Yuk Kita Bahas Jenis Poster Berdasarkan Isi & Tujuannya!

Pembuatan poster dilakukan dengan tujuan memberi informasi terkait hal tertentu kepada masyarakat. Oleh karena itu, cara penyampaiannya harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai Anda mengalami kesalahan dalam menentukan jenis poster yang pada akhirnya berimbas pada informasi yang tidak tersampaikan secara tepat. 

Tipe poster memiliki keterkaitan secara erat dengan isi yang ingin disampaikan serta tujuan pembuatannya. Dengan begitu, Anda dapat menyusun kata-kata atau menyisipkan gambar yang tepat sesuai dengan pesan. Proses pembuatannya pun tidak sekadar menimbulkan poster terlihat mencolok dan bisa dilihat banyak orang. 

Baca juga: Pengertian Poster dan Fungsi Poster Untuk Media Promosi

Jenis Poster Berdasarkan Isi

Contoh jenis poster

Setiap poster dibuat dengan isi berupa pesan tertentu. Berdasarkan pesan yang ingin disampaikan, poster terbagi menjadi 5 tipe, yaitu:

Baca juga: Kamu Harus Tau! 7 Rahasia Penting Saat Mencetak Poster!

1. Poster Niaga

Jenis poster yang pertama adalah poster niaga. Poster ini dibuat dengan isi berupa sarana promosi  produk barang atau jasa. Ciri yang bisa ditemukan pada poster niaga adalah keberadaan pesan yang mengajak orang yang melihatnya untuk menggunakan produk barang atau jasa tertentu. 

2. Poster Pendidikan

Anda juga bisa menjumpai poster pendidikan. Sesuai dengan namanya, poster ini memiliki konten yang edukatif. Sebagai contoh, Anda bisa menjumpai poster pendidikan yang mendorong masyarakat untuk hemat listrik, membiasakan hidup sehat, dan sebagainya. Biasanya, poster seperti ini dipakai untuk mempromosikan program di bidang pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. 

3. Poster Kegiatan

Lalu, ada poster kegiatan yang memiliki konten berupa informasi pelaksanaan sebuah kegiatan dalam waktu yang telah ditentukan. Poster ini bisa digunakan untuk menginformasikan berbagai jenis kegiatan, termasuk di antaranya adalah poster lomba, poster jalan sehat, dan lain-lain. 

4. Poster Seni

Berikutnya, Anda dapat pula menemukan poster seni. Poster ini memiliki isi bukan berupa ajakan, melainkan sarana berekspresi dari kreatornya. Tujuan utama dari pembuatan poster seni adalah bertujuan untuk menuangkan ide kreatif, biasanya dibuat oleh para pelajar atau mahasiswa. 

5. Poster Iklan Layanan Masyarakat

Terakhir, Anda bisa menemukan tipe poster iklan layanan masyarakat. Poster ini biasanya dibuat oleh pemerintah dengan konten berupa informasi terkait pelayanan masyarakat. Oleh karena itu, poster layanan masyarakat umumnya dijumpai di kantor-kantor pemerintahan, seperti kantor kecamatan, puskesmas, kantor desa, dan semacamnya. 

Baca juga: Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Sejarah dan Fungsinya

Jeni Poster Berdasarkan Tujuan Pembuatannya

Contoh jenis poster

Sementara itu, klasifikasi poster berdasarkan tujuannya terbagi menjadi 10 jenis, yaitu:

Baca Juga: Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anda Mencetak Poster

1. Poster Kampanye

Sesuai dengan namanya, poster ini memiliki tujuan untuk kampanye. Anda bakal menemukan deretan poster kampanye di wilayah strategis ketika memasuki masa pemilihan umum (pemilu). Poster ini bertujuan untuk mengajak masyarakat memilih sosok tertentu saat pemilu.

2. Poster Propaganda

Ada juga poster propaganda yang dibuat dengan tujuan untuk mengajak masyarakat untuk mendukung propaganda tertentu. Propaganda sendiri merupakan rangkaian pesan yang punya tujuan untuk dapat memberi pengaruh pada pendapat masyarakat atas sesuatu. 

Propaganda biasanya disampaikan secara subjektif. Pembuatan poster propaganda, diharapkan dapat memberikan dukungan atas propaganda yang tengah diperjuangkan. Contoh poster propaganda bisa ditemukan pada poster Darahkoe merah ta’ soedi didjajah yang dibuat pada masa penjajahan. Poster ini dibuat oleh Partai Nasionalis Indonesia untuk mencari dukungan propaganda perjuangan meningkatkan rasa nasionalisme dan melawan penjajah Belanda. 

