Mengenal Jenis Kertas Duplex Untuk Industri Kemasan

Memahami apa pengertian kertas duplex akan membantu Anda mengetahui deretan kegunaannya. Kertas duplex populer digunakan sebagai kemasan atau boks makanan. Namun, pemakaian duplex tentu tidak sebatas kotak makanan saja. Ada banyak produk cetak lain yang menggunakan kertas tebal ini sebagai materialnya.

Maka, mengenali karakteristik kertas duplex memberikan Anda pemahaman apakah suatu proyek cetak sesuai atau tidak menggunakan bahan tersebut. Mari simak penjelasan tentang pengertian kertas duplex, karakteristik, berikut di mana tempat tepat membeli kertas ini. 

Pengertian Kertas Duplex

Kertas Duplex

Kertas duplex sebetulnya merupakan salah satu jenis kertas karton dengan dua sisi berbeda. Bahan duplex tak lain kertas daur ulang atau kertas bekas yang dilapisi oleh white liner. Lapisan itulah yang membuat sisi kertas ini berbeda warna. Sisi putih kerap dipakai sebagai media cetak gambar maupun tulisan, sehingga berperan sebagai daya tarik kemasan.

Namun, saat Anda hendak memakai kertas duplex sebagai kemasan produk, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu tingkat kekakuan, kepadatan, ketebalan, arah serat kertas, kelembaban, tingkat kecerahan kertas, dan kehalusan permukaannya. 

Pertimbangkan pula pemakaian hasil produk cetak dengan kertas duplex tersebut. Misalnya, untuk kemasan makanan, bagaimana saran penyimpanan kemasan tersebut. Apakah perlu disimpan di suhu ruangan atau suhu tertentu? Hal ini akan berdampak pada perubahan bentuk kertas akibat perubahan tingkat kelembaban udara. Begitu juga soal potensi terkena benturan, terutama saat hendak mengirimkan barang itu ke tempat lain. 

Karakteristik Kertas Duplex

Karakter Kertas duplex

Secara umum, karakteristik kertas duplex mempunyai dua sisi permukaan berbeda warna. Satu sisi permukaan kertas berwarna putih, sedangkan sisi lainnya berwarna abu-abu. Ada juga varian duplex yang mempunyai warna putih pada kedua sisinya, tetapi varian berbeda warna ini lebih banyak dipakai kalangan masyarakat umum.

Di pasaran Anda akan menjumpai berbagai variasi gramasi kertas duplex, mulai dari 250 gsm/gram hingga 400 gsm/gram. Semakin tinggi gramasi kertas, semakin tebal pula kertas tersebut. Berbagai kegunaan duplex bergantung pada ketebalan kertasnya. Selain populer sebagai kotak kemasan makanan, kertas ini juga dipakai untuk kemasan produk kosmetik, farmasi, korek api, aneka garmen, hingga suku cadang kendaraan. 

Berdasarkan ciri-cirinya, berikut jenis kertas duplex yang lazim ditemui di pasaran Indonesia.

1. Duplex Board Coated

Jenis ini memiliki gramasi 230 – 450 gsm. Dikarenakan harganya yang ekonomis, kertas duplex dengan jenis ini biasa digunkaan untuk kebutuhan kemasan produk atau kemasan makan. Ditambah lagi, dengan bantuan pisau pond, kemasan produk bisa bentuk secara custom sesuai dengan kebutuhan.

2. Duplex board white back

Biasa dijual dalam lembaran kecil, sudah dipotong atau dicetak berbagai bentuk. Peruntukan jenis ini pada peralatan sekali pakai, jarang dipakai sebagai kemasan. Banyak digunakan sebagai piring kertas atau proyek kerajinan tangan.

3. Sudarshan cup stock

Kertas duplex ini sudah tercekat dalam bentuk gelas kecil dengan bagian dalam terlapisi bahan yang bisa menampung air. Sisi luarnya diberi motif tertentu dengan gramatur kertas yang rendah (170-180 gsm/gram). Sudah food grade, jenis ini kerap berfungsi sebagai gelas sekali pakai.

4. Duplex ultra white coated premium board

Bagian depan memiliki permukaan licin untuk memudahkan pencetakan gambar/tulisan, sedangkan bagian belakang cenderung kasar. Banyak dipakai sebagai kemasan kosmetik, obat, kartu, dan kemasan lainnya. Gramasi beragam, harga jenis ini lebih mahal daripada duplex lain.

5. Duplex board uncoated boards

Gramasi duplex ini bisa mencapi 600 gsm/gram. Karena ukurannya yang tebal, kertas duplex tersebut kerap dipakai sebagai pembungkus barang elektronik beragam ukuran. Ketebalannya dianggap mampu melindungi benda-benda tersebut dari benturan. Selain itu, keberadaan serat dalam jenis duplex ini membuatnya lebih awet, tidak mudah rusak, dan bisa dipakai berulang kali.

Di Mana Membeli Kertas Duplex?

Ilustrasi toko kertas

Selain jenis kertas duplex yang dijual lembaran, Anda juga bisa menemukan duplex dalam ukuran plano, yaitu berupa lembaran besar dan belum dipotong-potong kecil. Ukuran plano untuk duplex biasanya 79 x 109 cm. Kisaran harga duplex ukuran tersebut bervariasi tergantung ketebalannya, rata-rata dibanderol mulai Rp700 ribuan. 

Jika Anda bertanya di mana bisa membeli kertas duplex, jawabannya adalah kertas dalam ukuran plano bisa dipesan di toko kertas maupun jasa percetakan di kota tempat Anda tinggal. Untuk duplex dalam bentuk lembaran kecil yang sudah dipotong-potong umumnya tersedia di toko penyedia alat tulis kantor atau ATK.

Namun, jika Anda hendak mencetak produk kemasan dalam jumlah banyak, lebih baik berkonsultasi dengan penyedia jasa percetakan. Pesan sampel atau contoh lebih dan cek kualitasnya sebelum mencetak secara massal. 

Baca juga: Apa Itu Percetakan?

Demikian penjelasan pengertian kertas duplex berikut karakteristik dan tempat membeli kertas ini. Ayo gali lebih banyak inspirasi menarik mengenai bisnis percetakan masa kini melalui di web ini. Salam Sukses!

Exit mobile version