Pakai Printer Murah, YouTuber ini Sukses Bisnis Cetak Stiker

Anda menyukai artwork dan ingin memulai usaha kecil-kecilan? Di samping menghasilkan produk digital yang, Anda juga dapat membuat produk fisik yang tak kalah menarik. Salah satunya ada bisnis cetak stiker.

Hal ini pula yang dilakukan oleh seorang YouTuber Linh Truong . Melalui platform berbagi video ini, dia menceritakan bagaimana proses dirinya memulai usaha cetak stiker dengan printer yang tidak terlalu mahal. Kalau Anda juga tertarik dengan ide bisnis yang satu ini, berikut adalah hal-hal penting dalam mencetak stiker seperti yang dilakukan oleh Linh Truong.

1. Artwork 

Langkah pertama dalam menyiapkan produk ini adalah membuat desain stiker.  Setiap artist mempunyai karakternya masing-masing. Di zaman sekarang pun, keunikan tiap artist menjadi keunikan yang mendorong nilai jualnya. Oleh karena itu, demi menjaga keaslian dan ciri khas produk, buatlah sendiri desain stiker sesuai gaya yang Anda miliki. 

Ada banyak aplikasi untuk membuat desain artwork yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah Procreate yang sering digunakan oleh desainer grafis atau ilustrator, mulai tingkat pemula hingga profesional. Software ini memiliki tools dan fitur yang cukup lengkap, user interface yang friendly, responsivitas tinggi, dan penyimpanan secara otomatis (tersedia pula opsi format full HD).

Baca juga: 12 Jenis Software Desain Grafis Terbaik Untuk Desainer

Sayangnya, aplikasi ini memang hanya tersedia di iPad. Selain itu, Anda perlu membayar sebesar 10 USD untuk dapat menggunakan Procreate.

Walau begitu, jangan berkecil hati. Alternatif selain Procreate tak kalah banyak—termasuk untuk pengguna Windows dan Android. Concepts misalnya, merupakan aplikasi desain berbasis vektor yang awalnya hanya ada di iOS, tetapi kini telah tersedia untuk versi Windows dan Android.

Selain itu, ada pula Adobe Photoshop Sketch, Autodesk SketchBook, Adobe Fresco, Krita, Tayasui Sketches, dan sederet lainnya. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, gambar yang Anda hasilkan dan apa yang akan tercetak nantinya sangat mungkin berbeda terutama dari segi warna. Pastikan Anda melakukan pengaturan color profile CMYK untuk meminimalkan terlalu signifikannya perubahan warna yang akan terjadi.

2. Mesin untuk Memulai Bisnis Cetak Stiker

Linh Truong menggunakan tiga mesin untuk mencetak stiker buatannya. Berita baiknya, Anda dapat menemukan dengan mudah perlengkapan ini di Indonesia. 

Total harganya pun bervariasi sesuai toko yang Anda pilih, tetapi kisaran total bujet yang perlu Anda persiapkan adalah sekitar 5-7 juta rupiah. Namun tentu saja, harga ini juga dapat berbeda jika Anda menginginkan merek yang berbeda atau membeli kondisi second yang dibanderol dengan harga lebih murah.

A. Printer

Mesin pertama yang digunakan adalah printer. Linh Truong menggunakan Canon Pixma i6820 (Printer bisa menggunakan tipe dan merek yang berbeda sesuai dengan trend saat itu).

Anda memerlukan printer untuk mencetak stiker yang telah didesain. Selain mengatur format warna, Anda juga perlu memperhatikan jenis kertas stiker yang digunakan. Tiap kertas mempunyai karakter seperti daya serap yang berbeda. Untuk itu, pahami profil bahan-bahan yang Anda pakai agar hasilnya sesuai harapan.

B. Cutting Plotter

Mesin kedua adalah cutting plotter. Di antara ketiga mesin yang digunakan, cutting plotter adalah perangkat yang harganya paling mahal. Adapun cutting plotter yang digunakan adalah Silhouette Portrait 3

Mesin ini berfungsi untuk memotong desain stiker hasil cetakan printer sesuai pola tertentu yang dibuat. Cutting plotter akan jauh mempermudah dan meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga Anda dibandingkan harus memotong stiker satu per satu sesuai pola. 

Anda perlu memperhatikan dengan saksama dan detail pola yang dibuat. Pastikan Anda benar-benar telah membuat kalkulasi dengan presisi karena mesin ini bekerja dengan sangat detail. Jika salah hitungan, bisa-bisa berlembar-lembar stiker hasil printer jadi sia-sia.

C. Manual Cutting Machine

Mesin ketiga adalah manual cutting machine. Mesin ini sama dengan pemotong kertas pada umumnya. Linh Truong menggunakan Swingline Paper Trimmer. Anda bisa menggunakan pemotong ini untuk memotong stiker dengan pola yang tidak rumit dengan lebih cepat. Daripada harus menggunakan gunting yang kerap membuat jari-jari kram, mesin ini akan memudahkan pemotongan stiker dalam jumlah banyak sekalipun dalam waktu jauh lebih singkat.

3. Produksi

Selain mesin, Anda juga memerlukan bahan-bahan lainnya untuk mulai memproduksi stiker. Persiapkan tinta dengan kualitas terbaik dan juga kertas stiker. Umumnya, kertas stiker vinyl lebih banyak digunakan karena sifatnya yang lebih versatile. Namun, Anda juga bisa menggunakan kertas stiker yang matte. Sesuaikan saja jenis kertas dengan produk stiker yang Anda hasilkan. Biasanya, pemilihan ini juga dilakukan berdasarkan jenis stiker yang akan dibuat.

4. Promosi

Tidak ada bisnis tanpa promosi. Pun demikian dengan bisnis cetak stiker. Setelah produknya tersedia, kini saatnya Anda melakukan promosi. Pilihlah platform yang paling tepat untuk mempromosikan stiker Anda. Gunakan berbagai e-commerce yang paling relevan seperti Etsy. Pasalnya, Etsy sendiri merupakan marketplace yang memang dibuat untuk menjual berbagai produk buatan tangan.

Namun, tak ada salahnya Anda menjual stiker di berbagai platform lainnya. Instagram misalnya, merupakan media sosial yang tak kalah bagus untuk melakukan promosi. Lagipula, di masa sekarang, hampir semua orang menggunakan Instagram dan mengaksesnya sehari-hari.

Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat promosi di platform digital antara lain sebagai berikut.

5. Packaging

Hal terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah packaging. Elemen satu ini sepintas terlihat tidak krusial, tetapi ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap impresi produk maupun bisnis.

Packaging yang rapi sudah pasti menjadi syarat mutlak. Namun, Anda juga bisa menambahkan sentuhan lainnya yang menggambarkan karakter bisnis Anda. Seperti misal, gunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti kertas daur ulang sebagai pembungkusnya alih-alih plastik. Jika memungkinkan, buatlah packaging dengan bentuk yang unik agar meningkatkan keunikan.

Tak lupa, tambahkan ucapan terima kasih yang juga memuat informasi tentang bisnis Anda. Ada banyak contoh di internet yang bisa Anda jadikan referensi, tetapi pastikan Anda juga andil dalam membuat kalimatnya sehingga terasa lebih personal.Nah, itulah hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk membuat bisnis cetak stiker. Tertarik mencoba?

Exit mobile version