7 Manfaat Kemasan Produk, Ternyata Bisa Bikin Laris Dagangan!

7 Manfaat Kemasan Produk, Ternyata Bisa Bikin Laris Dagangan!

Kemasan entah itu yang digunakan untuk membungkus makanan, kosmetik hingga barang-barang elektronik dan pakaian semua memiliki tujuan. Ketika membeli produk dalam kemasan, apa hal yang pertama kali Anda pikirkan saat melihat kemasannya? Apakah Anda memikirkan keamanan produknya, estetikanya atau hal lainnya?

Ketika Anda memproduksi barang, kemasan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pemasaran dan distribusi. Kemasan secara umum adalah pembungkus atau wadah yang digunakan untuk membalut sebuah produk agar terlindungi selama proses distribusi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, manfaat kemasan produk tentu saja lebih dari itu.

Ada juga yang menyebutkan bahwa kemasan produk adalah material pembungkus yang berguna untuk melindungi, menampung, mengidentifikasi serta mempromosikan produk tersebut. Untuk lebih memahami apa itu manfaat kemasan produk, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

1. Memberikan Perlindungan terhadap Produk di Dalamnya

Tujuan utama pengemasan adalah untuk melindungi isinya dari segala kerusakan yang mungkin terjadi selama proses pengangkutan, handling dan penyimpanan. Adanya kemasan akan mempertahankan keutuhan produk di sepanjang rantai logistiknya mulai dari produsen sampai ke pengguna akhir. 

Kemasan juga melindungi produk dari kelembapan, cahaya, panas dan faktor eksternal lainnya. Intinya, adanya kemasan akan mempertahankan produk sesuai bentuk, kuantitas dan kualitas aslinya hingga ke tangan konsumen. Bayangkan jika produk yang Anda buat tidak memiliki kemasan yang bagus. Anda bisa menanggung kerugian besar karena produk yang rusak dan tidak bisa dijual kembali.

Baca juga: Komplit! Nih, 3 Jenis Kemasan Produk, Kamu Cocok yg Mana?

2. Memperpanjang Daya Tahan Produk

Ada banyak produk yang jika tidak dikemas akan cepat rusak. Misalnya sata makanan seperti roti atau biskuit. Jika tidak dikemas dengan baik, makanan seperti ini akan akan berubah bentuk, rasa dan kualitasnya. Makanan kalengan bisa bertahan selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Sementara jika dibiarkan terbuka di dalam kulkas, biasanya hanya bertahan selama beberapa hari saja sebelum busuk.

Untuk produk yang cair seperti parfum atau tinta, kemasan sangat penting. Kemasan akan menjaga kuantitas produk agar tidak berkurang (baik karena tumpah atau karena mengalami evaporasi). Kemasan pada produk seperti kertas juga akan melindunginya agar tidak berubah warna. 

Mulai dari produk obat-obatan sampai saus spaghetti, kemasan bisa memberikan perlindungan terbaik. Menjaga daya tahan produk tetap pada kondisi aslinya dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika kualitas produk tetap terjaga, bukan hanya hak-hak konsumen saja yang terlindungi. Perusahaan atau produsen pun akan terhindar dari berbagai kerugian termasuk kemungkinan tuntutan hukum dari pihak yang dirugikan karena membeli produk mereka.

3. Kemasan Memberikan Higienisme untuk Pembeli

Manfaat berikutnya dari pengemasan produk adalah menjadi jaminan higienitas bagi pembeli. Ada banyak produk yang harus sampai ke tangan pembeli dalam kondisi sehigienis mungkin. Produk-produk tersebut antara lain adalah makanan, minuman, tisu hingga popok bayi. Kontaminasi apapun yang berasal dari luar selama proses distribusi bisa merusak dan menurunkan kualitas produk itu sendiri. Karena itu kemasan yang baik sangat diperlukan.

Kemasan dengan daya tahan dan kualitas yang baik, akan melindungi kualitas dan higienitas produk yang ada di dalamnya. Ini juga menjadi bentuk perlindungan bagi konsumen yang akan mengonsumsi atau menggunakannya.

4. Kemasan Menambah Nilai Estetika Sekaligus Meningkatkan Harga Jual

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, pengemasan atau kemasan adalah bagian yang penting dari pemasaran dan brand awareness. Kemasan yang unik dan memiliki desain bagus akan meningkatkan daya tarik produk sehingga memengaruhi keinginan orang untuk membelinya.

