No Panik Panik Club! 3 cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam

No Panik Panik Club! 3 cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam

Sudah berkali-kali dicoba, tapi hasil fotocopy tetap saja menghasilkan bercak hitam? Situasi ini memang pasti membuat kesal dan bahkan frustrasi. Namun tenang saja, ada beberapa cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam yang bisa Anda lakukan—berita baiknya, Anda tidak harus keluar banyak uang.

Baca juga: Membantu Bisnis Loh! Simak, 8 Fungsi Mesin Fotocopy Di Kantor!

Faktor yang Menyebabkan Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Sebelum terburu mencari cara untuk memperbaiki hasil fotocopy yang menyisakan bercak hitam, Anda perlu tahu dulu apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan isu. Dengan demikian, jika di kemudian hari Anda mengalami kondisi serupa, Anda pun bisa lebih mudah mengidentifikasi permasalahan dan menemukan solusi yang pas.

Adapun beberapa hal yang biasanya jadi penyebab munculnya bercak hitam pada hasil fotocopy adalah sebagai berikut.

1. Kaca di Mesin Fotocopy Kotor

Periksa seluruh bagian kaca di sisi atas mesin. Adanya noda pada bagian kaca juga akan menempel dan ikut tertransfer saat proses fotocopy berlangsung. 

Karena itu, lap bagian kaca sebelum menggunakan mesin fotocopy sehingga debu, kotoran, dan noda tidak tertinggal dan ikut menempel pada hasil fotocopy. Tak lupa, singkirkan benda-benda lain di atas mesin fotocopy, seperti potongan kertas dan lainnya.

2. Menggunakan Toner Palsu atau Tidak Orisinal

Sebagai komponen penting dalam membentuk cetakan teks dan gambar pada kertas, kualitas toner sebaiknya tidak sembarangan. Oleh sebab itu, saat terjadi noda atau bercak hitam tak diinginkan, Anda bisa mengecek apakah sudah menggunakan toner yang asli dan berkualitas. Jika tidak, segera ganti agar tak menimbulkan kerugian lebih banyak.

3. Menggunakan Kertas dengan Gramasi yang Tebal

Jenis keratas tak luput dari hal yang harus Anda periksa. Pasalnya, ketebalan dan jenis kertas yang tidak tepat untuk fotocopy juga akan berdampak pada dokumen salinan yang dihasilkan, termasuk menciptakan noda hitam.

Mengapa demikian? Alasannya tak lain adalah karena mesin fotocopy tidak dapat mencapai titik panas maksimal saat proses mencetak salinan dokumen sehingga bercak hitam pun muncul. Pastikan Anda mengatur ulang ukuran dan ketebalan kertas yang akan digunakan pada sistem mesin fotocopy agar hasil cetakan bebas kesalahan.

Baca juga: Kertas Tebel Atau Tipis? Simak Dulu Jenis Gramatur Kertas Ini

4. Mesin yang Kurang Terawat atau Kotor

Walau bentuk dan ukurannya yang gagah, bukan berarti mesin fotocopy minim perawatan. Sebaliknya, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala—tak cuma pada bagian luar, tetapi juga hingga bagian dalam mesin fotocopy. 

Mesin yang hanya digunakan terus-menerus tanpa adanya perawatan dan kotoran di dalamnya yang menumpuk jadi salah satu penyebab hasil fotocopy tidak maksimal.

3 Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Setelah tahu apa saja hal-hal yang berpotensi menyebabkan adanya bercak hitam pada hasil fotocopy, kini saatnya mengatasi bercak hitam tersebut. Berikut adalah tiga cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan Maintenance atau Mengganti Drum Mesin Fotocopy

Servis dan pembersihan mesin fotocopy secara rutin adalah kunci utama. Pemeliharaan secara berkala ini tidak cuma membuat hasil fotocopy senantiasa apik, tetapi juga menjaga keawetan mesin sehingga dapat Anda manfaatkan sebagai aset (apalagi jika digunakan untuk keperluan rutin maupun bisnis) dalam jangka waktu yang lama. 

Di samping itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi drum pada mesin. Komponen yang cukup mahal ini berfungsi untuk mencetak gambar dari proyeksi yang dipantulkan laser. Biasanya, ada sisa toner yang tertinggal di bagian ini. Jika noda sisa toner tidak juga hilang meski sudah dibersihkan, berarti masalah utamanya adalah pada kesalahan memilih toner yang kurang berkualitas.

2. Melakukan Pengecekan pada Blade Mesin Fotocopy

Blade adalah komponen penting mesin fotocopy yang berfungsi membersihkan sisa toner yang menempel. Seperti make up, sisa-sisa toner juga harus diangkat dan dibersihkan dengan maksimal sehingga mesin dapat menghasilkan dokumen salinan yang bersih dan apik.

Cek apakah blade mesin fotocopy Anda dalam kondisi aman dan tidak mengalami kebocoran. Pasalnya jika ternyata ada kebocoran, maka Anda harus menggantinya dengan unit baru. Adapun kebocoran ini biasanya terjadi jika mesin sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama—karena itu lakukan maintenance berkala sehingga dapat risiko dapat diminimalkan atau tertangani dengan cepat.

3. Membersihkan Bagian dalam Mesin dari Sisa Toner atau Debu

Ini adalah bagian yang paling mudah dan harus jadi agenda rutin yang Anda lakukan. Makin sering Anda melakukan pemeliharaan yang tergolong low maintenance ini, makin minim risiko mesin mengalami masalah yang lebih kompleks hingga harus mengganti komponen dan mengeluarkan biaya lebih mahal.

Nah, itulah beberapa alasan dan cara mengatasi hasil fotocopy bercak hitam. Sebelum kondisi yang “parah”, mesin fotocopy biasanya sudah menunjukkan beberapa tanda bahwa ada bagian dari komponennya yang sedang bermasalah—biasanya ditandai dengan bercak-bercak hitam yang masih tipis. Kalau sudah menemukannya, maka jangan menunda lebih lama untuk segera melakukan pengecekan lebih mendalam.

Baca juga: Fotokopi atau Fotocopy? Nih, Faktanya Bikin Shock Kita Semua!

Untuk berbagai informasi seputar percetakan dan desain grafis lainnya, jangan ragu kunjungi solusiprinting.com. Kami menyediakan berbagai informasi yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Exit mobile version