Sst! 15 Jenis Font Keren Untuk Desain Grafis ini Wajib Dimiliki!

Menentukan pilihan jenis font keren merupakan sebuah keharusan bagi seorang desainer grafis. Tahapan ini memang sekilas terlihat sederhana. Namun, kalau kamu tak melakukannya dengan cermat, desain yang kamu hasilkan pun tidak akan terlihat spesial. Apalagi, kalau kamu mampu menentukan cara penggunaannya secara tepat. 

Sebagai seorang desainer grafis, kamu perlu memiliki koleksi font yang banyak. Kepemilikannya bakal sangat berguna untuk menunjang kreativitas pikiranmu. Selanjutnya, kamu pun bisa menggunakannya dalam berbagai proyek desain grafis dan sekaligus menyesuaikannya dengan selera klien. 

Manfaat Pakai Font yang Menarik

Ketika mengerjakan sebuah desain, kamu memang dapat memilih font apapun. Namun, lewat pemilihan jenis font yang sesuai, kamu akan memperoleh 5 manfaat utama, yakni: 

1. Memunculkan emosi

Penggunaan font yang tepat dapat menimbulkan reaksi psikologis ketika seseorang membacanya. Mereka dapat merasakan kalau kalimat yang dibacanya terasa hidup. Mereka yang membaca pesan tersebut dapat memahami informasi dengan lebih mudah. 

2. Kemudahan membaca

Pemilihan font juga berkaitan erat dengan kemudahannya untuk dibaca oleh orang-orang di sekitar. Bayangkan saja, kalau kamu mendapati iklan dengan tulisan yang terlihat rumit. Apakah kamu ingin membacanya sampai selesai? Kalau membaca saja enggan, bagaimana orang bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan?

3. Bahan refleksi

Pemakaian font tertentu juga berguna sebagai representasi karakter brand yang diwakili. Kalau salah dalam memilih font, tak menutup kemungkinan bakal berdampak serius pada reputasi merek tersebut. 

4. Membantu perkembangan bisnis

Penggunaan font yang keren dan nyaman memiliki kaitan erat dengan peluang bisnis. Misalnya, kamu memilih jenis font tertentu untuk website. Pemakaian font yang bagus dan nyaman, bakal membuat para pengunjung betah. Dengan cara yang tepat, pemilik website pun bisa memanfaatkan peluang itu menjadi bisnis. 

5. Bagian dari identitas

Penggunaan jenis font tertentu juga merupakan bagian dari identitas sebuah brand. Oleh karena itu, kamu perlu mempertahankan konsistensi pemakaian brand untuk penggunaan konten visual terkait. Konsistensi tersebut mampu memperlihatkan profesionalitas dari sebuah brand. Efek ini pun kian terasa kalau kamu menggunakan jenis font yang unik dan beda dari yang lain. 

Baca Juga: Mau Desain Jadi Keren Coba Nih,18 Jenis Font Tipografi Ini!

Jenis Font Keren Desain Grafis

Saat membuat sebuah desain grafis, kamu bisa berkreasi secara bebas dengan memanfaatkan beragam jenis font. Sebagai pertimbangan, berikut ini adalah 15 font yang memiliki popularitas tinggi di kalangan desainer dan punya bentuk yang atraktif: 

1. Handwritten

Jenis font keren yang pertama adalah handwritten. Font ini relatif masih baru – muncul beberapa tahun lalu. Meski begitu, font ini sangat populer, biasanya digunakan untuk cover buku, logo, ataupun headline. Penggunaanya dapat menimbulkan kesan santai sekaligus modern.

2. Serif

Serif dikenal sebagai salah satu jenis font tertua yang sudah muncul sejak akhir abad 15. Ciri khas dari font ini dapat dijumpai dari keberadaan garis berbentuk kait pada bagian ujung huruf. Pemakaiannya memberi kesan elegan, ringan, serta modern. 

3. Sans Serif

Sans serif jadi pertimbangan selanjutnya kalau kamu mencari jenis font yang menarik dipakai untuk keperluan desain grafis. Sans dalam nama sans serif berasal dari bahasa Perancis yang artinya tanpa. Oleh karena itu, kamu tidak akan menemukan adanya kait di bagian ujung huruf. 

