Nih, Pengertian Bahan Corrugated Dan Jenisnya, Klik Aja!

Corrugated, pernah dengar istilah itu? Kata tersebut berasal dari bahasa asing yang jika diartikan secara literal memiliki makna keadaan permukaan dari sebuah bahan yang secara sengaja dibentuk menyerupai alur paralel sehingga memberikan kekuatan tambahan pada permukaan tersebut. Atau dengan bahasa sederhananya, Corrugated adalah permukaan bergelombang dengan tingkat kekakuan tertentu. 

Jika dihubungkan dengan bahan dasar dalam bidang industri, pengertian bahan Corrugated ini menjadi sedikit lebih luas, yaitu sebagai bahan dasar suatu kemasan yang berbentuk gelombang pada permukaannya dan dirangkai dari beberapa lembar kertas. Sebagai tahap finishing, kertas bergelombang ini dilapisi dengan kertas datar. 

Sangat rumit memang untuk membayangkannya! Akan tetapi, jika Anda sudah pernah melihat kotak kardus, kertas karton yang dipakai sebagai bahan pembuatan kardus itulah yang dinamakan bahan Corrugated. Bagaimana? Masih belum paham? Ayolah, kita bahas secara mendalam! 

Pengertian Bahan Corrugated

Untuk lebih memudahkan, mari menyederhanakan pemahaman kita bahwa bahan Corrugated adalah kertas karton yang digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan kardus. Dengan bentuknya yang bergelombang dan berlapis, bahan ini jadi lebih kaku dan keras, namun tetap ringan. Kondisi ini membuatnya dapat menahan beban berat dengan lebih baik dan mudah diangkat serta dipindahkan. Karena karakter kertasnya yang cukup kuat dan ringan inilah, bahan Corrugated menjadi bahan kemasan distribusi yang paling umum dipakai dan menjadi bagian paling penting di dunia industri.

Jenis-Jenis Bahan Corrugated

Bila tadi sudah membahas pengertian bahan Corrugated, sekarang kita bahas jenis-jenisnya. Sebelum itu, perlu dipahami bahwa dalam membentuk bahan Corrugated dibutuhkan dua jenis kertas yang akan memiliki fungsi yang berbeda, yakni sebagai sisi datar (liner) dan sisi bergelombang (fluting). Berdasarkan ketebalan dari lapisan pembentuknya, bahan Corrugated ini terdiri dari empat jenis, yaitu: 

1. Single Face Corrugated

Single Face Corrugated

Jenis ini adalah jenis yang paling rendah tingkat ketebalannya karena hanya terdiri dari dua lapisan saja—satu sisi datar atau liner dan satu Corrugated paper atau fluting. Bahan Corrugated jenis ini tidak dipergunakan untuk memproduksi kotak kemasan produk. 

Jenis ini hanya dipergunakan untuk bahan pembungkus atau bantalan produk saja. Contohnya, jika Anda membeli biskuit kalengan, Anda akan melihat single face Corrugated sebagai alas biskuit agar tidak hancur. Atau, jika Anda membeli furnitur, ketika pengantaran dari toko ke rumah biasanya penjual akan membungkus furnitur Anda dengan bahan single face Corrugated ini agar tidak lecet dan rusak. 

2. Single Wall (Double Faced) Corrugated

Single Wall (Double Faced) Corrugated

Bahan Corrugated jenis ini dikenal juga dengan istilah 3 ply yang bermakna 3 bagian kertas. Anda akan melihat dua bagian datar atau liner dan satu Corrugated paper atau fluting. Ketebalan dari bahan Corrugated jenis ini biasanya antara 2 sampai 5 mm. 

Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis ini merupakan tipe yang paling banyak dipakai untuk membuat kardus. Lebih dari 90% kardus kemasan dibuat menggunakan tipe ini. Penggunaannya pun beragam mulai dari pengemasan barang elektronik, mainan, makanan, hingga minuman.

3. Double Wall Corrugated

Double Wall Corrugated

Double wall Corrugated terdiri dari dua bagian liner (bagian datar), dua fluting, dan satu liner tengah di antara dua fluting. Sehingga, jika ditotal Anda akan mendapatkan lima bagian kertas pada jenis ini, untuk itulah double wall Corrugated juga lebih dikenal dengan sebutan 5 ply. Dengan lapisan yang cukup banyak, ketebalan jenis ini bisa mencapai 7 mm. Jenis bahan Corrugated ini sangat cocok untuk pengemasan barang dengan beban yang lebih berat dibandingkan dengan Corrugated 3 ply. 

4.Triple Wall Corrugated

Triple Wall Corrugated

Jenis yang terakhir adalah jenis dengan tingkat ketebalan tertinggi, yaitu 10 mm. Lapisannya pun terdiri dari 7 bagian kertas (7 ply)—tiga fluting dan empat liner. Dengan tingkat ketebalan yang besar, bahan Corrugated jenis ini jarang dipergunakan untuk kebutuhan singkat. Biasanya pelaku industri mempergunakan bahan jenis ini untuk keperluan pengiriman ekspor dalam jumlah besar. 

Nah, itulah tadi penjelasan seputar pengertian bahan Corrugated dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan singkat ini dapat membantu Anda dalam menentukan jenis bahan Corrugated yang ingin dipergunakan untuk keperluan pengemasan bisnis Anda.

Exit mobile version