Perbedaan Laminasi Doff Dan Laminasi Glossy

Berikut penjelasan mengenai perbedaan laminasi doff dengan laminasi glossy yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan cetak Anda. Dunia percetakan sekarang semakin jauh berkembang karena banyaknya konsumen yang ingin mencetak sesuatu. Mulai dari cetak undangan pernikahan, kartu nama, bookleat, leafleat, kalender dan lainnya. Semuanya bisa dibuat di percetakan dari yang memiliki kesan biasa hingga mewah.

Perlu diketahui bahwa laminasi adalah proses pelapisan terhadap lempengan tipis berupa kertas atau karton pada kedua sisinya dengan efek mengkilat dan tidak. Mencetak sesuatu biasanya Anda menemukan ada kertas yang mengkilau dan juga terlihat biasa. Hal tersebut dipengaruhi oleh laminasi yang dipakai oleh percetakan. Ada dua jenis laminasi yang sering digunakan dalam sebuah percetakan yaitu laminasi glossy dan doff. Keduanya sangat berbeda bahkan dari hasil cetakannya saja Anda akan dapat mengetahui perbedaan kedua jenis laminasi.

Baca juga: 9 Tips Cuan Besar Bisnis Percetakan, Gini Cara Mulainya !

Perbedaan Laminasi Glossy Dan Doff

Adanya beberapa laminasi yang ada harus diketahui oleh anda agar pada saat membuat Undangan, Kartu Nama atau lainnya anda bisa menentukan laminasi apa yang cocok untuk dipergunakan. Perbedaan laminasi glossy dan doff bisa anda ketahui pada berikut ini.

Laminasi Glossy

Jenis laminasi glossy

Stiker laminasi glossy menghasilkan cetakan yang berkilau, karena dapat memantulkan cahaya yang banyak. Permukaan kertas yang telah dilaminasi glossy menghasilkan permukaan yang licin sehingga warna terlihat terang dan bagus. Biasanya laminasi glossy ini bisa dipakai untuk pembuatan Kartu Nama, undangan, brosur, leafleat dan poster. Kesan glossy yang ditimbulkan membuat hasil cetakan semakin mewah dan bagus.

Laminasi glossy banyak dijumpai pada percetakan yang menggunakan printer untuk cetak foto. Pada waktu melakukan percetakan foto atau apapun sebaiknya secara tidak langsung anda tidak boleh memegangnya. Tujuannya agar hasil cetakan tidak mengalami kerusakan, karena lamina glossy sangat rentan terhadap jari tangan ditambah lagi laminasi ini mudah tertekuk. Anda bisa memegangnya setelah membiarkan beberapa menit atau memakai sarung tangan.

Baca juga: Apa Itu Percetakan?

Laminasi Doff

Jenis laminasi doff

Kebalikan dari laminasi glossy yaitu doff, karakter yang paling menonjol adalah warna biasa dan tidak memiliki kilauan. Pemakaian laminasi doff bertujuan untuk melakukan perlindungan pada hasil printer inject sehingga hasil gambar yang didapatkan lebih tahan lama. Laminasi jenis ini bisa dipegang sesering mungkin karena tidak ada pengaruh adanya sidik jari di atas laminasi.

Laminasi ini juga bisa dipakai untuk pembuatan kartu nama, booklet dan Undangan pernikahan. Meski laminasi ini tidak semewah dengan glossy tetapi tetap saja hasil cetakannya sangat bagus. Bila anda menggunakan laminasi jenis untuk mencetak kartu nama maka, kartu tersebut nampak terlihat lebih eklusif dan bagus. Itulah keistimewaan laminasi doff walau sederhana tetapi tetap menghasilkan cetakan yang mewah.

Baca juga: 9 Tips Desain Kartu Nama Biar Kamu Keliatan Profesional!

Bagaimana setelah membaca perbedaan antara kedua jenis laminasi tersebut? Sangat berbeda sekali bahkan perbedaan tersebut terlihat menonjol. Sebaiknya anda memilih laminasi yang bagus dan baik. Penggunaan laminasi juga tergantung kepada kebutuhan anda.

Penggunaan Laminasi Glossy Dan Doff

Ada tata cara yang harus diperhatikan saat menggunakan laminasi glossy dan doff. Tujuannya agar hasil cetakan semakin bagus dan tidak ada kekurangan apapun. Berikut ini yang harus anda ketahui tentang penggunaanya:

  1. Laminasi glossy yang digunakan bisa lebih baik bila mencetak pada 2 sisi bagian kertas. Efek yang ditimbulkan adalah mengkilap dan warna tintanya terlihat sangat pekat.
  2. Saat memutuskan menggunakan laminasi yang berjenis doff maka, harus anda batasi hanya untuk amplop, Foto undangan. Tujuan pemakaian laminasi tersebut agar efek kasar yang diberikan dapat menahan goresan. Bahkan tidak ada pantulan cahaya sama sekali pada hasil cetakan.
  3. Bila ingin membuat cover buku, maka pergunakan laminasi glossy dikarenakan glossy memberikan effek cerah pada hasil cetak. Jika pekerjaan seperti kartu nama biasanya menggunaan laminasi dengan jenis doff
  4. karena sifatnya mudah ditekuk. meskipun sudah diaminating media cetak harus tetap dijaga terutama pada saat melakukan paking dijaga sehingga hasil cetak tidak tertekuk pada saat diberikan kepada pelanggan.
  5. Kedua laminasi yang akan di lapisi dengan menggunakan 2 sisi tidak bisa disatukan menggunakan lem biasa. Ada 2 jenis laminasi yang sering digunakan yaitu laminasi panas (Thermal Lamination) atau laminasi dingin (Cold Lamination).
  6. Penggunaan laminasi glossy dan doff agar hasilnya bagus, harus disesuaikan dengan jenis produk percetakan dan kebutuhannya.

Baca Juga: Perbedaan Laminasi Panas Dan Dingin Supaya Ga Salah Beli

Sekian informasi mengenai perbedaan laminasi doff dan laminasi glossy. Pilihlah laminasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mencetak sebuah projek, seperti cetak kartu nama, poster, buku menu restoran, undangan pernikahan dan lainnya.

Exit mobile version