Apa Itu Percetakan?

Proses percetakan offset

Sering mendengar mengenai percetakan? Tapi apakah Anda mengetahui sebenarnya apa itu percetakan? Percetakan adalah suatu keahlian khusus yang dimiliki oleh beberapa orang untuk membuat salinan dari sebuah tulisan atau gambar lewat media yang memiliki permukaan datar dengan menggunakan sebuah mesin cetak. Dibutuhkannya percetakan dalam kehidupan setiap harinya membuat bisnis percetakan saat ini banyak diminati kebanyakan orang.

Proses percetakan sangat cepat dalam hitungan menit saja sudah jadi. Bergantung pada seberapa banyak bahan yang akan dicetak. Dalam prosesnya kebanyakan percetakan menggunakan tinta sebagai bahan utamanya. Media yang biasa digunakan dalam percetakan berupa kertas dan kain. Berbagai jenis projek yang dapat dicetak di digital printing dan percetakan offset seperti cetak kartu nama, agenda, spanduk, x banner, y banner, undangan pernikahan, sertifikat, ncr, stiker, souvenir, tas, dan lainnya. Peran percetakan dalam perkembangan sebuah negara sangatlah penting. Melalui percetakan orang akan mendapat informasi dan wawasan yang sangat luas.

Baca juga: Pengertian Digital Printing & Kelebihannya Untuk Percetakan

Peran Percetakan Dalam Berbagai Macam Bidang

Proses cetak offset

Percetakan menghasilkan sangat banyak produk dari surat kabar, buku, majalah, spanduk, kalender, surat undangan, booklet dan lainnya. Hal ini membuat bisnis percetakan cepat sekali diminati banyak orang. Dengan kebutuhan setiap orang, kelompok, bisnis maupun pemerintahan yang membutuhkan banyak salinan dokumen membuat bisnis percetakan menuai untung besar.

Dalam bidang pendidikan peran percetakan sangat dibutuhkan. Sejak abad ke-14 percetakan menjadi sebuah alat komunikasi massa yang sangat dibutuhkan. Lewat percetakan ilmu pengetahuan sampai pada anak-anak karena media yang digunakan dalam proses belajar mengajar mulai menggunakan media kertas dari buku tulis, buku paket, referensi, skripsi, tesis dan lainnya.

Baca juga: 17 Jenis Kertas yang Sering Digunakan Pada Percetakan

Dalam dunia bisnis percetakan menjadi sangat laris. Dengan omset yang besar dan harga percetakan yang terjangkau memungkinkan orang menuai keuntungan yang besar bergantung pada kreativitas kita. Undangan pernikahan misalnya ketika membuat undangan, maka tidak hanya asal cetak saja. Untuk mendukung kualitasnya desain yang bagus dan menarik bisa lebih menarik pelanggan.

Saat Anda berminat membuka bisnis percetakan, kemampuan dalam bidang teknologi terutama desain sangat membantu dalam menjalankan bisnis. Kemampuan tersebut jarang didapatkan di lembaga pendidikan karena melalui usaha keras dan minat yang besarlah keahlian ini bisa didapatkan.

Dalam menghasilkan sebuah produk percetakan melalui beberapa tahapan yang perlu Anda perhatikan antara lain :

  1. Typesetting yaitu tahapan pertama dalam proses percetakan dimana data salinan (gambar atau tulisan) disesuaikan dengan corak aslinya. Saat ini dengan kemajuan teknologi, proses ini menggunkan bantuan komputer sehingga sering disebut Digital Printing.
  2. Image Assembly atau sering juga disebut pengaturan gambar.
  3. Platemaking yaitu pembuatan plat gambar yang nantinya akan dicetak.
  4. Printing Presses yaitu sebuah mesin pencetak dimana plat yang telah dibuat akan dicetak dalam media yang dibutuhkan.
  5. Penjilidan adalah proses akhir dalam tahapan percetakan. Hasil akhir akan dirapihkan dan dikelompokkan sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: Apa Itu Offset Printing?

Dalam membuka usaha percetakan, yang dibutuhkan adalah usaha keras, ketelitian dan kekreatifan yang besar. Usaha percetakan bisa sukses dengan pengiklanan lewat media sosial, brosur, spanduk maupun selebaran. Ingin tahu lebih mengenai percetakan? silahkan kunjungi link Sejarah Percetakan yang dapat membuat Anda memahami seluk beluk percetakan di Indonesia. Solusi Printing selalu terus berkembang menjadi perusahaan percetakan terbaik di masa sekarang ini. Sekian penjelasan mengenai apa itu percetakan yang perlu Anda ketahui.

Exit mobile version