Peluang Usaha Paper Bag Modal Kecil Untung Selangit

Kesadaran untuk menjaga lingkungan berdampak pada semakin banyaknya penggunaan Paper Bag. Tas berbahan kertas ini diharapkan dapat menjadi pengganti plastik yang limbahnya sudah begitu mewabah.

Dilihat secara kasat mata, Paper Bag juga terlihat lebih keren dibandingkan dengan tas plastik. Oleh karena itulah sejumlah toko menjadikan Paper Bag ini sebagai wadah ketika konsumen melakukan pembelian produk.

Dengan menenteng Paper Bag, image produk pun akan terjaga sehingga tidak berkesan sebagai produk murahan. Seringnya, Paper Bag ini digunakan sebagai wadah produk smartphone, kosmetik, optik, baju, hingga tas dan sepatu.

Meningkatnya penggunaan tas jenis ini turut membuat peluang usaha Paper Bag bertambah manis. Banyak konsumen yang membutuhkan produksi Paper Bag custom yang dapat dicetak dengan brand atau logo pesanan konsumen. Ini peluang besar yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menjajal peluang usaha Paper Bag.

Beberapa keuntungan menjalankan bisnis ini, antara lain:

Kalau Anda berkeinginan menjalankan bisnis pembuatan Paper Bag, berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Sediakan Bahan dan Peralatan

Secara umum, bahan yang diperlukan untuk membuat Paper Bag adalah kertas kraft, lem kertas, ring logam mata ayam, kertas karton, dan tali koor. Adapun peralatan yang dibutuhkan meliputi alat pembuat lubang, gunting kertas, dan mesin pemotong kertas.

Bahan maupun peralatan pembuat Paper Bag ini relatif mudah untuk didapatkan di sekitar kita. Jika Anda merasa kesulitan untuk menemukan toko terdekat yang menjual bahan Paper Bag ini, Anda pun dapat mencoba mencarinya secara online.

Baca juga: 17 Jenis Kertas yang Sering Digunakan Pada Percetakan

2. Cara Membuat Paper Bag

Ketahui cara pembuatan Paper Bag. Anda bisa menyimak tutorial pembuatan Paper Bag di Youtube maupun dengan meng-Googling-nya.

Secara umum untuk cara membuat Paper Bag ini adalah sebagai berikut:

  1. Buat pola pada kertas bahan Paper Bag sesuai ukuran Paper Bag yang ingin dibuat.
  2. Potong kertas berdasarkan pola rancangan Paper Bag
  3. Tekuk dan sambungkan antar bagian dengan menggunakan lem.
  4. Tambahkan karton pada bagian bawah sebagai dasar Paper Bagagar kuat.
  5. Lubangi pada bagian atas dan pasang ring mata ayam. Selanjutnya tinggal dipasang talinya dan Paper Bag selesai dibuat.

Untuk pembuatan Paper Bag custom diperlukan proses yang lebih panjang, seperti dengan mencetak kertas Paper Bag sesuai desain pesanan yang diinginkan konsumen. Namun, kira-kira seperti di atas tahapan untuk pembuatannya.

3. Paper Bag Berkualitas

Jika ingin terjun menekuni peluang usaha Paper Bag, yang penting diperhatikan adalah kualitas produk. Oleh karena itu, Paper Bag harus kuat, rapi dan memiliki desain yang menarik. Kualitas Paper Bag yang bagus akan membuat banyak orang suka untuk memakainya.

Anda dapat membuat beragam ukuran Paper Bag seperti ukuran 22x15x6 cm, 30x10x20cm atau ukuran standar Paper Bag lainnya.

Tak hanya kertas kraft, Anda pun dapat mencoba memproduksi Paper Bag dengan bahan lainnya seperti kertas art paper, kertas ivory, dan art carton. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kelebihan setiap bahan kertas ini ketika dijadikan Paper Bag.

Baca juga: Fakta Tentang Jenis Kertas Art Carton yang Jarang Orang Tau!

4. Promosi

Usaha yang sukses bertumpu pada gencarnya aktivitas promosi. Setelah Anda yakin akan kualitas produk Anda, lakukan promosi yang gencar. Anda bisa mencoba untuk menawarkan langsung Paper Bag produksi Anda ini ke toko, pebisnis baik secara offline maupun online.

Peluang usaha Paper Bag ini menjanjikan margin keuntungan yang lumayan. Keuntungan yang bisa didapatkan bisa sekitar 50 persen dari modal awal. Jadikan potensi keuntungan itu sebagai motivasi agar Anda makin semangat melakukan promosi penjualan Paper Bag ini.

5. Evaluasi

Yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus selalu melakukan evaluasi atas bisnis Paper Bag yang Anda lakukan ini. Pada sisi apa Anda masih merasa kurang dan harus ditingkatkan. Pelajari juga kesalahan yang terjadi dan upayakan agar tidak terjadi lagi.

Dengan terus berupaya memperbaiki kualitas dan sistem bisnis Paper Bag, sangat mungkin bisnis Anda akan membesar. Anda dapat menjadwalkan evaluasi mingguan, maupun bulanan untuk mengukur performa bisnis ini.

Ya, itulah sekilas informasi mengenai peluang usaha Paper Bag yang begitu menjanjikan. Sobat dapat mencobanya. Siapa tahu dari usaha ini bisa menjadi jalan kesuksesan Anda. Simak beragam informasi terkait percetakan di solusi printing.

Exit mobile version