Pecinta Fashion! Ini Tips & Cara Desain Baju yang Unik!

Bisnis di sektor fashion menawarkan peluang keuntungan yang besar. Namun, untuk meraih kesuksesan di bidang ini, kamu juga harus tahu cara desain baju yang bagus. Keunikan desain sebuah baju dapat membuat penggunanya jadi lebih percaya diri. Apalagi, kalau desain unik tersebut juga dibarengi dengan kenyamanan dalam pemakaian. 

Dulu, tidak semua orang mampu membuat rancangan baju yang bagus dan unik. Apalagi, proses perancangannya memerlukan keahlian tertentu dan disertai keterbatasan perangkat pendukung. Namun, saat ini situasinya sudah jauh berbeda. Kecanggihan teknologi memberi solusi praktis dalam upaya mendesain baju yang bagus. Lewat pemakaian aplikasi, siapapun dapat melakukannya. 

Faktor yang Memengaruhi Desain Baju 

Faktor yang memengaruhi desain baju

Sebelum memulai aktivitas mendesain baju, kamu perlu terlebih dulu mengerti dan memahami faktor yang berpengaruh pada desain baju. Saat mendesain sebuah baju, ada 3 faktor penting yang tak boleh kamu lewatkan, yakni: 

1. Kreativitas

Produk yang bagus dan unik bukan merupakan hasil plagiasi. Oleh karena itu, untuk memperoleh hasil desain unik, keren, dan bagus, kamu perlu memiliki modal pikiran yang kreatif. Kabar baiknya, kamu dapat mencoba untuk belajar untuk melatih kreativitas. 

Cara yang dapat kamu lakukan ketika ingin melatih kreativitas adalah menyediakan banyak waktu untuk berlatih. Sebagai tahap awal, kamu dapat mencoba meniru hasil kreasi desain orang lain. Kalau sudah bisa melakukannya dengan baik, kamu pun bisa melakukan modifikasi secara perlahan-lahan. 

Berkat latihan membuat desain yang berlangsung secara terus-menerus, kamu dapat menemukan gaya desain sendiri. Hal ini dapat kamu ketahui saat melihat kecenderungan memakai pola tertentu dalam melakukan modifikasi desain. Selanjutnya, kamu tidak akan memiliki kesulitan ketika mendesain baju dengan gaya desain tersebut. 

Untuk membantu pikiran agar lebih kreatif, kamu dapat bebas berimajinasi. Di waktu bersamaan, kamu juga harus menempatkan diri sebagai pengguna dari desain baju yang tengah dirancang. Selanjutnya, kamu dapat mempertimbangkan pemilihan jenis kain, warna, gaya, atau penambahan aksesori tertentu sesuai selera. 

2. Teknik Desain

Faktor yang selanjutnya adalah penggunaan teknik. Pada tahapan ini, kamu sudah mempunyai kemampuan dalam mendesain baju yang unik dan punya gaya tersendiri. Namun, keahlian tersebut masih belum cukup. Kamu juga perlu mengetahui tentang teknik desain yang ingin digunakan. 

Pengetahuan tentang teknik desain sangat penting dalam upaya menuangkan ide kreatif yang ada di pikiranmu. Kabar baiknya, teknik dapat kamu pelajari. Caranya sederhana, kamu dapat memperbanyak latihan membuat desain. Seiring dengan banyaknya latihan, teknik serta cara desain baju yang kamu miliki pun semakin terasah. 

3. Tren 

Parameter yang tidak kalah pentingnya adalah berkaitan dengan tren di dunia fashion. Agar desain baju yang kamu buat memperoleh respons positif, pastikan untuk terlebih dahulu mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mengikuti perkembangan tren desain baju yang tengah berkembang. 

Tren desain baju dapat kamu lakukan dengan mengamati hasil karya desain orang lain. Cermati pula bentuk desain yang tengah digemari oleh banyak orang. Selanjutnya, kamu dapat mengaplikasikan desain yang tengah tren tersebut ke dalam gaya desainmu sendiri. Cara ini sangat bermanfaat untuk menjaga agar hasil kreasimu tetap fresh dan unik.

Baca Juga: 5 Contoh Desain Spanduk Toko Baju Ini Bikin Toko Laris

Tips Desain Baju

Tips desain baju

Setelah mengetahui faktor penting yang perlu diperhatikan, kamu juga jangan melupakan 5 tips penting dalam mendesain baju. Lima tips tersebut antara lain adalah: 

1. Tentukan Ukuran Desain

Menentukan ukuran dari desain baju yang tengah dirancang merupakan pengetahuan dasar yang harus kamu pahami. Kamu perlu memastikan kalau desain yang dibuat mempunyai ukuran yang sesuai dengan penggunanya. Oleh karenanya, ada beberapa pengukuran yang perlu kamu lakukan, di antaranya adalah tinggi badan, ukuran pinggang, lingkar dada, paha, panjang lengan, pundak, serta panjang kaki. 

