Bukan Cuman Pajangan, Nih 9 Fungsi dan 6 Manfaat ID Card!

Berikut pengertian fungsi dan manfaat Id Card yang perlu Anda ketahui dan pastinya akan menambah wawasan Anda mengenai Id Card. Manfaat ID CARD kini sudah banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat terutama yang sering terlibat dalam perusahaan atau sebuah acara. Adanya ID CARD ini sebetulnya tak hanya bisa sebagai identitas melainkan juga sebagai bentuk promosi agar orang lain lebih mudah mengenali Anda maupun perusahaan atau instansi yang Anda naungi. Dengan adanya ID CARD pastinya akan menambah nilai formalitas serta nilai tambah tersendiri bagi penggunanya.

Baca juga: Di Catat ! Ukuran Standar ID card Indonesia Dan International

1. Fungsi ID CARD

Contoh id card

Seiring dengan perkembangan zaman menjadikan desain ID CARD kian beragam bahkan jika dulu desainnya sederhana kini dibuat dengan tampilan menarik dan materi yang beragam. Pastinya Anda bisa memilih ID CARD sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. tak hanya sekedar dipakai saja, ternyata ID CARD memiliki fungsi yang penting. Berikut ini akan dijelaskan fungsi ID CARD yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Pengertian Dan Manfaat Spanduk Bagi Bisnis

  1. Ketika rekanan atau customer berkunjung dapat memberikan kesan yang lebih formal serta rapih ketika menggunakan ID CARD.
  2. Pada saat seseorang menggunakan ID CARD di lingkungan kerjanya akan memberikan kesan yang lebih positif dan menambah kesan formal ketika berada di dalam perusahaan.
  3. Dengan memakai ID CARD maka akan memberikan kemudahan pada seseorang agar mudah dikenali oleh karyawan lainnya terlebih ketika terlibat dalam sebuah proyek pekerjaan.
  4. ID CARD dapat menjadi pembeda antara karyawan dan non karyawan sebuah perusahaan atau instansi sehingga dapat menjaga keamanan serta ketertiban dalam lingkungan kerja.
  5. Seiring perkembangan zaman menjadi ID CARD juga digunakan untuk presensi karyawan setiap harinya.
  6. Desain ID CARD dibuat semakin canggih karena tak hanya bisa digunakan untuk presensi saja melainkan bisa digunakan untuk membuka atau menutup pintu masuk ke ruang kantor. Hal ini sangat penting menjaga keamanan perusahaan dari pihak-pihak yang tidak diinginkan.
  7. ID CARD dapat mempermudah bagian direksi atau karyawan agar lebih mengenal posisi satu sama lain dalam perusahaan yang sama.
  8. ID CARD menjadi ajang promosi ketika karyawan melakukan kunjungan ke perusahaan lain atau kegiatan lain di luar perusahaan.
  9. Harga ID CARD yang terjangkau dengan fungsi yang banyak pastinya akan menguntungkan perusahaan.

2. Manfaat ID CARD

ID Card

Selain memiliki fungsi yang beragam ternyata ID CARD juga mendatangkan banyak manfaat ketika menggunakannya. Berikut ini akan dijelaskan manfaat ID CARD yang harus Anda ketahui.

Baca juga: Pengertian Dan Manfaat Booklet

  1. Manfaat ID CARD yang pertama adalah ketika menggunakan ID CARD seseorang akan terkesan rapih, profesional dan lebih formal sehingga bisa memberikan dampak positif dalam dunia kerja.
  2. Ketika ada kunjungan tamu atau klien dengan menggunakan ID CARD karyawan atau bagian lain dari perusahaan akan terlihat lebih formal dan meyakinkan.
  3. Tamu atau Customer yang datang ke kantor akan lebih mudah dalam meminta bantuan karena di ID CARD sudah tertera foto, nama dan bagian dari divisinya.
  4. Manfaat ID CARD yang berikutnya adalah sebagai pemindah antara karyawan dengan non karyawan serta antara anggota dengan non anggota sehingga akan mencegah masuknya penyusup dan hal-hal kriminalitas lainnya.
  5. Banyaknya jumlah karyawan serta divisi dalam sebuah perusahaan pastinya akan sulit bagi karyawan maupun direksi untuk mengenal satu dengan lainnya. Dengan ID CARD inilah orang yang bersangkutan lebih mudah dikenali dari ID CARD yang dipakai terlebih jika warna ID CARD tersebut berbeda antar divisi.
  6. Dengan menggunakan ID CARD, para pengguna kartu bisa menerapkan Access Control sehingga bisa masuk ke ruangan perusahaan melalui kartu yang digunakan atau juga dapat digunakan sebagai alat untuk absensi karyawan.

Berdasarkan penjelasan tentang pengertian fungsi dan manfaat Id Card, kini Anda bisa lebih memahami mengenai ID CARD sehingga Anda tak ragu untuk cetak ID CARD yang lebih menarik dan multifungsi. Pilihlah tempat percetakan yang berkualitas dan terpercaya agar hasil cetak ID Card menjadi lebih memuaskan. Meskipun hanya berupa kartu tetapi manfaat ID CARD ini memiliki peran yang penting sehingga tak boleh diabaikan pengadaannya dalam sebuah perusahaan.

Exit mobile version