Biasa Dipakai Untuk Prakarya, Ini 5 Kelebihan Kertas Manila!

Kertas Manila

Apakah kamu tau, jika kertas Manila adalah kertas yang memiliki nama mirip dengan nama ibukota negara Filipina? ada alasan lain kertas ini dinamakan Kertas Manila. Pembuatan kertas ini memakai bahan tali rami manila kuno. Asal mula tali jenis ini adalah tali yang sering digunakan di kapal. Bahannya terbuat dari rami manila alias abaca atau musa textilis.

Tanaman ini memang khas Filipina, karena hanya tumbuh di negara tersebut. Makanya, kertas yang terbuat dari bahan ini kemudian juga dinamai dengan Kertas Manila. Singkat kata kertas Manila adalah sebuah kertas yang memiliki permukaan cukup halus dan cukup tebal digunkan untuk kebutuhan kreatif. Apa saja keunggulan dari kertas manila ini? Simak selengkapnya yuk dibawah ini!

Keunggulan Kertas Manila

Varian warna kertas Manila

Kertas Manila adalah sebuah kerts yang memiliki cukup banyak keunggulan. Makanya, banyak yang mencari kertas jenis ini. Selain harganya yang cukup murah, permukaannya cenderung halus dan terbuat dari bahan serat kayu yang dengan semi pemutih. Meskipun kertas ini tidak sekuat kertas asturo, kraft, dan yang lainnya, kertas ini paling cocok dipakai untuk menulis.

Tidak hanya menulis, mencetak huruf, angka, dan gambar di atas Kertas Manila juga memberikan hasil yang bagus dan memuaskan. Pilihan warnanya pun beragam. Makanya, kertas ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan produk percetakan seperti kartu nama, sertifikat, map, dan Kerajinan tangan seperti papercraft.

Makanya, jangan heran bila sekalinya membeli, banyak yang membeli kertas jenis manila dalam jumlah banyak. Biasanya, yang membeli kertas jenis ini dalam jumlah banyak adalah para pebisnis usaha rental fotokopi dan percetakan offset. Mengerjakan desain apa pun di atas kertas ini harus hati-hati, berhubung permukaannya tipis dan rentan. Jangan sampai robek di tengah jalan.

Baca juga: Apa Itu Offset Printing?

Ada juga yang langsung membeli dalam jumlah yang banyak dari penjual. Bahkan, bila stok masih tersisa dan masih dalam kondisi bagus, menjual kertas ini kembali ke pasaran bisa juga dilakukan.

Art Papercraft

Contoh art papercraft

Sebutan lain dari kertas jenis ini adalah kertas BC. Kertas ini juga lazim digunakan anak-anak sekolah dasar dan menengah pertama untuk pelajaran prakarya di kelas. Kertas ini mudah dibentuk sehingga banyak yang tertarik memilihnya sebagai bahan art papercraft mereka.

Seperti apakah art papercraft dari Kertas Manila? Sebenarnya, art papercraft adalah kerajinan tangan berupa membentuk kertas menjadi model tertentu. Jenis kertas ini menjadi pilihan paling ideal, karena mempunyai lima (5) kelebihan, yaitu:

1. Permukaannya tidak bergelombang saat dilem – Jika membuat prakarya menggunakan lem dan kertas HVS, kita akan kesulitan karena permukaannya yang mudah bergelombang. Dikarenakan kertas Manila adalah sebuah kertas yang kuat, maka kertas ini tidak mudah bergelombang saat proses lem.

2. Gramatur kertasnya memang pas untuk art papercraft – Gramatur kertas paling ideal untuk membuat art papercraft adalah seberat 160 gram. Ketebalannya pas untuk membuat kerajinan tangan ini, karena kekakuannya sangat membantu untuk bentuk-bentuk tertentu. Misalnya: paruh bebek atau telinga beruang.

3. Tekstur kertasnya cenderung halus – Kertas ini mempunyai permukaan yang halus. Tidak ada lapisan apa pun, jadi teksturnya bisa langsung terlihat meskipun tidak sampai tembus pandang seperti kertas kalkir. Hasil cetakan pun lebih bagus di atas kertas ini, dengan warna yang memblokir bidang kertas dengan rapi tanpa cela.

4. Harganya terjangkau – Jangan heran bila banyak yang membeli kertas ini dalam jumlah besar. Segulung saja harganya kurang dari lima ribu rupiah. Makanya, para penggemar art papercraft bisa bebas berkreasi dengan stok bahan yang cukup banyak.

5. Mudah didapatkan di mana pun – Tidak perlu khawatir soal menemukan Kertas Manila. Jenis kertas Manila adalah kertas yang mudah ditemukan di hampir semua waralaba penjual alat-alat tulis (stationery), percetakan dan rental fotokopi. Bahkan, siapa tahu ada yang menjualnya di dekat lokasi rumah sendiri, jadi tidak perlu harus sampai ke mal.

Baca juga: Apa Itu Percetakan?

Inilah lima (5) kelebihan dari Kertas Manila. Dikarnakan kertas Manila ini adalah kertas yang cukup populer, sehingga pemilik toko alat tulis, warung, atau rental fotokopi disarankan untuk menyediakan stok kertas ini dalam jumlah yang besar. Selain balik modalnya cepat, kertas jenis ini pasti banyak peminatnya, terutama dari kalangan pencinta art papercraft. Sekian tentang Kertas Manila. Semoga artikel ini bisa menjadi sebuah solusi percetakan yang dapat digunakan untuk berkreasi ataupun berbisnis. Salam Sukses!

Exit mobile version