Pengertian Dan Fungsi Buku Menu Untuk Bisnis Kuliner

Ada dua jenis restoran atau kedai jika dikelompokkan dari jenis menu yang ditawarkan. Pertama ada restoran yang menampilkan menu di papan atau di tembok sehingga semua orang bisa melihatnya secara langsung.

Kedua ada restoran yang menyediakan menu dalam bentuk buku. Menu dalam bentuk buku ini umumnya berisi banyak jenis makanan dan minuman serta memiliki desain lebih elegan.

Pada artikel ini kita akan membahas pengertian dan fungsi buku menu. Kalau Anda akan membuat restoran atau melakukan modifikasi menu, simak dengan saksama ulasan di bawah ini, ya.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Manual Book

Pengertian Buku Menu

Buku menu

Buku menu adalah buku yang di dalamnya terdapat daftar menu yang dibuat dan disajikan oleh restoran. Buku menu umumnya berisi informasi terkait dengan jenis menu yang ada di sana termasuk bahan bakunya. Selanjutnya ada informasi harga dan juga rekomendasi.

Menu makanan yang baik umumnya memiliki gambar yang jelas dan menampilkan rekomendasi. Dua hal penting itu wajib ada untuk memberikan gambaran secara umum serta memudahkan tamu untuk melakukan pemesanan. Jadi, mereka tidak harus bertanya jenis makanan apa yang terbaik atau direkomendasikan.

Baca juga: Ujung ke Ujung, Nih Proses Pencetakan Buku Komplit!

Fungsi Buku Menu

Orang yang sedang melihat buku menu

Buku menu tidak asal-asalan dibuat. Kalau Anda bisa mendesainnya dengan baik, beberapa pengertian dan fungsi buku menu di bawah ini bisa segera didapatkan. Sebaliknya kalau desainnya buruk, kemungkinan besar akan merepotkan pelayan atau tamu yang akan memesan makanan.

1. Mempresentasikan Makanan yang Dijual

Buku menu yang baik haruslah menampilkan atau merepresentasikan makanan yang dijual di sana. Misal restoran yang sedang Anda kelola adalah restoran makanan Jepang. Dalam menu harus ada gambar makanan yang menampilkan tema dari restoran. Misal gambar dari sushi atau ramen.

Selama ini pemilik restoran sering sekali membuat berbagai kesalahan dengan tidak menampilkan gambar dari menu itu sendiri. Padahal tidak semua orang paham dengan nama-nama makanan yang kemungkinan besar asing saat dibaca.

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya pelayan menjelaskan menu makanan yang akan dipesan oleh pembeli. Hal ini harus dilakukan kalau dalam buku menu tidak ada gambar karena keterbatasan tempat.

2. Menampilkan Harga Makanan

Pernah mendengar kasus orang yang digetok saat makan di restoran atau kedai karena menu tidak ada harganya? Secara etika sebenarnya restoran wajib menginformasikan harga makanan di awal agar pembeli tidak merasa ditipu dan akhirnya memicu konflik yang tidak perlu.

Buku menu yang baik haruslah menampilkan semua harga makanan dengan detail termasuk harga kalau ada porsi medium, besar, sampai jumbo. Jangan ada menu makanan yang tidak memiliki harga.

Kalau beberapa menu makanan harganya menyesuaikan dengan produk musiman, ada baiknya memberi tahu dahulu. Misal produk seafood yang dijual per 100 gram. Informasikan pada pembeli kalau harganya sekitar berapa rupiah sejak awal sehingga mereka bisa memutuskan untuk tetap beli atau tidak.

3. Sebagai Alat Komunikasi

Buku menu juga digunakan sebagai alat komunikasi antara penjual dan juga pembeli. Nah, maksud dari alat komunikasi ini adalah munculnya kontak pada menu khususnya bagian awal dan juga akhir.

Kontak ini bisa berupa kontak perusahaan atau kepala cabang. Kalau ada masalah terkait dengan layanan yang terjadi, pembeli bisa langsung menghubungi nomor itu. Keterbukaan sangat penting agar layanan di restoran bisa berjalan dengan lancar dan meminimalkan konflik di restoran.

4. Sebagai Media Promosi

Buku menu juga bisa digunakan untuk alat atau media promosi yang mudah. Misal di bagian depan dari menu ada bagian yang sengaja dikosongkan. Selanjutnya bagian itu bisa diganti-ganti isinya sehingga begitu ada menu baru atau sedang dipromosikan bisa disampaikan ke pelanggan.

Pelayan juga bisa membantu melakukan promosi secara langsung dengan menunjukkan posisi produk promosi di menu. Kolaborasi ini bisa membuat menu baru atau menu promosi yang ingin dinaikkan penjualannya laku keras.

Baca juga: Ga Mengecewakan! Nih, 11 Media Promosi Cetak Terbaik!

Demikian ulasan tentang pengertian dan manfaat buku menu. Manfaat dari buku menu ada banyak, pastikan desain yang dibuat harus tepat ya! Usahakan hasil cetakan menampilkan harga, rekomendasi, sampai promosi. Selamat mencoba!

Exit mobile version