Cari Kaos Awet dan Bagus? Kenali 4 Jenis Jahitan Kaos Ini!

Cari Kaos Awet dan Bagus Kenali 4 Jenis Jahitan Kaos Ini!

Kaos memang jadi pilihan yang pas buat kamu kalau ingin mencari baju yang nyaman dan casual. Kamu pun bisa menjumpai banyak pilihan kaos, mulai dari kaos oversize, kaos biasa, kaos polos, maupun kaos sablon. Terlepas model kaos yang dipilih, kamu perlu paham tentang jenis jahitan kaos. 

Jenis jahitan menjadi salah satu aspek penting yang berkaitan erat dengan kualitas sebuah kaos. Dengan mengenali jenis-jenisnya, kamu dapat mengetahui model jahitan baju yang bisa awet dan tidak mudah terlepas. 

Ini dia Jenis Jahitan Kaos

Tipe jahitan pada sebuah kaos dapat berbeda-beda bergantung lokasinya. Misalnya, pada berbagai jenis kerah kamu bisa menjumpai pola jahitan yang beda kalau dibandingkan dengan bagian samping. Untuk bisa memahami lebih jelas macam-macam jahitan baju, simak penjelasanya sebagai berikut, yuk. 

1. Jenis Jahitan Obras

Jenis Jahitan Kaos – Obras

Pertama, kamu dapat menemukan jahitan yang disebut dengan jahitan obras. Penggunaannya bisa kamu temukan pada berbagai merk kaos. Tujuan utama dari penggunaan model jahitan obras adalah untuk mengikat bagian pinggir kain. 

Dengan adanya jahitan obras, benang yang ada pada bagian pinggir kain tidak mudah terlepas. Dengan begitu, kain terlihat rapi. Kamu pun bisa menjumpai bentuk jahitan obras yang dibuat dengan berbagai jenis pola yang unik. 

Jahitan obras mempunyai kelebihan berupa ekstensibilitasnya yang tinggi. Hanya saja, model jahitan ini sangat rentan terhadap seam grinning. Kalau ditarik, benang pada jahitan dapat terbuka dengan gampang.

2. Jenis Jahitan Rantai

Jenis jahitan kaos – Rantai

Berikutnya, kamu dapat menemukan jenis jahitan kaos yang dikenal sebagai jahitan rantai. Karakteristik utama yang ada pada jahitan rantai adalah bentuknya yang dibuat saling berkaitan dengan metode interlooping dan bentuknya mirip rantai. 

Pemakaian model jahitan rantai bakal sering kamu jumpai pada area pundak maupun kerah baju. Penempatannya biasa dilakukan pada area yang mempunyai peregangan relatif minimal. 

Jahitan rantai termasuk jenis jahitan kaos yang bagus dan mempunyai tampilan yang rapi. Hanya saja, jahitan ini mempunyai kelemahan dapat terbuka dengan mudah bila bagian ujungnya ditarik. 

3. Jenis Jahitan Overdeck

Jenis jahitan kaos Overdeck

Berikutnya, kamu dapat mengenal jenis jahitan pada kaos yang disebut sebagai jahitan overdeck. Jahitan ini dibuat dengan memakai mesin overdeck dengan tingkat kecepatan tinggi. 

Karena menggunakan mesin khusus, hasil jahitan overdeck dapat terlihat rapi. Jenis jahitan ini umumnya digunakan dengan memakai 3 benang serta 2 jarum. Penggunaannya kerap bisa kamu temukan pada lengan atau bisa pula pada bagian bawah baju.

Jahitan model overdeck menawarkan keunggulan dari segi kualitas. Kamu akan menemukan kalau hasil jahitan tidak mudah lepas dan sobek. Hanya saja, kamu perlu membayar biaya yang mahal untuk penggunaannya.

4. Jenis Jahitan Lurus

Jenis jahitan kaos – Lurus

Terakhir, kamu dapat menemukan model jahitan lurus. Kamu bakal jarang menjumpai pemakaiannya pada kaos yang dijual di pasaran. Sebagai gantinya, jahitan ini bakal sering kamu temukan pada kaos partai yang dibuat dengan harga relatif murah. 

Selain itu, jenis jahitan lurus dapat pula kamu temukan pada industri garmen untuk produk berupa kemeja. Penggunaan model jahitan ini memiliki hasil yang rapi. Hanya saja, tingkat keawetannya sangat rendah dan gampang terlepas. 

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Jahitan Kaos?

Kamu sudah tahu jenis jahitan kaos yang biasa digunakan untuk berbagai produk baju. Dari situ, kamu dapat mengetahui kelebihan serta kelemahannya masing-masing. Hanya saja, ada 2 tips penting yang perlu kamu perhatikan terkait pemilihan jenis jahitan, yakni: 

1. Bahan Kaos yang Digunakan

Saat menggunakan salah satu jenis jahitan kaos, kamu perlu memperhatikan bahan kaos terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena karakteristik kain mempunyai pengaruh pada tingkat kualitas serta kerapian hasil jahitan.

Misalnya, kamu menggunakan kaos dari bahan katun. Jenis jahitan yang cocok untuk bahan katun adalah jahitan rantai dan overdeck yang kuat. Dengan begitu, jahitan dapat terpasang dengan baik dan tak mudah terlepas. 

Lain halnya kalau kamu menggunakan bahan dari polyester yang relatif tipis. Jenis bahan ini biasa kamu jumpai pada kaos partai. Untuk model bahan polyester, kamu cukup menggunakan jahitan lurus yang sederhana. 

2. Jenis Kaos yang Digunakan

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan penggunaan jenis kaos jahitan dengan memperhatikan desain kaosnya. Jahitan pada kaos lengan panjang, lengan pendek, serta kaos raglan mempunyai perbedaan sesuai dengan fungsinya masing-masing. 

Itulah berbagai jenis jahitan yang dapat kamu temukan pada berbagai jenis kaos. Dari penjelasan ini, kamu jadi tahu kalau tak semua jahitan mempunyai hasil jahitan yang sama. Kamu pun dapat memanfaatkan penggunaannya sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Dengan mengetahui perbedaan dari berbagai jenis jahitan, kamu dapat pula menggunakannya sebagai landasan dalam memilih baju saat berbelanja. Jangan cuma memperhatikan pemilihan baju hanya karena warna kaos keren. Kualitas hasil jahitan juga berpengaruh pada tingkat keawetan baju yang kamu pilih. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu secara lebih lengkap, kan? Sebagai tambahan, bagi kamu yang ingin mengetahui dunia percetakan secara lebih dalam, pastikan untuk menjadi pengunjung setia Solusi Printing. 

Solusi Printing merupakan portal informasi yang memberikan banyak pengetahuan bagi para pelaku usaha di bidang percetakan. Di waktu yang sama, kamu dapat pula memperoleh informasi terbaru berkaitan dengan apparel dan desain grafis. 

Exit mobile version