Makin Mantap Desain Pakai 7 Laptop Desain Grafis Ini!

Desainer grafis adalah karier dengan prospek luas dan potensi gaji yang sangat besar. Oleh karena itu, tidak heran kalau kamu juga perlu mempersiapkan fasilitas penunjang yang mumpuni. Salah satunya adalah kebutuhan perangkat laptop desain grafis dengan spesifikasi canggih. Dengan spesifikasinya yang mumpuni, laptop tersebut dapat dipakai untuk menjalankan berbagai aplikasi desain grafis dengan lancar. 

Aplikasi desain grafis memang beda kalau dibandingkan dengan perangkat lunak biasa semacam Microsoft Word. Software desain grafis yang biasa digunakan oleh para desainer grafis memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi. Apalagi, saat digunakan untuk keperluan desain grafis, komputer perlu mengolah data yang lebih kompleks. Alhasil, kamu bakal kesulitan membuat desain yang bagus kalau tak dilengkapi adanya laptop untuk desain grafis berkualitas. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Laptop Desain Grafis

Lalu, parameter apa saja yang perlu dicermati saat ingin mencari laptop yang ditujukan bagi desainer grafis? Ada 5 pertimbangan utama yang harus kamu perhatikan, yaitu: 

1. Processor

Faktor yang pertama adalah kualitas prosesor. Proses rendering gambar bakal memberi beban kerja yang sangat keras bagi prosesor. Bagi desainer pemula, kamu dapat mempertimbangkan prosesor core i5 dari generasi terbaru Intel. Selain itu, cermati jumlah core yang dimiliki prosesor tersebut. Beberapa laptop core i5 murah menggunakan prosesor dual core. Padahal, semakin banyak core, kinerja prosesor bakal semakin bagus. Kalau punya bujet lebih, kamu dapat memilih laptop core i7 generasi terbaru. 

Intel bukanlah satu-satunya pilihan prosesor yang dapat dipertimbangkan saat mencari laptop khusus desain grafis. Kamu bisa pula memilih laptop berprosesor AMD. Untuk segmen entry level, kamu dapat menggunakan laptop AMD seri A8 atau A10. Pilihan proses dengan performa lebih baik dari AMD dapat kamu temukan dengan memilih seri A12. Sebagai alternatif, kamu dapat pula menggunakan prosesor AMD seri FX. 

2. VGA

Video graphics array (VGA) atau kartu grafis menjadi sebuah keharusan ketika mencari laptop untuk keperluan desain grafis. Komponen ini memiliki fungsi untuk memproses file berbentuk gambar. Kalau punya bujet terbatas, kamu dapat mempertimbangkan VGA kelas menengah seperti NVIDIA GeForce GTX1050 adau AMD Radeon R7. Namun, kalau ingin memperoleh kinerja yang lebih baik, pilihannya adalah GTX 1650, GTX 1080, RTX 2060, RTX 2070 dan sebagainya.

3. RAM/Memory

Kinerja prosesor selalu berkaitan erat dengan RAM. Kalau kamu ingin mengoptimalkan performa prosesor, pastikan untuk menggunakan RAM dengan jumlah yang mumpuni. Dibandingkan dengan prosesor atau VGA, RAM memiliki harga yang murah. Selain itu, kamu dapat pula melakukan upgrade secara berkala. Untuk keperluan desain grafis, setidaknya kamu perlu memakai RAM 8 GB. Semakin tinggi RAM, performa laptop pun kian lancar. 

4. Layar

Pertimbangan selanjutnya adalah layar. Mayoritas desainer grafis lebih nyaman kalau bekerja menggunakan komputer berlayar besar dan mempunyai resolusi tinggi. Ukuran minimal untuk sebuah laptop desain adalah 15 inci dengan resolusi 1600 x 900 piksel atau 1920 x 1080 piksel. Kamu bisa pula memilih untuk mencari laptop dengan layar lebih besar. 

5. Sarana penyimpanan

Parameter yang terakhir adalah sarana penyimpanan yang tersedia dalam dua opsi, yakni HDD dan SSD. HDD dan SSD berbeda namun sama-sama berfungsi sebagai media penyimpanan. HDD bisa kamu dapatkan dengan harga murah. Namun, SSD yang punya harga lebih mahal menawarkan performa lebih cepat ketika dipakai untuk memproses file dengan ukuran besar. 

