3 Fungsi Mesin Laser Cutting, Penting Untuk Bisnis Percetakan!

3 Fungsi Mesin Laser Cutting, Penting Untuk Bisnis Percetakan!

Tidak banyak orang yang tahu apa yang dimaksud dengan mesin laser cutting. Bahkan kalaupun sudah tahu, mungkin banyak yang belum tahu apa fungsi mesin laser cutting. Dengan adanya laser cutting, pemotongan material yang dahulu dilakukan secara manual bisa dilakukan secara cepat dan minim kesalahan. Tidak heran, keberadaan mesin laser cutting memberikan kemudahan tersendiri bagi para pelaku industri percetakan yang membutuhkan prosedur cutting.

Penasaran apa saja fungsi mesin cutting laser ini? Yuk, pelajari lebih lanjut di artikel berikut!

Baca juga: Jenis Mesin Percetakan Offset Dan Percetakan Digital

Pengertian Mesin Laser Cutting

Apa, sih, yang dimaksud dengan mesin laser cutting? Sesuai dengan namanya, mesin laser cutting adalah mesin yang digunakan untuk memotong suatu material dengan menggunakan bantuan sinar laser.

Material yang dipotong bisa berupa material metal maupun non-metal. Beberapa contoh material metal contohnya seperti aluminium, baja, besi, dan stainless steel. Di sisi lain, contoh bahan non-metal yaitu akrilik, plastik, kulit sintetis, karet, kayu, dsb.

Kegunaan Mesin Laser Cutting

Industri apa saja yang membutuhkan mesin laser cutting? Mesin laser cutting ini bisa digunakan untuk berbagai macam pembuatan produk percetakan. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Pembuatan pagar, fasad, maupun partisi ruangan di industri desain eksterior/interior.
  2. Pembuatan pola kain serta memotong kain di industri fesyen (fashion).
  3. Pembuatan papan nama (signboard), sign room, neon box, dsb.
  4. Pemotongan material metal serta untuk membentuk beberapa bagian dari bodi kendaraan di industri alat transportasi.
  5. Pembuatan barang-barang merchandise, seperti misalnya gantungan kunci, gelang, dsb.

3 Fungsi Mesin Laser Cutting, Bisa Dijadikan Bisnis Loh!

Mesin laser cutting adalah mesin berteknologi tinggi yang memungkinkan pengerjaan berbagai kebutuhan industri menggunakan satu jenis mesin saja. Tidak heran, mesin ini sangat berguna untuk menopang proses produksi di berbagai industri.

Ada tiga fungsi mesin cutting laser, yaitu:

  1. Cutting/punching/perforating (memotong, melubangi, memotong putus-putus)
  2. Marking
  3. Engraving

Penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing fungsi adalah sebagai berikut.

1. Cutting/punching/perforating

Sesuai dengan nama mesin, fungsi mesin laser cutting jelas memiliki fungsi untuk memotong bahan (cutting). Akan tetapi, fungsinya tidak terbatas pada sekadar memotong material saja. Mesin sinar laser ini dapat Anda gunakan untuk melubangi (punching), memotong putus-putus (perforating), maupun menghancurkan suatu bagian tertentu sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Perbedaan Die Cut Dan Kiss cut & Printable Cutting Stiker

2. Marking

Fungsi mesin laser selanjutnya adalah marking. Meski dalam bahasa Indonesia ‘marking’ memiliki arti ‘menandai’, fungsi mesin cutting laser tidak sebatas untuk memberikan tanda di atas suatu material semata. Dengan sinar laser, Anda bisa memberikan goresan pada material tanpa ada kontak antara material dengan alat.

Biasanya, proses marking dengan menggunakan mesin laser cutting digunakan untuk memberikan tulisan di atas suatu material—baik material metal maupun non-metal. Dengan mesin ini, pencetakan tulisan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hasil yang kamu dapatkan pun juga konsisten dan presisi seperti desainnya.

3. Engraving

Mesin laser juga bisa digunakan untuk membuat goresan maupun ukiran di berbagai jenis material. Bentuk ukiran yang bisa kamu buat dengan menggunakan mesin ini biasanya dibuat menggunakan suatu program komputer tertentu.