4. Slab Serif

Masih dalam varian serif, kamu dapat mempertimbangkan pemakaian font slab serif. Kemunculan font slab serif berawal dari penggunaan mesin ketik. Oleh karena itu, kamu bakal menemukan kesan seperti menulis dengan mesin ketik kalau menggunakan slab serif. Font ini sangat sesuai kalau kamu ingin menghadirkan impresi klasik, vintage, dan kokoh.

5. Color Font

Kamu dapat pula memanfaatkan jenis font bagus berupa color font kalau ingin menghadirkan suasana cerah dan segar. Font ini memiliki ciri khas lewat pemakaian warna-warni, gradien, serta tekstur di dalamnya. 

6. Aurora Script

Kesan elegan dan klasik bisa kamu munculkan kalau menggunakan jenis font aurora script. Font ini mempunyai bentuk layaknya sebuah tulisan kaligrafi dengan lekukan yang cantik. Pemakaiannya sangat sesuai kalau digunakan pada undangan pernikahan, label pakaian, dan sebagainya. 

7. Victorian Parlor

Kamu juga dapat memunculkan kesan klasik saat memakai font victorian parlor. Banyak desainer yang suka dengan font ini. Alasannya, karena victorian parlor dibuat dengan memadukan berbagai karakter tipografi dan memiliki bentuk fleksibel. 

8. Script Font

Pemakaian script font juga tidak kalah populer dibandingkan jenis font lain. Beberapa perusahaan yang menggunakannya sebagai logo antara lain adalah Instagram, Coca Cola, serta Cadillac. Script font berguna untuk menghadirkan nuansa kreatif, elegan, dan sekaligus feminin. Di waktu yang sama, script font juga mampu menawarkan kesan unik dan kreatif.

Baca Juga: Ini 15 Jenis Font Keren Untuk Logomu Biar Makin Kece Loh!

9. Blackletter

Blackletter termasuk font yang sudah lama populer, biasa digunakan pada desain cover album grup band metal atau rock. Tulisan yang dibuat dengan font ini cenderung sulit dibaca. Oleh karena itu, pemakaian blackletter biasanya ditempatkan pada heading, logo, atau poster.

10. Brooklyn

Brooklyn adalah jenis font menarik yang memiliki gaya tegas dan sederhana. Pemakaiannya sangat cocok kalau ditempatkan pada desain yang tak terlalu rumit. Selain itu, penggunaannya juga cukup fleksibel, dapat dipakai pada logo, headline, poster, dan lain sebagainya.

11. Koliko

Font koliko merupakan jenis font yang masih termasuk dalam bagian keluarga san serif. Font ini mempunyai bentuk geometris dan mempunyai bentuk mirip san serif tetapi dengan lekukan yang datar serta struktur polos. Pemakaiannya sangat sesuai kalau ditempatkan sebagai headline

12. Polya

Jenis font artistik dan unik bisa kamu temukan kalau menggunakan polya. Kreatornya, yakni Adrien Coquet mendesain font polya dari low poly.

13. Modeka

Modeka jadi pertimbangan menarik kalau mencari jenis font menarik yang modern. Font ini terlihat memiliki bentuk ringan tetapi elegan, dengan menggabungkan antara sudut dan detail membulat. 

14. Reckoner

Pertimbangan jenis font untuk desain grafis yang keren selanjutnya adalah reckoner. Alex Dale yang merupakan kreator font reckoner membuatnya sebagai font untuk tema industrial. Meski memperlihatkan kesan modern, Dalte tetap memperlihatkan dasar-dasar font tradisional di reckoner.

15. Stoked

Terakhir, kamu dapat mempertimbangkan pemakaian font bernama stoked. Font ini dibuat oleh seorang desainer bernama Marie-Michelle Dupuis dengan berbasiskan pada font serif. Menariknya, Marie pernah membuat 5 logo menggunakan font kustom tersebut. Namun, siapa yang menyangka kalau kelimanya ditolak. Marie pun tak mau sekadar membuangnya, dan memilih untuk mempublikasikannya secara gratis. 

Nah, itulah 15 rekomendasi jenis font keren yang dapat kamu manfaatkan sebagai bahan untuk menciptakan desain grafis yang kreatif. Semoga bermanfaat dan terus berkarya dengan kreasi yang unik dan atraktif, ya!

Exit mobile version