3. Poster “Cheesecake”

Poster cheesecake dipublikasikan dengan tujuan untuk menarik perhatian orang-orang yang memiliki ketertarikan pada hal tertentu, biasanya adalah selebritas, penyanyi, dan sebagainya. Para audience yang menyaksikan poster ini diajak untuk berpartisipasi untuk ikut dalam kegiatan yang dihadiri oleh orang yang mereka gandrungi. 

Contoh poster “cheesecake” dapat dijumpai pada poster konser musik. Dalam poster seperti ini, biasanya akan ditampilkan penyanyi atau anggota band utama yang bakal mengisi konser tersebut. Tujuannya adalah untuk menarik minat para pencinta tokoh penyanyi atau band itu untuk datang pada konser. 

4. Poster “Wanted”

Poster wanted adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk menemukan seseorang. Orang yang ada dalam poster ini bisa saja adalah seorang buronan atau orang hilang. Desain poster ini biasanya dibuat dengan menonjolkan orang yang ingin dicari. Selain itu, Anda juga bisa menemukan info tentang nomor yang dapat dihubungi. 

5. Poster Komik

Poster komik menjadi jenis poster yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan. Poster ini populer pada tahun 1960-an. Tujuan pembuatannya hampir mirip dengan poster film. Hanya saja, poster ini dibuat untuk mempromosikan komik. Tidak hanya komik, poster ini juga bisa dipakai untuk sarana mempromosikan perilisan buku baru. 

6. Poster Film

Selanjutnya, Anda juga bisa menemukan poster film. Poster ini dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan film tertentu, biasanya adalah film yang baru dirilis ke bioskop. Poster film umumnya menampilkan gambar para pemeran yang disertai nama sutradara, pemeran, serta kru film. 

Contoh poster film bisa Anda temukan dengan mudah. Sebagai contoh, poster film Bumlebee. Di situ, diperlihatkan para tokoh utama yang ada di dalam film, termasuk di antaranya adalah robot Transformer, Bumblebee. Tak lupa, di situ juga dituliskan informasi mengenai para kru yang terlibat dalam pembuatan film Bumblebee. 

7. Poster Ilmiah

Poster ilmiah merupakan tipe poster yang dimanfaatkan untuk mengenalkan aktivitas penelitian ilmiah tertentu. Poster ini berfungsi untuk mengajak kepada para akademisi untuk bisa berpartisipasi dalam memberi apresiasi terkait penelitian tersebut. Poster ini biasanya ditempatkan secara khusus di lokasi tempat berkumpulnya akademisi.

8. Poster Afirmasi

Lalu, ada poster yang dikenal sebagai poster afirmasi. Poster ini biasanya disertai dengan kalimat inspiratif dan penuh motivasi. Tujuan utama dari poster afirmasi memang untuk mendorong motivasi dari orang yang membacanya. 

9. Poster Komersial

Poster komersial menjadi sebutan lain dari poster niaga. Kedua tipe poster ini memang memiliki tujuan yang sama, yaitu dipakai untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Anda bisa menemukan poster komersial di berbagai pusat keramaian, seperti di pasar, jalan raya, taman, dan sebagainya. 

10. Poster Kelas

Terakhir, Anda bisa menemukan tipe poster yang disebut dengan poster kelas. Poster ini biasanya ditempatkan di dalam kelas. Tujuan dari pembuatan poster kelas adalah sebagai sarana untuk memotivasi para siswa agar giat belajar dan punya motivasi tinggi dalam meraih masa depan yang cerah. 

Itulah jenis-jenis poster yang dapat Anda ketahui berdasarkan pada isi dan tujuan dari pembuatannya. Dengan mengenali perbedaan antara masing-masing tipe poster tersebut, Anda bisa menyampaikan pesan secara tepat kepada para audience.

Biar pesan tersampaikan dengan baik, Anda juga harus mendesain poster secara berkualitas. Gunakan tenaga desainer terampil, yang terbukti mampu menciptakan desain poster secara baik. Tidak hanya terlihat mencolok, tetapi juga mampu menyampaikan pesan secara efektif. 

Nah, itulah informasi mengenai tipe-tipe dari poster yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa pula menemukan informasi menarik lainnya terkait ukuran poster, jenis poster atau tentang dunia percetakan di Solusi Printing. Semoga bermanfaat, ya! 

Exit mobile version