Bisa Lebih Bagus Dari Cat, Simak Manfaat Wallpaper Dinding Ini!

Bisa Lebih Bagus Dari Cat, Simak Manfaat Wallpaper Dinding Ini!

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik tampilan interior rumah. Salah satunya adalah dengan memilih warna dan corak dinding yang estetik sesuai dengan tema rumahmu. Namun selain dengan cat, saat ini ada acara yang lebih praktis untuk mewarnai dinding, yakni dengan menggunakan wallpaper. Apa itu wallpaper dan apa saja manfaat wallpaper dinding?

Dengan cara pemasangan yang mudah, wallpaper dinding juga sangat mudah ditemukan. Kamu bisa mengaplikasikannya untuk rumah, kafe, restoran bahkan rumah sakit. Untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian dan manfaat wallpaper dinding, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Wallpaper Dinding? 

Jika dilihat dari bahasa, wallpaper adalah selembar kertas yang digunakan untuk menutupi permukaan dinding. Biasanya, wallpaper dijual dalam bentuk rol atau gulungan dengan bagian perekat di belakangnya. Ada juga wallpaper yang tidak disertai perekat melainkan harus dilem dengan menggunakan lem khusus.

Wallpaper dinding tidak hanya dijual dengan berbagai warna dan corak, tapi juga tekstur yang beragam. Selain itu, kamu juga bisa memilih beragam material wallpaper. Beberapa jenis bahan wallpaper dinding yang bisa kamu temukan di pasaran antara lain adalah:

Selain itu, ada juga jenis wallpaper 3D yang terbuat dari material plastik yang tebal. Sama seperti wallpaper biasa, wallpaper 3D juga tersedia dalam berbagai corak dan bentuk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Manfaat Penggunaan Wallpaper Dinding

Gulungan Wallpaper

Sebuah ruangan yang kaya menggabungkan berbagai karakteristik di dalamnya. Tidak hanya warna can corak, pola serta tekstur bisa memperkaya suasana interior hunianmu. Wallpaper adalah cara yang sempurna untuk menghadirkan semuanya tanpa memerlukan banyak elemen tambahan lain.

Wallpaper tidak hanya bermanfaat karena penampilannya yang estetik, tapi juga bisa membuat daya tahan dinding rumah bertambah. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak beberapa manfaat penggunaan wallpaper dinding berikut ini!

1. Kesalahpahaman Umum tentang Wallpaper

Banyak orang yang enggan menggunakan wallpaper karena salah kaprah tentang material satu ini. Beberapa kesalahpahaman umum tentang wallpaper antara lain adalah:

2. Wallpaper Mudah Dibersihkan dan Tahan Lama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, wallpaper itu tahan lama, bisa dibersihkan dan dapat memenuhi kebutuhan gaya dan aplikasi berbeda. Beberapa jenis wallpaper bahkan bisa digunakan dalam waktu lama untuk tempat-tempat dengan mobilitas tinggi seperti ruang bermain anak. Berdasarkan survei, wallpaper yang dijual saat ini bahkan bisa bertahan lima kali lebih lama dibanding cat dalam kondisi penggunaan normal.

Untuk memasang wallpaper, kamu mungkin butuh waktu yang sedikit lebih lama. Tapi sebagian besar wallpaper memiliki masa pakai antara 10 sampai 15 tahun dan ini sangat sebanding dengan waktu pemasangan yang lama. Tidak seperti cat yang akan retak seiring waktu, wallpaper hanya perlu dibersihkan agar terlihat tetap segar. 

3. Mampu Menyembunyikan Ketidaksempurnaan Dinding

Jika ada bagian dinding rumahmu yang berlubang karena bekas paku beton atau ada retakan, wallpaper bisa membantu kamu menutupinya. Cat juga sebenarnya bisa menyamarkan bekas-bekas itu, hanya saja wallpaper bisa menyembunyikan cacat ini dengan lebih baik. Apalagi kalau bagian yang cacat cukup luas. Hanya dengan memasang lembaran wallpaper, semua retak dan lubang bisa tertutup sempurna.

4. Tersedia dalam Beragam Pilihan Warna, Tekstur dan Corak

Ingin menciptakan nuansa yang alami, fun hingga klasik, semua bisa kamu lakukan dengan menggunakan wallpaper. Pilih corak, warna dan tekstur yang kamu inginkan agar sesuai dengan tampilan yang diharapkan.

Itulah beberapa manfaat wallpaper dinding yang perlu kamu ketahui. Jadi, mau memilih menghias dinding dengan wallpaper atau tetap memilih cat?

Exit mobile version