Idealnya, kamu perlu mencari laptop dengan SSD yang berkapasitas setidaknya 1 TB. Namun, penggantian SSD dapat dilakukan secara berkala seperti halnya RAM. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu memilih HDD dengan pertimbangan bakal melakukan penggantian SSD di waktu mendatang. 

Rekomendasi Laptop Desain Grafis 2020

Dengan mempertimbangkan 5 faktor tersebut, kamu dapat bisa mencari deretan laptop berkelas di pasaran. Kalau bingung, ini rekomendasi laptop desain grafis yang dapat kamu bawa pulang: 

1. Apple Macbook Pro

Macbook kerap jadi pertimbangan utama para desainer grafis ketika berburu laptop. Alasannya, karena Apple mendesain produknya secara optimal untuk keperluan desain grafis. Namun, jangan mencari Macbook keluaran lama, pilih Apple Macbook Pro 15 Inci 2019. Laptop ini memang memiliki harga yang relatif cukup mahal, di kisaran Rp30 jutaan. Namun, kamu tidak akan merasa rugi. Apalagi, laptop ini menawarkan layar besar beresolusi dengan daya tahan baterai lama.

2. Asus ZenBook Pro Duo i7

Pilihan selanjutnya adalah Asus ZenBook Pro Duo i7. Laptop ini desain cantik, dengan layar 15 inci OLED 4K dan berbezel tipis. Untuk memberi kenyamanan lebih dalam mengerjakan desain, kamu bisa pula memanfaatkan layar sekunder yang terletak di bagian atas keyboard. Asyik, kan?

3. Dell XPS 15 7590 UHD 4K i7 9750H

Performa tak kalah memukau bisa kamu peroleh dari laptop Dell XPS 15 7590 UHD 4K i7 9750H. Seri XPS milik Dell memang kerap jadi pertimbangan para desainer grafis. Selain menawarkan performa tinggi, laptop ini juga punya desain ciamik. Ditambah lagi, bobotnya ringan dengan bentuk yang super tipis. 

4. Lenovo ThinkPad Yoga X1 Carbon i7 8550U

ThinkPad Yoga X1 Carbon i7 U550U juga menjadi pertimbangan menarik untuk memenuhi kebutuhan desain grafis. Karena dibuat dengan bahan karbon, laptop ini memberikan mobilitas tinggi berkat bobotnya yang ringan. Performanya pun membuat kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi desain grafis dengan lancar.  

5. Microsoft Surface Book 2

Surface Book 2 dari Microsoft jadi pilihan menarik selanjutnya. Layar beresolusi 4K yang dilengkapi teknologi PixelSense Display bakal membuatmu semakin nyaman dalam mengolah beragam jenis grafis. Performanya juga andal, didukung prosesor Core i7 8650U dan VGA GTX 1060. Selain itu, kamu dapat memakai Surface Book yang berbanderol sekitar Rp30 jutaan ini dalam mode laptop atau tablet.

6. Gigabyte Aero 15 Classic XA i7 9750H

Kamu dapat pula mempertimbangkan produk Gigabyte, yakni Aero 15 Classic XA i7 9750H. Laptop ini menawarkan keunggulan layar 15,6 inci Full HD berbezel tipis 144 Hz yang memberi pengalaman visual lebih baik. Dukungan VGA GeForce RTX 2070Q juga memberi jaminan kualitas saat memproses file grafis. Performanya sebanding dengan harganya yang mahal, di kisaran Rp30 jutaan. 

7. HP Spectre 15 DF0033 i7 8565U

Terakhir, kamu dapat memilih laptop untuk keperluan desain grafis dari HP, yakni Spectre 15 DF0033 i7 8565U. Laptop ini mendapatkan dukungan kartu grafis MX150 dari NVIDIA dengan RAM 16 GB dan SSD sebesar 512 GB. Layarnya juga nyaman, berukuran 15,6 inci dengan resolusi 4K. Harganya, berada di kisaran Rp17 jutaan. 

Itulah 7 pilihan laptop desain grafis yang bisa kamu pertimbangkan. Dibandingkan dengan laptop biasa, harganya memang jauh lebih mahal. Namun, kamu bakal puas ketika menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Exit mobile version