2. Tentukan Warna Baju

Warna memiliki peran yang sangat penting saat mendesain baju. Apalagi, setiap warna mampu memberi kesan tersendiri bagi pemakainya. Pemilihan warna juga sangat berpengaruh pada anggaran pembuatan baju secara keseluruhan. 

3. Mulai Desain Yang Sederhana

Bagi kamu yang masih berstatus sebagai desainer pemula, tidak ada salahnya memulai proses desain dari pola sederhana. Sebagai contoh, kamu dapat mencoba membuat desain baju yang hanya mengandalkan tipografi. Untuk membuatnya terlihat menarik, kamu bisa memilih jenis font yang tepat. 

4. Kenali Kombinasi Warna

Saat berkreasi menciptakan rancangan desain baju, kamu punya keleluasaan sebebas-bebasnya. Kamu tidak hanya terbatas menggunakan satu atau dua warna. Kalau mau, kamu bisa pula menggunakan pilihan warna sebanyak-banyaknya. 

Namun, ketika memakai kombinasi warna, kamu harus melakukan pemilihan dengan cermat. Saat melakukannya, kamu dapat mempertimbangkan selera dari pemakainya. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui filosofi dari setiap warna dalam desain yang digunakan. 

Baca Juga: Apa itu Warna CMYK? Kenapa Penting Untuk Diketahui?

5. Tentukan Tema Desain

Tips yang terakhir, kamu harus memastikan kalau desain yang dibuat terlihat selaras. Keselarasan ini dapat kamu peroleh kalau desain yang dibuat mempunyai tema tertentu. Sebagai contoh, kamu dapat mendesain baju bertema vintage. Tema tersebut dapat kamu aplikasikan lewat pemilihan corak, font, atau warna.

Aplikasi Untuk Mendesain Baju

Seperti yang telah disebutkan, keahlian merancang mendesain baju kini dapat dilakukan oleh siapa saja. Kehadiran berbagai aplikasi desain mampu membantu kamu dalam melakukannya. Dari sekian banyak opsi, ada 3 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu manfaatkan:

1. Clothes Designer

Pilihan pertama adalah Clothes Designer. Aplikasi ini menyediakan solusi praktis bagi kamu untuk mendesain baju dengan mudah menggunakan smartphone Android. Kamu bisa memilih untuk merancang kaus lengan pendek ataupun lengan panjang di sini. Selain itu, aplikasi Clothes Designer dapat pula kamu manfaatkan kalau ingin merancang sweater

Cara penggunaan aplikasi Clothes Designer sangat praktis. Aplikasi ini menyediakan pilihan gaya baju yang dapat secara langsung kamu pakai. Selain itu, aplikasi ini juga membantu kamu dalam menentukan jenis font yang dipakai. Tak ketinggalan, terdapat fitur yang bisa membantu kamu dalam memilih warna yang tepat untuk mendesain baju.

2. T-Shirt Design Studio

Aplikasi T-Shirt Design Studio

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah T-Shirt Design Studio. Cara mendesain baju menggunakan aplikasi T-Shirt Design Studio dapat kamu lakukan hanya dalam hitungan menit. Menariknya lagi, kamu bisa pula memesan desain baju yang telah dibuat di dalam aplikasi. 

3. Design & Get Your T-Shirt

Aplikasi Design&Get Your T-Shirt

Cara desain baju unik yang praktis dapat pula kamu peroleh ketika menggunakan aplikasi Design & Get Your T-Shirt. Keberadaannya memberi solusi yang praktis kalau kamu ingin memiliki baju dengan desain kustom. 

Nah, itulah panduan cara desain baju yang unik dan keren dengan praktis dan mudah. Dengan adanya panduan ini, siapa saja bisa mendesain baju unik dengan mudah. Semua itu bisa kamu dapatkan cukup dengan memanfaatkan aplikasi desain baju yang ada di aplikasi smartphone.

Solusi desain baju praktis ini dapat kamu manfaatkan ketika ingin membuat baju sendiri ataupun untuk keperluan bisnis. Kalau hasil desainmu bagus, tak menutup kemungkinan bakal banyak orang yang menyukainya, kan? 

Exit mobile version