Sebelum Cetak Brosur, Kenali 3 Jenis dan Ukuran Brosur Ini!

Penting mengetahui berbagai macam jenis dan ukuran brosur yang dapat Anda cetak nanti. Media iklan yang sering digunakan untuk promosi yaitu brosur. Media ini bukan hanya untuk promosi sebuah barang, namun bisa juga untuk mempromosikan jasa. Strategi marketing ini kebanyakan dilakukan oleh pengusaha baru yang sedang launching produk sehingga orang tahu mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.

Baik perusahaan besar atau perusahaan kecil, banyak menggunakan selebaran atau brosur dalam strategi marketing mereka. Strategi ini terbilang cukup efisien, sebab pelaku bisnis akan terjun langsung memberi informasi kepada target pasar. Jika sudah begini maka calon konsumen akan merasa tertarik dengan promosi yang tercantum pada brosur.

Seiring berjalannya waktu ada banyak jenis dan ukuran brosur yang ditawarkan. Jadi dalam memilih ukuran brosur harus lebih cermat dan tepat sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentunya agar semuanya bisa sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Bahkan brosur juga banyak digunakan tidak hanya untuk bisnis saja.

Ada beberapa jenis dan ukuran brosur yang biasa digunakan oleh sekolah atau universitas, bertujuan untuk memperkenalkan dan menjadi daya tarik bagi siswa atau mahasiswa baru. brosur dapat disebar pada akhir semester atau pada waktu tertentu.

Baca juga: Mengenal Brosur Flyer Pamflet Leaflet Booklet Dan Katalog

Kelebihan Brosur sebagai Media Promosi dan Iklan

Ukuran brosur A4 Lipat 3

Berikut ini kelebihan brosur sebagai media promosi dan iklan suatu produk dan jasa perusahaan Anda.

Baca juga: Ga Mengecewakan! Nih, 11 Media Promosi Cetak Terbaik!

1. Target Pasar Yang Spesifik – Salah satu keunggulan dalam memberikan sebuah brosur adalah Anda bisa menempatkan diberbagai tempat yang strategis yang sesuai dengan target pasar perusahaan. Untuk itu, sebuah brosur harus di desain dengan baik sehingga bisa menyampaikan pesan pesan penting yang bisa menarik pelanggan. Untuk mendapatkan attensi pelanggan yang lewat, barang promosi juga bisa dijadikan opsi untuk diberikan bersama dengan brosur.

2. Harga Yang Ekonomis – Harga yang murah adalah sebuah alasan kenapa masih banyak perusahaan sering mencetak brosur untuk kebutuhan branding dan promosi. Mencetak brosur bisa dilakukan dengan mesin offset (untuk kuantitas yang besar) ayau dengan menggunakan digital offset (untuk kuantitas yang kecil). Kebutuhan akan brosur bisa disesuaikan dengan kebutuhan kantor, sehingga Anda bisa mengeluarkan biaya minim.

Baca juga: Pengertian Digital Printing & Kelebihannya Untuk Percetakan

3. Kepercayaan Pelanggan -Kualitas sebuah brosur memberikan sebuah pesan kepada pelanggan akan seberapa seriusnya perusahaan anda dalam berbisnis. Oleh karena itu sebuah brosur yang didesain dengan baik akan menentukan sebuah keputusan beli.

4. Personalisasi Tujuan Dan Target Promosi – Setiap promosi pasti memiliki tujuan dan tema yang berbeda beda. File desain brosur yang dicetak di percetakan offset bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap promosi yang nantinya akan didistribusikan di tempat yang berbeda dengan tujuan dan jenis promosi yang berbeda juga.

5. Informasi Dalam brosur Yang Bervariasi – Brosur bisa menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan mulai dari informasi perusahaan, informasi produk dan jasa, cara penggunaan barang, spesifikasi, sampai dengan informasi diskon. Untuk mengetahui seberapa suksesnya brosur Anda, bisa ditambahkan kode brosur atau referral code sehingga ketika pelanggan datang untuk membeli baik itu online atau datang ke toko, Anda bisa menghitung jumlah orang yang membeli dengan melihat brosur tersebut.

