Nyari Stempel? Pelajari dulu 5 Jenis Stempel Yang populer!

Stempel merupakan salah satu penunjang pekerjaan administratif dan hal-hal lain yang bersifat formal. Stempel sejatinya sudah ada sejak dahulu kala, hanya saja makin ke sini bentuk dan jenisnya makin beragam. Stempel masa kini kian bagus dan makin praktis. Yuk, simak 4 jenis Stempel yang sering digunakan untuk perusahaan, berikut ini:

1. Stempel Runaflek

Stempel Runaflex

Stempel Runaflek merupakan jenis Stempel biasa yang sering kita temui. Stempel ini menggunakan kayu dan bagian bawahnya menggunakan karet yang diukir tulisan atau logo. Asal mula Stempel ini disebut Stempel Runaflek karena bahan karet yang digunakan adalah jenis karet Runaflek. 

Awal pembuatan Stempel ini cukup sulit karena harus mengukir karet. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Stempel ini lebih mudah dibuat dengan menggunakan mesin pencetak. Hasil Stempel Runaflek yang dibuat dengan menggunakan mesin cetak Stempel lebih bagus, lebih presisi, lebih detail, dan tentu saja lebih cepat. 

Untuk menghasilkan sebuah cetak Stempel pada dokumen, Stempel Runaflek membutuhkan bak tinta sebagai pasangannya. Kelemahan lainnya, Stempel ini hanya bisa menggunakan satu warna saja. Namun, hingga saat ini Stempel Runaflek masih cukup banyak diminati karena harganya yang sangat terjangkau.

Langkah-langkah membuat Stempel Runaflek yaitu:

1. Membuat Desain Stempel – Langkah awal membuat Stempel Runaflek yaitu membuat desain Stempel yang diinginkan. Pembuatan desain stempel ini bisa menggunakan aplikasi Corel Draw atau sejenisnya pada laptop atau komputer.

2, Membuat Klise Stempel – Jika desain Stempel sudah jadi, langkah selanjutnya adalah membuat klise Stempel. Cara membuat klise Stempel dengan menggunakan laserjet dan dicetak pada kertas kalkir. Namun, jika belum memiliki laserjet, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan kertas biasa yang dicetak menggunakan printer deskjet lalu disalin atau difotocopy menggunakan kertas kalkir

Cara lainnya yaitu mencetak menggunakan mika transparan melalui printer deskjet. Setelah membuat klise Stempel, jangan lupa segera keringkan menggunakan pengering rambut atau hair dryer.

3. Penyinaran – Setelah klise Stempel jadi, lakukan penyinaran. Penyinaran dapat dilakukan menggunakan 2 metode yaitu penyinaran UV yang menggunakan lampu UV 16 watt selama 5 hingga 10 menit atau menggunakan terik matahari langsung selama 7 hingga 10 menit.

4. Penyikatan  Setelah penyinaran, lakukan penyikatan agar relief makin tampak. Penyikatan dilakukan menggunakan tiner atau bensin dan pengering rambut. Siram sedikit tiner atau bensih, diamkan 15 detik, lalu keringkan.

5. Pemasangan pada Gagang Stempel Jika Stempel sudah jadi, pasangkan pada gagang kayu atau akrilik. Jangan lupa beri tanda depan, agar pengguna Stempel tahu bagian mana yang merupakan bagian depan.

2. Stempel Emboss

Stempel Emboss

Stempel emboss merupakan jenis Stempel yang tercetak timbul pada dokumen. Secara estetika, Stempel emboss jelas lebih cantik dan berkelas. Stempel ini sangat cocok diaplikasikan pada beragam dokumen penting yang rawan dipalsukan. Saat ini, Stempel emboss sering digunakan pada ijazah dan sertifikat.

Keunggulan Stempel emboss yaitu bahannya yang terbuat dari logam membuat Stempel ini sangat awet. Stempel ini juga tidak membutuhkan bantalan, sehingga sangat praktis dan efisien. Hal yang tak kalah penting, Stempel ini sangat keren dan berkelas.

Baca Juga: 4 Bentuk Stempel Dan Kegunaannya Untuk Perusahaan

3. Stempel Lax

Stempel Lax

Stempel Lax disebut juga dengan Stempel Wax. Jenis stempel ini bisa dibilang cukup unik karena cara membuat Stempelnya menggunakan lilin yang dibakar lalu tetesan lilin tersebut diteteskan pada dokumen. Selanjutnya dilakukan proses pengecapan sebelum lilin mongering sehingga muncul relief sesuai keinginan. Hasil cetak Stempel Lax ini memberikan kesan unik dan artistik. 

Selain itu, Stempel ini juga dapat berfungsi sebagai pengaman. Stempel Lax ini biasanya digunakan pada amplop atau pembungkus surat berharga lainnya, undangan, dan kemasan barang tertentu.

4. Stempel Flash

Stempel Flash

Stempel Flash sering disebut juga Stempel otomatis. Stempel ini memiliki tinta yang menyatu ke dalam Stempel. Stempel ini tidak membutuhkan bantalan Stempel, karena tinta sudah menyatu ke dalam Stempel. 

Cara menggunakannya sangat praktis, tinggal ditekan pada dokumen maka cap Stempel otomatis akan tercetak. Keunggulan Stempel ini yaitu sangat praktis dan dapat menggunakan warna sesuai pesanan, namun harga Stempel ini bisa dibilang cukup mahal dibanding Stempel Runaflek.

5. Stempel Tanggal

Stempel Tanggal

Stempel Tanggal sering kita jumpai ketika sedang berbelanja ke toko alat tulis. Stempel ini memiliki fungsi untuk memberikan stamp tanggal pada dokumen. Stempel ini memiliki mekanisme yang baik sehingga mudah bagi pengguna untuk mengubah tanggal sesuai dengan kebutuhan. Ada juga jenis Stempel tanggal yang memiliki fitur jam, akan tetapi cukup sulit untuk menemukan yang jenis ini.

Demikian ragam jenis Stempel yang dapat Anda gunakan untuk perusahaan. Ingin update beragam info penting tentang informasi percetakan lainnya? Simak di solusiprinting.com.

Exit mobile version