Praktis! Cara Membuat Stempel dengan 3 Software Desain

Memberikan stempel pada dokumen

Perusahaan atau instansi pastinya memiliki stempel atau cap perusahaan sebagai bentuk simbolis keberadaan mereka. Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan No. 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan, stempel juga digunakan untuk memperkuat keabsahan dokumen.

Dewasa ini, banyak cara membuat stempel yang kita dipilih. Karena design stempel umumnya cukup sederhana, pembuatannya pun tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan tanpa menggunakan jasa desainer. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi sofware desain grafis yang tentunya akan mempermudah Anda.

Baca juga: 12 Jenis Software Desain Grafis Terbaik Untuk Desainer

Jenis-Jenis Stempel

Sebelum mengulas tentang cara membuat stempel, ada baiknya ketahui dulu beberapa jenis stampel yang ada saat ini. Dari masa ke masa, stempel mengalami perkembangan. Dari stempel lak/wax, emboss, runaflek hingga stempel flash. Stempel lak/wax adalah jenis stempel yang cukup kuno. Dengan media lilin yang dibakar, diteteskan, kemudian dicap, stempel ini biasanya digunakan untuk segel amplop atau surat berharga.

Hasil stempel wax dan stempel emboss cukup artistik. Bedanya, stempel emboss tidak membutuhkan lilin ataupun tinta. Terbuat dari logam, stempel ini menciptakan efek timbul pada permukaan kertas.

Runaflek dan flash adalah jenis stempel yang paling banyak digunakan saat ini. Runaflek menggunakan bantalan tinta sedangkan stempel flash telah memiliki tinta didalamnya. Perbedaan lainnya adalah runaflek hanya bisa menggunakan satu warna tetapi flash bisa diaplikasikan dalam beberapa warna

Baca juga: 4 Jenis Stampel Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Perusahaan

Cara Membuat Stempel Dengan Software Desain

Ada beberapa cara untuk membuat stempel dengan menggunakan software:

1. MS Word

Posisi Basic Shapes pada Microsoft Word

Banyak tentunya yang sudah tidak asing lagi dengan perangkat microsoft word. Selain membuat dokumen dan tulis menulis, aplikasi ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan desain stempel.

Bentuk NO SYMBOL pada pilihan menu BASIC SHAPES bisa Anda gunakan untuk membuat bentuk stempel bulat, persegi, atau bentuk dasar lainnya adengan tambahan tulisan di bagian atas, tengah dan bawah.

Baca juga: 4 Bentuk Stampel Dan Kegunaannya Untuk Perusahaan

Putar gambar NO SYMBOL sehingga garis tengahnya lurus horizontal. Untuk menciptakan efek tulisan melengkung mengikuti bentuk bulat NO SYMBOL tadi, menu yang dipilih adalah ARCH UP dan ARCH DOWN pada TEXT EFFECTS.

2. Adobe Photoshop

Menampilkan Basic Shape di Adobe Photoshop

Dibandingkan dengan MS Word, tidak banyak yang familier dengan aplikasi ini karena menunya cukup beragam. Adobe Photoshop membutuhkan beberapa langkah yang jauh lebih banyak namun hasil lebih memuaskan sesuai fungsinya sebagai aplikasi editing gambar.

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, Anda bisa menambahkan gambar pada desain stempel. Kalau pada MS Word Anda hanya bisa memilih bentuk yang tersedia pada menu BASIC SHAPES, disini stempel bulat, kotak sampai design lainnya bisa Anda ciptakan sendiri.

Apabila Anda belum begitu mengerti ada baiknya Anda mempelajari langkah-langkah yang sebenarnya cukup mudah untuk diikuti. Photoshop memiliki menu editing yang cukup banyak dan sangat membantu.

3. Corel Draw

Menampilkan Basic Shapes di Corel Draw

Selain Photoshop, perangkat lunak lain yang bisa Anda manfaatkan adalah Corel Draw. Sama halnya dengan Photoshop, Corel Draw juga memiliki banyak tools untuk membuat berbagai model stempel. Jika Photoshop berbasis pixel, Corel Draw berbasis vector. Karenanya, gambar bisa diperbesar atau perkecil tanpa membuatnya pecah.

Perbedaan lainnya antara Photoshop dan Corel Draw adalah Photoshop menggunakan format PSD sedangkan Corel Draw menggunakan format CDR. Untuk menandingi Photoshop dalam fitur editing foto, Corel Draw dilengkapi dengan Corel Photopaint.

Membuat Stempel Online

Jika Anda menemukan kesulitan dalam membuat stempel menggunakan perangkat lunak tadi, saat ini banyak tersedia situs yang akan membantu Anda menciptakan desain stempel. Situs-situs tersebut ada yang berbayar maupun gratis.

Di sana umumnya akan disediakan berbagai model logo dan Anda bisa memilih gambar logo sesuai keinginan. Anda hanya perlu memasukkan nama perusahaan atau keterangan lain. Sedangkan untuk custom logo, umumnya situs-situs tersebut akan membebankan biaya desain.

Harga custom logo cukup terjangkau dan Anda bisa memilih format file yang diinginkan, apakah PNG, SVG, EPS atau PDF. Biasanya penyedia jasa akan memberikan pilihan beberapa logo sehingga Anda bisa memutuskan mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Dengan pilihan berbagai macam perangkat lunak dan tersedianya situs-situs penyedia jasa design, membuat stempel menjadi cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Exit mobile version