Ragam Jenis dan Ukuran Brosur

Ukuran Brsur A5 Lipat 2

Kelebihan-kelebihan dari brosur di atas bisa mempermudah perusahaan dalam menyampaikan informasi kepada konsumen untuk sebuah produk atau jasa dari perusahaan. Oleh karena itu buat sebuah brosur yang mencakup seluruh informasi yang dibutuhkan terutama data nomor telepon yang dapat dihubungi.

Apakah anda ingin membuat sebuah brosur? Sebelum itu anda harus tahu jenis kertas dan ukuran brosur dengan begitu bisa sesuai kebutuhan. Berikut jenis dan ukuran brosur yang perlu dipelajari sebelum mencetaknya:

Baca juga: Kreatif Banget, Begini Caranya Membuat Kertas Daur Ulang!

1. Brosur Tanpa Lipatan
Brosur tanpa lipatan bisa di kenal dengan nama flyer, dimana brosur tidak memiliki lipatan dan ukuran yang banyak digunakan oleh pengusaha yaitu A5 ( 14.8 cm x 21 cm), A4 dan DL (1/4 kertas kuarto). Brosur jenis ini bisa digunakan untuk media promosi dengan memberi informasi singkat. Bilamana ingin membuat informasi sedikit lebih panjang, bisa juga menggunakan kertas A4 ukuran 21 cm x 29.7 cm.

2. Brosur 2 Lipatan
Brosur 2 lipatan umumnya menggunakan kertas A4 dengan ukuran 21 cm x 29.7 cm. Kertas akan dilipat 2 dengan begitu ada 4 halaman depan dan belakang. brosur jenis ini biasa digunakan untuk promosi yang lebih banyak menampilkan gambar atau memiliki gambar yang jauh lebih besar.

3. Brosur 3 Lipatan
Jenis dan ukuran brosur terakhir dengan 3 lipatan menjadi brosur yang populer dan paling banyak digunakan untuk promosi barang atau jasa. Kertas yang di pakai untuk membuat brosur 3 lipatan yaitu A4 ukuran 21 cm x 29.7 cm dimana kertas akan di lipat menjadi 3 bagian sehingga brosur akan memiliki 6 halaman depan dan belakang. Jika ingin membuat sebuah brosur yang memiliki banyak gambar dan foto atau brosur yang memiliki banyak materi yang harus disampaikan. Brosur 3 lipatan ini sangat cocok menjadi pilihan anda demi memenuhi kebutuhan.

Ukuran Brosur lipat 3

Kertas yang dipakai untuk membuat brosur 3 lipatan bukan hanya kertas A4, namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Salah satu kertas yang banyak dipakai selain A4 adalah A5 dengan melakukan penyesuaian dengan kertas. Demikian beberapa jenis dan ukuran brosur yang bisa menjadi bahan referensi dalam membuatnya sehingga bisa sesuai kebutuhan dan budget yang disediakan. Jika sudah sesuai maka Anda dapat mencetak brosur tanpa rasa takut jika salah. Sekian penjelasan mengenai berbagai macam jenis dan ukuran brosur untuk promosi bisnis Anda.

Baca juga: Keliatan Murahan Simak Nih 11 Tips Desain Brosur Yang Jitu

Itulah informasi seputar jenis dan ukuran brosur yang tentu menjadi standard di percetakan offset di Indonesia. Pastikan untuk merencanakan tema desain yang menarik sehinga calon pelanggan yang mengambil brosur tertarik untuk menyimak pesan yang diberikan. Semoga artikel ini memberikan sebuah solusi percetakan yang dapat digunakan untuk kebutuhan branding dan promosi perusahaan Anda.

Exit mobile version