Apa Itu Perforator? Simak Pengertian dan Fungsinya Disini!

Apa Itu Perforator Simak Pengertian dan Fungsinya Disini!

Anda mungkin menyebut alat ini dengan berbagai nama mulai dari pelubang kertas, penggerek, plong kertas, dan lain-lain. Namun, alat yang akan dibahas di sini sebenarnya memiliki nama khusus yaitu perforator.

Perforator sebenarnya sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan organisasi, kantor, sekolah, dan sejenisnya. Meskipun demikian, alat ini ternyata juga sangat penting dalam bisnis percetakan.

Artikel ini akan mengajak Anda memahami lebih jauh pengertian perforator dan fungsinya.

Yuk, Kita Kupas Apa Itu Perforator!

Perforator merupakan sebuah alat yang umumnya terbuat dari besi dan berfungsi untuk membuat lubang secara rapi pada kertas. Cara kerjanya hampir mirip dengan stapler, yaitu dengan menjepit kertas di antara celah besi, kemudian menekan alat tersebut.

Meskipun umumnya digunakan untuk membuat lubang pada kertas, perforator ternyata juga bisa membuat lubang pada bahan lainnya juga. Beberapa contohnya adalah kulit, karton, dan lain-lain.

Alat pelubang ini sangat tajam dan bisa menghasilkan lubang yang rapi dan sejajar. Anda bisa menemukan alat ini di berbagai toko peralatan kantor atau alat tulis.  Biasanya, alat ini merupakan salah satu peralatan standar di kantor dan sangat penting untuk keperluan pengarsipan dokumen cetak.

Baca juga: 15 Jenis Peralatan Kearsipan, Penjelasan & Fungsinya

Apa Sajakah Fungsi Perforator Itu?

Anda tentu sudah tahu bahwa fungsi utama perforator memang untuk melubangi kertas. Namun karena perforator memiliki berbagai jenis, maka fungsinya juga berbeda. Berikut ini beberapa fungsi perforator secara lebih spesifik.

  1. Perforator lubang satu – Ukurannya cenderung lebih kecil karena fungsinya memang hanya untuk membuat satu lubang. Karena itulah, perforator jenis ini umumnya hanya digunakan untuk membuat lubang pada kertas berukuran kecil seperti kartu perpustakaan, kartu identitas siswa, dan lain-lain.
  1. Perforator lubang dua – Perforator lubang dua menghaslkan dua lubang sejajar. Biasanya alat ini digunakan untuk melubangi kertas yang akan disimpan di dalam map Snelhecter, yaitu sebuah map dari plastik atau kertas dengan besi penjepit di bagian tengah. Fungsinya adalah untuk menjepit kertas yang sudah dilubangi tersebut.

    Karena fungsinya, perforator lubang dua paling umum digunakan di kantor. Pasalnya, alat ini sangat penting untuk membantu pengarsipan dokumen penting organisasi atau kantor. 
  1. Perforator lubang tiga atau lima – Karena jumlah lubangnya yang lebih banyak, perforator lubang tiga atau lima umumnya digunakan untuk membat lubang di kertas yang panjang. Karena jumlah lubang yang lebih banyak, biasanya kertas yang dilubang tersebut akan disimpan di dalam ring binder yang memiliki penjepit lebih banyak.

Cara Menggunakan Perforator yang Benar

Alat Arsip Perforator

Sekarang Anda sudah tahu pengertian perforator dan fungsinya. Sedangkan cara menggunakannya sebenarnya juga tidak sulit bahkan jika Anda baru pertama kali meggunakannya. 

Pertama, Anda harus perlu memastikan bahwa alat sudah terpasang di meja dengan benar. Jika Anda menggunakan yang portable atau berukuran lebih kecil, pastikan alat tersebut berada di tempat yang aman dan stabil.

Sebelum melubangi kertas, pastikan tuas sudah terbuka sepenuhnya, kemudian selipkan kertas yang akan dilubangi dengan benar di bawah tuas. Selanjutya tekan tuas dengan kuat untuk melubangi kertas. 

Kemudian, buka kembali tuas dan keluarkan kertas yang sudah dilubangi dan bersihkan perforator dari sisa kertas. Berhati-hatilah ketika membersihkan karena mata pisau perforator cukup tajam dan bisa melukai tangan Anda.

5 Jenis Perforator yang Kamu Harus Tahu!

Ada beragam jenis perforator dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini 5 jens perforator yang harus Anda ketahui:

1. Perforator satu lubang

Perforator ini hanya memiliki satu buah lubang saja. Biasanya, alat ini digunakan untuk melubangi tiket, kartu kecil, dan kartu lain yang memang hanya membutuhkan satu lubang saja.

2. Perforator dua lubang

Alat ini menghasilkan dua lubang sejajar dengan ukuran yang sama dan jarak tertentu. Biasanya, alat ini digunakan untuk melubangi kertas dokumen agar mudah disimpan di dalam map Snelchter.

3. Perforator mata ayam

Perforator mata ayam atau eyelet perforator digunakan untuk mebuat lubang khusus untuk memasang mata ayam atau eyelet. Mata ayam in digunakan untuk menyatukan beberapa kertas agar rapi. 

Alat ini umumnya memilik tus yang tebal dan kuat. Pasalnya, alat ini umumnya digunakan untuk melubangi bahan tebal seperti kulit, karton, dan beberapa lembar kertas. 

4. Perforator enam lubang

Sesuai dengan namanya, perforator jenis ini memiliki enam lubang sejajar. Karena bisa membuat enam sekaligus dengan ukuran dan jarak yang sama, alat ini biasa digunakan untuk melubangi kertas yang akan dipasang di binder ring.

Baca juga: 28 Jenis Kertas Percetakan yang Paling Sering Digunakan

5. Perforator multiple

Berbeda dengan perforator lain yang sudah disebutkan, alat ini bisa membuat lubang dengan jumlah yang jauh lebih banyak yaitu hinga 24 lubang. Karena ukurannya yang besar, biasnya alat ini digunakan untuk melubangi kertas besar yang akan dibuat menjadi buku mengunakan jilid spiral.

Nah, itulah tadi berbagai serba-serbi tentang pengertian perforator dan fungsinya. Alat in bisa sangat bermanfaat jika Anda memiliki banyak hasil cetakan yang ingin disimpan menjadi satu agar rapi dan tidak mudah berceceran 

Jika Anda ingin solusi yang lebih mudah, manfaatkan saja informasi percetakan dan desain grafis dari solusiprinting.com. Anda bisa mencetak berbagai jenis buku dengan hasil cetakan dan desain yang berkualitas tinggi. Jadi Anda tidak perlu mencetak sendiri atau bahkan melubanginya sendiri dengan perforator hingga menjadi buku yang siap digunakan. 

Exit mobile version