Mau Cetak Tripod Banner? Lihat dulu Nih 4 Keunggulannya!

Saat mengunjungi pusat perbelanjaan atau kawasan pertokoan, Anda pasti sering sekali melihat papan menu, promo, atau sejenisnya berjajar. Banner yang berisi banyak sekali informasi itu dibuat secara berkala agar calon pembeli bisa melihat secara langsung tanpa harus masuk.

Pembuatan banner ini dilakukan agar menarik perhatian orang yang lewat agar mau masuk ke dalam. Selain itu mereka yang tipe “pemalu” juga bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan langsung dari sana.

Nah, banner yang memajang informasi jenisnya ada banyak. Ada X banner, Y Banner, sampai Tripod banner. Pada artikel ini kita akan membahas pengertian dan keunggulan tripod banner.

Pengertian Tripod Banner

Tripod banner

Tripod adalah kaki tiga yang digunakan sebagai penyangga kamera atau lensa dalam fotografi. Selanjutnya tripod banner bisa diartikan sebagai banner yang memiliki penyangga kaki tiga. Kaki ini digunakan untuk menstabilkan banner di bagian atas agar bisa berdiri dengan sempurna. Tripod banner umumnya memiliki ukuran tidak terlalu besar. Informasi dalam bentuk banner melebar ke samping atau atas bawah sesuai dengan kebutuhan. Banner akan dipasangkan pada pengait sehingga bisa diganti kalau ada promosi atau program baru.

Untuk media cetak bisa menggunakan foamboard yang di tempelkan dengan media stiker atau bisa mencetaknya langsung dengan mesin cetak flatbed. Mesin cetak flatbed bisa mencetak secara digital di media yang yang tebal seperti foamboard, corrugated atau impraboard sehingga konsumen memiliki beberapa pilihan media yang sesuai dengan budget promosi.

Baca juga: Pengertian Digital Printing & Kelebihannya Untuk Percetakan

Jenis Tripod Banner

Tripod banner jenisnya ada dua, pertama adalah tripod jenis tanda dan yang kedua easel stand. Berikut penjelasan jenis tripod banner selengkapnya.

1. Tripod Stand

Tripod Stand

Tripod stand adalah salah satu jenis tripod yang memiliki kaki kecil berjumlah tiga di bagian bawah. Selanjutnya ada tiang lagi agak ke atas dan memiliki panel untuk memasang banner. 

2. Easel Stand

Easel Stand

Easel stand sedikit berbeda dengan tripod berkaki kecil. Tripod jenis ini memiliki tiga kaki panjang dari bawah ke atas. Tiga kaki ini langsung menyangga banner. Dua kaki bagian depan digunakan untuk meletakkan banner dan satu kaki di belakang menyangga beban.

Keunggulan Tripod Banner

Tripod banner bisa menampilkan 2 sisi gambar

Tripod banner yang mulai banyak digunakan oleh pemilik restoran atau toko memiliki cukup banyak fungsi. Secara umum fungsi yang bisa didapatkan terdiri dari:

1. Pengaturan Banner yang Fleksibel

Kalau Anda pernah menggunakan media promosi X Banner atau sejenisnya, pemasangan banner di bagian tengah tentu akan merepotkan. Apalagi kalau ada kaki yang lepas atau bagian panel lain susah dipasang.

Kalau menggunakan tripod banner, hal-hal seperti itu tidak akan terjadi. Semua bagian kaki lebih fleksibel dan bisa dipasang di mana saja. Pemasangan banner juga tidak butuh waktu lama.

2. Penggunaan yang Mudah

Tripod banner mudah sekali dipakai dan hanya butuh satu orang untuk membuka dan menutupnya. Anda cukup melepas dan memasang banner yang berisi informasi promosi secara langsung. Kalau ingin melipat tripod cukup tarik kakinya dan bisa langsung diangkut ke dalam.

Kalau menggunakan X banner atau sejenisnya, pelepasan bagian promosi akan sulit dilakukan sendirian saja. Selanjutnya pemasangan juga agak ribet. Jalan satu-satunya agar  tidak terus bongkar pasang adalah memindahkan banner secara langsung meski memakan banyak tempat.

3. Harga Beli yang Murah

Kalau dibandingkan dengan produk percetakan lainnya, harga tripod banner cenderung lebih murah. Beberapa jenis produk tripod mungkin agak mahal, tapi selanjutnya Anda tidak perlu beli tripod lagi. Cukup ganti banner yang digunakan untuk menampilkan promosi.

Tripod banner banyak digunakan oleh pemilik usaha karena memiliki harga yang cenderung murah. Mereka memasangnya di depan toko agar orang lewat bisa langsung mendapatkan informasi yang jelas dan tertarik.

4. Tahan Lama

Bahan yang digunakan untuk membuat tripod banner khususnya bagian penyangganya adalah logam yang dilapisi cat hitam. Logam ini umumnya sangat kuat dan tidak mudah mengalami kerusakan. Sekali beli bisa digunakan hingga bertahun-tahun.

Tripod banner akan semakin awet kalau hanya digunakan di dalam ruangan saja. Kalau diletakkan di luar harus sering dibersihkan seperti dilap agar tidak karatan dan akhirnya keropos.

Inilah ulasan tentang pengertian dan keunggulan tripod banner yang ternyata sangat besar. jangan lupa untuk mencari informasi tentang harga cetak, bahan yang diginakan sampai dengan lama pengerjaan. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman dengan vendor percetakan langganan Anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk menentukan media cetak yang cocok untuk branding dan promosi. Salam Sukses!

Exit mobile version