Pengertian Dan Fungsi Tent Card Sebagai Media Promosi

Saat Anda berada di dalam toko atau di dalam perusahaan, pasti sering melihat kertas lipatan yang berbentuk tenda. Bagian depan dari kertas biasanya berisi logo dari perusahaan atau toko. Selanjutnya bagian belakang berisi informasi promosi atau kontak yang bisa dihubungi.

Kertas lipat yang berbentuk tenda ini diberi nama tent card. Alat ini diproduksi dalam jumlah banyak untuk diletakkan di atas meja atau bagian lain yang mudah dilihat. Ukurannya tidak terlalu besar atau sekitar A4 atau A5 saja. Nah, apakah tent card ini memang dipakai untuk pajangan saja atau ada fungsi lainnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Tent Card

Contoh tent card

Tent card adalah sebuah produk percetakan yang menggunakan jenis kertas art carton atau kertas yang memiliki gramasi yang tebal dan dibentuk menjadi tenda segitiga. Tenda ini memiliki bagian depan dan belakang yang umumnya digunakan untuk menampilkan informasi terkait dengan produk dan brand.

Umumnya tent card banyak dipajang di atas meja. Namun, ada juga yang diberikan pada calon pembeli saat promosi. Penambahan elemen lain yang berguna seperti catatan atau kalender kerap dilakukan untuk memberikan daya tarik dan secara tidak langsung penerima akan terus membukanya.

Baca juga: Fakta Tentang Jenis Kertas Art Carton yang Jarang Orang Tau!

Fungsi Tent Card

Tent card

Tent card memiliki cukup banyak fungsi dalam hal pemasaran produk sampai ke arah branding. Berikut fungsi tent card selengkapnya.

1. Informasi Promosi

Hal pertama yang mendasari pembuatan tent card adalah promosi yang sedang diusung saat itu. Bagian depan dan belakang dari tent card nantinya akan berisi berbagai informasi promosi yang menarik dan harus dilihat oleh banyak calon pembeli yang kebetulan berada di toko.

Karena ukuran dari tent card umumnya tidak terlalu besar, ada baiknya untuk memasang informasi promosi dengan tepat. Jangan terlalu banyak kata-kata karena bisa membuat calon pembeli malas. Ringkas, padat, dan menarik adalah hal yang harus diperhatikan saat membuatnya.

2. Branding

Tent card juga digunakan untuk melakukan branding dari sebuah merek atau produk. Branding ini bisa berupa logo, gambar produk, sampai ke tagline. Semuanya harus ada dan tampak menarik saat dilihat oleh target market.

Branding juga bisa memberikan informasi terkait dengan kontak yang bisa dihubungi. Informasi website resmi sampai ke media sosial juga harus ada agar bisa dicek oleh calon pembeli yang ingin tahu informasi lebih banyak.

Baca juga: Apa Itu Tagline, Slogan & Fungsinya Untuk Branding

3. Menampilkan Produk Unggulan

Produk unggulan yang saat ini sedang gencar dipromosikan bisa ditampilkan secara langsung. Bagian depan menunjukkan produk yang digenjot penjualannya dan bagian belakang berisi informasi keunggulan produk secara lebih detail.

Karena difungsikan untuk menampilkan produk unggulan, tent card banyak dipajang di bagian depan toko. Kalau calon pembeli belum melihatnya, pegawai disarankan untuk memancingnya atau memakai media itu untuk promosi langsung.

Kenapa Menggunakan Tent Card

Contoh tent Card

Ada beberapa alasan sebuah perusahaan menggunakan tent card. Mereka membuat lalu dibagikan karena beberapa alasan di bawah ini.

1. Harga yang Ekonomis

Harga dari tent card umumnya tidak terlalu mahal. Apalagi desainnya cukup sederhana dan tidak terlalu besar. Karena cukup ekonomis dari segi harga, perusahaan bisa memproduksinya dalam jumlah banyak dan membagikannya ke banyak calon pembeli.

2. Produksi Cepat

Proses produksinya sangat cepat karena mirip dengan mencetak poster atau konten promosi lainnya. Hanya saja, bentuk dari tent card ini segitiga sehingga butuh ditekuk agar bisa berdiri di atas meja.

3. Ramah Lingkungan

Bahan yang digunakan untuk membuat tent card umumnya hanya kertas biasa. Jarang sekali bahan plastik digunakan karena produksi jadi lama, harga produksi juga mahal. Selain itu plastik juga bisa merusak lingkungan kalau banyak digunakan.

Tent card ternyata memiliki banyak fungsi untuk bisnis dan juga branding. Oleh karena itu perusahaan disarankan membuatnya dalam bentuk sederhana atau dibuat menjadi mini calendar agar memiliki fungsi lain dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

Baca juga: Tau Ga Sih? Ternyata Ada 6 Jenis Kalender Di Indonesia!

Informasi lain terkait dengan desain grafis sampai dunia percetakan yang menunjang pembuatan tent card sampai banner bisa Anda simak di website ini. Anda bisa mendapatkan informasi menarik di sana untuk memulai bisnis atau menambah pengetahuan.

Exit mobile version