10 Cara Menghemat Kertas dan Mengurangi Sampah Kertas

Sampah kertas

Kertas adalah bahan yang relatif murah, banyak perusahaan memanfaatkannya untuk keperluan bisnisnya. Dan meskipun sekarang ini pengiriman surat sudah digantikan melalui email, kertas masih banyak digunakan untuk keperluan dokumentasi lainnya. Perusahaan, sekolah, maupun badan hukum apa saja pasti menggunakannya, dan Mungkin banyak kertas yang terbuang sia-sia karena dalam penggunaannya yang kurang efektif. Berikut beberapa cara menghemat kertas dan mengurangi sampah kertas :

1. Menggunakan Kedua Sisinya

Banyak kertas terbuang begitu saja hanya karena salah satu sisinya sudah digunakan. Jika Anda memiliki tumpukan kertas yang hendak dibuang, ada baiknya untuk mengecek kembali apakah masih ada yang bisa dipakai dan mempertimbangkannya lagi. Misalnya jika masih ada sisi atau halaman yang kosong, mungkin dapat digunakan untuk menulis catatan atau memo. Kertas-kertas bekas yang masih kosong juga dapat dikumpulkan dan dijilid menjadi notebook.

Baca juga: Bukunya Mau Dijilid Apa? Baca Dulu 7 Jenis Penjilidan Ini!

2. Berhenti Mencetak Email

Sebagian orang masih suka mencetak email sebelum membacanya. Sedangkan penggunaan media digital seperti email dapat dimanfaatkan sebagai pengganti surat menyurat dengan kertas. Seiring perkembangan internet, email menjadi sebuah solusi yang praktis dan efisian dalam mengurangi sampah kertas. Sehingga dokumen-dokumen dalam email, lebih baik dicetak saat tepat waktunya saja.

3. Menggunakan Jasa Percetakan Offset dan Digital Yang Profesional

Anda dapat bekerja sama dengan tempat percetakan offset atau digital offset profesional yang mengerti tentang penghematan kertas, mereka juga menghasilkan lebih sedikit limbah atau sampah kertas dan menghemat uang karena mengerti penggunaan yang efektif. Sehingga harga cetak yang mereka tawarkan bisa jadi lebih murah.

4. Mengatur Dokumen Sebelum Cetak

Dalam pembuatan berbagai dokumen, penataan Font, Ukuran, Margin, dan Spasi dapat diatur dan disesuaikan agar lebih pas dengan halaman dokumen. Ini juga merupakan cara untuk menghemat kertas, asalkan tidak menjadi berantakan ketika dokumen dibaca.

5. Kurangi Berat Kertas

Setiap jenis kertas memiliki  ketebalan yang berbeda-beda. Kertas yang lebih tipis akan lebih murah harganya dan menggunakan bahan baku alam lebih sedikit. Setiap penggunaan jenis kertas, dapat dipertimbangkan sehingga penggunaan kertas dapat ditekan sebisa mungkin.

6. Menggunakan Kertas Daur Ulang

Salah satu cara menghemat kertas adalah dengan menggunakan kertas daur ulang, kertas daur ulang merupakan cara sederhana untuk mengubah dan menggunakan kembali sampah kertas agar tidak harus membuangnya. Mendaur ulang kertas dapat menggunakan cara manual maupun dengan alat. Jika dilakukan secara manual akan lama dan hasilnya kurang bagus, tetapi jika menggunakan alat akan lebih singkat dan hasilnya lebih bagus. Jika produksi kertas terus dilakukan tanpa mendaur ulang, maka pepohonan akan semakin berkurang dan berpengaruh pada lingkungan. Selain baik untuk lingkungan, menggunakan kertas daur ulang biasanya harganya juga lebih murah.

7. Menggunakan Buku Catatan Dengan Bijak

Dalam menggunakan buku catatan atau buku agenda, dapat menulisnya dengan tulisan yang lebih kecil dan menghindari meninggalkan banyak ruang kosong pada halaman kertas. Dan juga jangan melakukan hal-hal seperti menyobek kertas, membuat pesawat terbang, ataupun hal lainnya yang kurang penting.

8. Menyimpan Kertas Dengan Baik

Anda dapat menyimpan kertas di tempat yang lebih baik. Jangan membiarkan kertas mudah rusak karena penyimpanannya dan menghindari tempat-tempat yang mudah terbakar. Penyimpanan kertas dengan menggunakan alat arsip adalah cara sehingga dokumen penting mudah dicari, ini juga menjadi sebuah cara menghemat kertas sehingga Anda tidak perlu mencetak ulang dokumen.

Baca juga: 15 Jenis Peralatan Kearsipan, Penjelasan & Fungsinya

9. Mengefektifkan Penyebaran Brosur

Banyak orang berpromosi hanya dengan menyebar-nyebarkan brosur begitu saja. Alangkah baiknya mempertimbangkan strategi cara menyebarkan brosur yang efektif. Faktanya banyak sekali orang yang mendapatkan brosur langsung membuangnya begitu saja dalam waktu kurang dari 5 menit. Memang tidak ada salahnya dengan menyebarkan brosur di jalanan, namun bukan berarti mengotori jalanan. Lebih baik pastikan apakah target adalah orang yang kemungkinan akan tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Baca juga: Ga Banyak Orang Tau, Ini 10 Rahasia Membuat Brosur Bisnis

10. Menyimpan File Secara Digital

Menyimpan dokumen dan arsip sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis, akan tetapi untuk menghemat ketas, dokumen penting itu bisa simpan secara digital. seperti contoh penggunakan google drive bisa dijadikan opsi pilihan dalam menyimpan dokumen secara digital.

Cara menghemat kertas berarti menghemat biaya dan menjaga lingkungan. Kita juga berkontribusi untuk kelestarian hutan dan menyelamatkan binatang. Demikian pembahasan mengenai beberapa cara menghemat kertas dan mengurangi sampah kertas. semoga artikel ini bisa menjadi sebuah solusi percetakan yang bisa digunakan untuk semua orang. Salam Sukses!

Exit mobile version