Sangat Berpengaruh! Nih,13 Psikologi Warna Dalam Desain!

Chart warna

Berikut pemahaman mengenai psikologi warna dalam desain grafis yang layak untuk Anda ketahui sebelum mendesain suatu projek. Dalam mendesain suatu logo tentu perusahaan tidak asal memberikan warna, karena warna adalah aset terpenting yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Warna memiliki arti tersendiri yang tentunya sebelum menggunakannya harus memahami arti dari warna yang akan digunakan. Memahami psikologi warna dalam desain tentu merupakan hal yang mudah. Berikut adalah psikologi warna dalam desain yang biasa digunakan oleh para desainer logo.

Baca juga: Mau Buat Desain? Pelajari Dulu 6 Tema Dalam Desain Grafis!

1. Warna Hitam

Hitam adalah warna yang melambangkan kekuatan, elegan, kemewahan dan formalitas. Psikologi warna dalam desain biasa menggunakan warna hitam untuk warna dominan dan warna netral untuk dasaran. Bila anda ingin menambahkan kesan kekuatan yang besar anda bisa menggunakan warna hitam dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Warna Merah

Merah adalah warna yang menyimbulkan tentang gairah, keberanian, aksi dan semangat yang membara. Menurut psikologi warna dalam desain menggunakan warna merah mampu menimbulkan memicu emosi atau gairah yang tinggi. Dengan menggunakan warna merah anda bisa mencerminkan semangat yang tinggi ada pada perusahaan anda.

3. Warna Orange

Warna orange adalah warna yang menimbulkan kesan kesenangan, antusiasme, kepercayaan dan kebahagian. Menurut psikologi warna dalam desain yang biasa digunakan untuk mencerminkan kebahagiaan yang sejahtera. Warna orange juga bisa meningkatkan antusiasme audience yang melihatnya. Dengan menggunakan warna orange orang-orang yang melihat akan mengetahui tentang semangat yang ada pada diri anda.

4. Warna Kuning

Kuning adalah warna yang menyimbulkan optimis, progresif, kreatif dan rasa gembira. Kuning juga merupakan warna yang melahirkan kegembiraan. Sama dengan warna orange, bila dipadukan dengan warna yang lebih gelap kuning akan menjadi warna yang lebih progresif. Untk itu kuning adalah warna yang sering digunakan untuk kekreatifan.

5. Warna Hijau

Warna hijau adalah warna yang menyimbolkan harmoni, kesegaran, alam dan sumber kehidupan manusia. Warna ini sering digunakan karena akan menimbulkan kesan alami dan natural pada desain yang sedang dibuat. Warna hijau banyak dipilih karena memberikan kesan segar pada produk yang ditampilkan. Kedamaian adalah sifat yang paling banyak terlihat dari warna hijau yang akan anda gunakan.

6. Warna Biru

Biru adalah warna yang menyimbolkan tentang ketenangan, keseriusan, kepercayaan dan keyakinan. Menggunakan warna biru akan menciptakan kesan ketenangan seperti air. Warna biru juga membantu audiens memahami identitas perusahaan dengan serius. Biru juga akan menimbulkan kesan kepercayaan dan pengalaman jati diri yang tanggung jawab.

7. Warna Ungu

Warna ungu adalah warna yang akan menyimbolkan tentang kecantikan, kemewahan, wanita dan keunikan. Psikologi warna dalam desain menggunakan ungu untuk menyampaikan kesan emosional yang spesifik. Warna ungu yang digunakan dalam desain biasa digunakan untuk menimbulkan kesan inovasi dan keunikan.
Warna ungu biasa berhubungan dengan perusahaa perhiasan yang menyuguhkan keunikan dan inovasi yang tinggi. Selain banyak digunakan oleh perusahan perhiasan warna ungu biasa digunakan untuk produk kecantikan dan fashion, karena inilah kebanyakan wanita sangat menyukai warna ungu.

8. Warna Coklat

Warna coklat adalah warna yang menyimbolkan tentang kesederhanaan, klasik, isolasi dan kenyamanan. Warna ini biasa digunakan untuk menciptakan kesan klasik seperti yang sering digunakan pada restaurant atau cafe. Warna coklat juga sangat cocok digunakan untuk anda yang ingin berbahagia dalam kesan nostalgia.

9. Warna Putih

Contoh logo

Warna putih adalah warna yang menyimbolkan kepolosan, kebersihan, kemurnian dan kesucian. Warna ini dinilai memberikan kesan lebih santun lebih santun, polos dan integritas yang tinggi. Warna putih memerlukan bantuan dari warna lain untuk mempresentasikan identitas yang akan disampaikan pada audiens.

10. Warna Emas

Warna emas memanglah warna yang jarang tampil, akan tetapi warna emas memiliki arti kemakmuran, kesusesan, kebahagiaan, kemegahan. Warna Emas selalu disangkutpautkan dengan komoditas emas yang selalu dicari orang untuk dibeli. Biasanya warna emas digunakan untuk kebutuhan undangan perkawinan yang memberikan makna kebahagiaan.

Baca juga: 9 Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang Sering Digunakan

11. Warna Tosca

Warna Toscca atau yang biasa disebut dengan turquoise adalah sebuah warna yang memiliki sifat stabil, tenang, dan keseimbangan dalam emosi. Warna ini sering digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan produtivitas. Warna ini cocok bagi individu yang bekerja banyak hal dalam suatu waktu “multitasking

12. Warna Magenta

Dari sudut pandang percetakan, warna magenta adalah satu standard warna yang digunakan dalam mencetak. ketika berbicara tentang psikologi warna dalam desain, warna magenta memiliki arti sebuah keseimbangan pada sebuah kekuatan. Selain itu warna Magenta juga menjadi simbol warna perubahan yang positif pada seseorang.

13. Kombinasi Warna

Kombinasi warna biasa digunakan untuk menyimnolkan kesan kesenangan, otorias, multi disiplin dan kemudahan. Psikologi warna dalam desain sering digunakan untuk menciptakan kesan lebih ceria. Kombinasi warna biasa memiliki fleksibelitas yang tinggi dan penggunaan kombinasi warna sering digunakan untuk perusahaan jasa internet atau software.

Demikian 13 pengertian psikologi warna dalam desain grafis yang harus anda ketahui sebelum menentukan warna yang akan anda gunakan. Jadi, mau pilih warna yang mana? Semua warna memiliki arti, sesuaikan dengan kondisi dari perusahaan Anda.

Exit mobile version