Tidak hanya bentuk ukiran saja, kedalaman ukiran/pahatan pun juga bisa kamu atur dengan menggunakan mesin ini. Meski begitu, kekuatan sinar laser akan menentukan seberapa dalam kedalaman ukiran yang bisa dilakukan. Semakin kuat kekuatan sinar laser, maka semakin dalam juga ukiran yang bisa dibuat.

Jika dibandingkan dengan proses cutting dan marking, proses engraving akan memakan waktu lebih lama. Sebab, mesin akan bekerja lebih keras untuk memastikan detail dan presisi hasil ukiran/pahatan.

Material yang Bisa Digunakan

Mesin laser cutting merupakan mesin yang bisa digunakan untuk memotong material metal maupun non-metal. Berikut adalah material-material yang bisa dipotong, ditandai, dan diukir (engrave) menggunakan mesin laser cutting.

  1. Baja
  2. Aluminium
  3. Besi
  4. Stainless steel
  5. Kayu
  6. Kulit
  7. Batu sabak
  8. Alvaboard
  9. Kaca
  10. Marmer
  11. WPC
  12. MDF
  13. Gravoply
  14. Kertas
  15. Kain
  16. Triplek
  17. Granit
  18. Akrilik
  19. Cermin

Keunggulan Menggunakan Mesin Laser Cutting

Ada beberapa keunggulan menggunakan mesin laser cutting dibandingkan menggunakan teknik pemotongan lainya, yaitu:

  1. Pemotongan dengan mesin laser cutting tergolong cepat – Mesin laser cutting menggunakan teknologi tinggi sehingga proses pengerjaannya bisa lebih cepat. Tak hanya cepat, kualitas hasil potongnya pun bagus. 

    Dengan kecepatan potong yang baik dan kualitas hasil yang baik, tak heran banyak pelaku industri semakin banyak yang menggunakan mesin ini. Ini memungkinkan proses produksi yang lebih hemat waktu.
  1. Bisa memproses berbagai material – Anda bisa melakukan pemotongan berbagai macam material—baik metal maupun non-metal. Karena alasan inilah, mesin laser cutting bisa digunakan di berbagai jenis industri.
  1. Bisa mengerjakan desain-desain yang rumit – Dengan teknologi yang tinggi, mesin laser cutting bisa digunakan untuk melakukan pemotongan desain-desain yang rumit. Anda cukup memasukkan jenis desain ke dalam sistem yang terhubung dengan mesin, lalu biarkan mesin melakukan pemotongan sesuai dengan desain. 
  1. Hasil akhir lebih presisi menyerupai desain – Karena menggunakan program komputer, proses pemotongan material bisa jadi lebih presisi sesuai dengan desain. Kepresisian ini bisa Anda lihat tidak hanya di satu jenis material saja. Cutting material apa pun, hasil yang terlihat tetap akan presisi dan rapi. 

Saya Tertarik Dengan Mesin Ini! Belinya Dimana?

Untuk membeli mesin laser cutting, Andabisa membelinya di distributor mesin percetakan yang ada di Indonesia. Beberapa contohnya adalah:

Masing-masing mesin laser cutting memiliki spesifikasi yang berbeda. Dua komponen yang utama dan mungkin perlu Anda perhatikan dengan lebih cermat adalah kekuatan sinar laser serta luas area kerja. Semakin kuat kekuatan sinar laser, maka mesin laser cutting bisa digunakan untuk membuat cutting dengan ketebalan yang lebih dalam lagi.

Kekuatan sinar laser mesin laser cutting yang tersedia pasaran adalah sekitar 40-150 watt. Meski demikian ada juga mesin laser cutting yang memiliki daya lebih besar. Di sisi lain, perhatikan juga luas area kerja pada mesin laser cutting tersebut. Biasanya, semakin besar kekuatan sinar laser, semakin luas juga area kerja yang disediakan. Beberapa contoh ukuran luas area kerja yang tersedia antara lain:

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu fungsi mesin laser cutting, kegunaan, keunggulan, serta informasi-informasi lain yang terkait dengan mesin tersebut. 

Sebagai simpulan, Anda bisa menggunakan mesin laser cutting untuk memotong, mengukir, atau menandai material sesuai dengan desain yang ingin dibuat. Proses pengerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan hasilnya pun bisa lebih presisi.Ingin memperluas ilmu seputar industri printing? Yuk, kunjungi web Solusi Printing! Anda bisa memanfaatkan berbagai informasi yang disajikan untuk mendapatkan insight demi kemajuan bisnis digital printing.

Exit mobile version