi warna di pasaran. 

9. Bobble Beanie / Pom Pom Beanie

Referensi kupluk penutup kepala yang selanjutnya adalah pom pom beanie atau bobble beanie. Kupluk ini mempunyai bentuk yang tak jauh berbeda dengan kupluk lain. Hanya saja, kamu bisa menemukan ciri khas atau keunikannya pada keberadaan bola berbulu pada bagian atasnya. 

Pom pom beanie secara khusus mempunyai popularitas pemakaian di kawasan Skandinavia. Penggunaannya bisa kamu temukan tidak hanya untuk wanita, tetapi juga pria. Hanya saja, kamu perlu tahu kalau keberadaan bola halus pada pom pom beanie tak memiliki fungsi apapun. Bola cuma berguna untuk membuat kupluk terlihat lebih menarik.

10. High Top Beanie

Image Property By: the athletesfoot

Desain kupluk dengan ukuran yang panjang tak hanya kamu temukan pada slouch beanie. Ada pula pilihan lainnya pada jenis high top beanie. Hanya saja, terdapat perbedaan pada bagian ujung dari kedua jenis kupluk ini. 

Pada high top beanie, kamu akan menemukan bagian ujung yang terlihat berdiri, tidak menggantung. Dengan bentuk seperti itu, penggunaan high top beanie jadi pilihan yang cocok untuk kamu yang punya rambut susah diatur atau kaku. 

11. Ponytail Beanie

Image Property By: Fruugo

Kupluk tak selamanya berguna untuk menutupi keseluruhan rambut. Kamu dapat pula menemukan desain kupluk unik yang memberi kebebasan rambut untuk bergerak seperti yang bisa dijumpai pada ponytail beanie. 

Pemakaian ponytail beanie secara khusus bakal sangat pas bagi kamu yang memiliki rambut panjang. Kupluk ini mempunyai lubang pada bagian belakang yang memungkinkan rambut panjang kamu terurai secara bebas. 

Penggunaan desain kupluk seperti ini dapat membantu kamu bergerak lebih leluasa. Apalagi, ketika kamu melakukan aktivitas olahraga di tengah udara yang dingin. Ponytail beanie sangat membantu karena kamu tak perlu bingung dengan rambut panjang.

12. Jenis Topi Kupluk – Fisherman Beanie

Berikutnya, ada model kupluk fisherman beanie. Sesuai namanya, fisherman beanie merupakan kupluk yang ditujukan bagi para pemancing. 

Ciri utama dari fisherman beanie bisa kamu temukan pada desainnya yang bulat. Ukurannya tidak terlalu besar, dan biasanya tak sampai menutupi bagian telinga. Selain itu, kamu dapat menjumpai manset yang dapat kamu buka lipatannya dan menggunakannya untuk menutupi telinga.

13. Topi Kupluk Bulu Hewan

Bahan untuk berbagai jenis topi kupluk tidak hanya bisa berupa kain rajut. Kamu dapat pula menemukan beanie yang dibuat dengan bahan dari kulit hewan. Penggunaan kulit hewan tidak hanya dapat menjamin kehangatan saat memakainya, tetapi juga memberikan aksen yang unik. 

Ada berbagai jenis kulit hewan yang biasa digunakan untuk pembuatan kupluk. Termasuk di antaranya adalah kelinci, alpaca, rubah, maupun srigala. Selain itu, kamu dapat pula menjumpai kupluk yang dibuat dengan bahan kulit sintetis yang harganya tentu saja relatif lebih murah.

14. Ski Mask Beanie

Image Property By: Amazon

Dalam situasi yang ekstrem atau sangat dingin, pemakaian beanie yang biasa tak akan cukup membuat kamu hangat. Pada situasi seperti itu, kamu bisa mempertimbangkan pilihan untuk memakai ski mask beanie. 

Ski mask beanie membantu kamu merasa hangat karena mampu menutupi seluruh bagian kepala, termasuk wajah. Penggunaannya kerap kamu jumpai pada mereka yang tengah beraktivitas hiking dan ski. 

15. American Mohair Beanie

Image Property By: Amazon

Ada pula pertimbangan untuk menggunakan jenis topi kupluk yang dikenal sebagai american mohair beanie. Secara tampilan, mohair beanie tak jauh berbeda dengan kupluk lain. Kamu bisa menemukannya dengan desain yang panjang maupun pendek. 

Perbedaan utama mohair beanie dengan penutup kepala beanie yang lain adalah penggunaan bahannya. Mohair dibuat dengan material dari rambut kambing angora. Material ini punya kelebihan dari daya tahan, berkilau, dan kuat.

16. Waffles Beanie

Image Property By: CapKings

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan waffles beanie. Desainnya tak jauh berbeda dengan kupluk lain. Hanya saja, waffles beanie mempunyai ciri khas pada pola kain rajut yang digunakan untuk pembuatannya yang berbentuk square waffle. 

Pola kain rajut pada waffle beanie membuat penampilannya terlihat lebih stylish. Selain itu, desain kupluk ini juga biasanya dibuat ketat. Oleh karena itu, kamu bisa merasa hangat saat menggunakannya. 

17. Lid Beanie

Image Property By: Sportsshoes

Lid beanie merupakan model kupluk yang klasik dan bersifat timeless. Jadi, kamu tidak akan terlihat ketinggalan zaman saat menggunakannya. Ciri khas yang bisa kamu kenali dari lid beanie adalah keberadaan lipatan yang pada bagian atasnya. 

18. Tactical Beanies

Image Property By: Amazon

Jenis kupluk berikutnya adalah tactical beanie yang umumnya digunakan oleh militer. Beanie ini memiliki ciri khas pada penggunaan bahan yang sangat lembut. Dengan begitu, pemakaiannya dapat memberi rasa nyaman dan tak mengganggu pergerakan.

Jenis bahan yang cukup sering digunakan untuk pembuatan tactical beanie adalah kain fleece atau fleece blend. Tak hanya untuk pemakaian orang dewasa. Beanie ini juga terlihat lucu ketika kamu pakaikan pada anak-anak.

19. Ribbed Wool Beanie

Image Property By: Lacoste

Jenis kupluk klasik yang selanjutnya bisa kamu temukan pada ribbed wool beanie. Sesuai namanya, ribbed wool beanie dibuat dengan bahan dari kain wol. Penggunaan material ini membuat kupluk jadi lebih awet dan tahan lama.

20. Bluetooth Beanie

Terakhir, ada opsi berupa bluetooth beaniel. Jenis topi kupluk yang satu ini menawarkan elemen unik yang beda dengan kupluk lain. Elemen unik tersebut adalah keberadaan konektivitas wireless yang membuat kamu tak kebingungan mencari sinyal saat menggunakan internet. 

Nah, itulah berbagai model kupluk yang bisa kamu manfaatkan tak cuma untuk menghangatkan kepala. Namun, kamu bisa menggunakannya untuk tampil modis dan penuh percaya diri. 

Selain kupluk, kamu dapat pula menggunakan model penutup kepala lain untuk bisa tampil gaya. Termasuk di antaranya adalah topi fedora. Hanya saja, pastikan kamu menggunakan pilihan jenis penutup kepala tersebut dengan situasi lingkungan. Dengan begitu, kamu bisa tetap memperoleh kenyamanan saat menggunakannya.  

Sebagai info tambahan, buat kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang dunia percetakan, Solusi Printing menjadi solusi yang tepat. Solusi Printing menyediakan informasi yang lengkap terkait dunia percetakan, apparel, dan desain grafis.

Exit mobile version