Pengemasan sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Ketika Anda mendesain kemasan, Anda harus memiliki tujuan untuk membuatnya tampil menonjol di rak atau situs Anda. Kemasan yang baik akan mampu meningkatkan penjualan, memberikan informasi yang relevan tentang produk serta meningkatkan minat orang untuk membelinya.

Sebanyak dua dari tiga orang mengatakan bahwa desain kemasan berpengaruh pada keputusan pembelian yang mereka lakukan. Kemasan bisa menjadi sarana bagi Anda untuk ‘bercerita’ kepada konsumen keseluruhan kisah di balik produk dan dampak lingkungan, sosial maupun ekonomi dari produk yang Anda tawarkan. Ini juga bisa menjadi alat untuk mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan sekaligus manfaat yang diberikan oleh produk kepada konsumen.

Kemasan juga bisa meningkatkan harga jual. Anda mungkin pernah membeli dua merek keripik singkong. Satu keripik hanya dikemas dengan plastik biasa sementara satu produk lagi dikemas dengan wadah yang menarik dan bagus. Meski sama-sama keripik, namun kedua produk itu bisa memiliki perbedaan harga yang signifikan. 

Lalu, apakah perbedaan harga ini membuat orang enggan membeli keripik yang kedua? Ternyata tidak. Karena pada dasarnya semakin baik dan menarik kemasan produk, semakin tinggi minat orang untuk membelinya.

5. Kemasan yang Bagus akan Meningkatkan Branding Perusahaan

Saat membangun merek, pengemasan seringkali jadi hal yang tidak terlalu dipertimbangkan. Namun, kemasan sebenarnya adalah salah satu media paling mudah dan efektif untuk meningkatkan visibilitas sekaligus penjualan Anda.

Kemasan adalah sesuatu yang akan dilihat pertama kali oleh konsumen. Artinya, kemasanlah yang akan membuat koneksi pertama dengan pelanggan.  Membuat kemasan yang menarik, secara langsung akan menjadi sarana branding yang ampuh dan akan membuat produk serta brand Anda lebih dikenal publik.

6. Kemasan Memberikan Informasi yang Lengkap untuk Pembeli

Kemasan memiliki fungsi lebih dari sekadar perlindungan. Di kemasan, biasanya produsen akan menyertakan berbagai informasi lain selain nama produk. Kuantitas, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, nilai gizi, umur simpan hingga cara penyajian bisa disertakan dalam kemasan. Ini akan menjadi informasi yang penting bagi konsumen.

Tanpa adanya informasi ini, konsumen harus mengantre menunggu untuk bicara dengan sales mengenai produk yang akan mereka beli. Mereka harus bertanya tentang bahan kandungan produk hingga umur simpannya. Adanya kemasan dengan informasi lengkap akan memudahkan konsumen melakukan pembelian dengan cermat dan tepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Mengenal Jenis Kertas Duplex Untuk Industri Kemasan

7. Kemasan adalah Identitas Sebuah Merek

Kemasan sebuah produk tidak ubahnya seperti identitas. Kemasan bisa mewakili ciri khas sebuah brand atau produk. Coba Anda cermati beberapa produk deterjen atau sabun mandi yang ada di supermarket. Masing-masing produk memiliki kemasan dengan warna, ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Bentuk yang berbeda inilah yang menjadikannya sebagai pembeda satu sama lain.

Ketika Anda mendesain kemasan, pastikan semua komponennya berbeda dengan pesaing Anda. Buat kemasan yang lebih baik dan bisa membuat produk Anda menonjol. Dengan begitu, peluang brand Anda untuk mendapatkan pembeli akan lebih besar.

Itu dia berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang manfaat kemasan produk. Karena kemasan itu sangat penting, pastikan Anda membuat kemasan terbaik yang sesuai dengan produk dan tujuan bisnis Anda. Semoga informasi ini bisa membantu Anda membuat kemasan produk terbaik, ya!

Baca juga: Gokil, Nih 15 Logo Brand Terkenal Yang Kekinian dan Mendunia

Jika Anda butuh informasi lain seputar percetakan dan desain grafis, jangan ragu untuk mengunjungi SolusiPrinting.com untuk artikel bermanfaat lainnya!

Exit mobile version