Jangan Dibuat Sulit, Ini Cara Membuat Foto Polaroid Mudah

“Bagaimana cara membuat foto polaroid tanpa menggunakan kamera khusus?” Pertanyaan ini cukup sering kita jumpai pada hasil pencarian internet. Istilah polaroid sendiri sebetulnya datang dari nama sebuah perusahaan, yakni Polaroid Corporation. Memproduksi berbagai produk optik dan kamera, instant camera pun menjadi penemuan terpenting dalam karir bisnis Polaroid Corporation.

Sejak itu pula, istilah kamera polaroid selalu dipakai untuk produk instant camera yang hasil fotonya langsung tercetak setelah memotret. Dalam perkembangannya, orang juga mulai menggunakan istilah foto polaroid untuk hasil jepretan dari kamera instan atau untuk jenis cetakan foto yang mirip tampilannya dengan hasil tangkapan instant camera

Pun meski tergolong konsep jadul, foto polaroid tidak pernah kehilangan pamornya. Sampai sekarang, masih banyak orang yang menggunakan foto polaroid untuk tujuan dekoratif, seperti kolase foto, bahan scrapbook, dan lain sebagainya. Maka dari itu, mari cari tahu cara membuat foto ala jepretan kamera polaroid dengan bantuan aplikasi di Hp dan Microsoft Word!

Baca Juga: Jika Suka Fotografi, Kalian Wajib Tahu Jenis-Jenis Kamera Ini!

Cara Membuat Foto Polaroid Menggunakan Microsoft Word

Membuat Foto Polaroid Menggunakan Microsoft Word

Selain sebagai software pengolah kata, Anda bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk membuat foto polaroid yang keren. Cara bikinnya juga mudah. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop Anda.
  2. Klik Blank Document, lalu klik pada menu Insert.
  3. Setelah itu, pilih menu Shapes dan klik pada opsi Rectangle (Segi Empat)
  4. Kemudian, klik kiri dan tarik hingga membentuk shape yang Anda inginkan.
  5. Bila sudah membuat bentuk segi empat di lembar kerja Word. Klik dua kali pada shape tersebut, sampai muncul menu Format (Drawing tools) di bagian atas. 
  6. Lalu, arahkan kursor ke menu shape styles dan klik tombol ketiga untuk memilih theme styles.
  7. Pilih style paling atas di sisi kiri, yakni colored outline black, dark 1. Ini fungsinya untuk memberi garis batas pada foto, yang bakal memudahkan kita nantinya saat hendak menggunting hasil cetakan.
  8. Selanjutnya, yuk masukkan foto atau gambar yang ingin kamu bikin jadi ala-ala foto polaroid di word! Klik menu Insert, lantas pilih Picture
  9. Apabila foto sudah muncul di lembar word, klik kanan di bagian foto. Berikutnya, pilih opsi Wrap Text dan klik In Front of Text.
  10. Kemudian, masukkan foto ke dalam shape segi empat yang sudah Anda buat tadi. Sebagai catatan, aspek rasio untuk foto polaroid adalah 1:1. Maka, Anda perlu memotong foto itu sebelum memasangnya.
  11. Klik dua kali pada foto, sampai menu Format muncul. Kemudian klik Crop dan pilih Aspect Ratio 1:1. Lalu, klik kembali tombol Crop pada menu Format untuk mulai memotong gambar. 
  12. Nah, sudah selesai. Anda pun bisa mencetak foto dengan efek ala polaroid tersebut. 

Cara Membuat Foto Polaroid dengan Aplikasi di Hp

Tidak hanya dengan PC, mengedit foto ala efek polaroid juga bisa Anda lakukan dengan aplikasi di smartphone. Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi gratis yang bisa Anda unduh di App Store ataupun Play Store, untuk menciptakan koleksi foto polaroid yang keren.

Menggunakan InstaLab

InstaLab

Menjadi aplikasi pengedit foto polaroid yang pertama, InstaLab tersedia gratis untuk pengguna smartphone Android maupun iPhone. Siap membawa Anda kembali ke kejayangan foto-foto klasik ala jepretan kamera Polaroid, aplikasi ini juga menawarkan fitur modifikasi frame yang keren. 

Tidak cuma itu, pengguna juga bisa menambahkan teks, filter, dan tekstur vintage untuk memoles hasil editan. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat foto polaroid dengan InstaLab.

  1. Buka aplikasi Play Store atau App Store di gawai pintar Anda.
  2. Ketik InstaLab pada search bar untuk menemukan aplikasi tersebut.
  3. Setelah itu, tap Instal untuk mengunduhnya. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan memiliki ukuran download 82,13 MB.
  4. Jika proses penginstalan sudah rampung, segera buka aplikasi.
  5. Pada tampilan antarmukanya, ada tiga pilihan menu pada sisi bagian bawah: Impor, Kamera, dan Pilih
  6. Jika ingin membuat foto instan, tap pada tombol Kamera. Kemudian tap Izinkan untuk memberi akses kepada InstaLab. 
  7. Bila ingin mengedit foto yang sudah tersimpan di galeri, langsung pilih Impor
  8. Kemudian cari foto/gambar di Galeri, yang ingin Anda ubah menjadi foto polaroid. 
  9. Dalam hitungan detik, foto Anda pun akan terpasang pada frame. Tersedia sekitar 10 frame yang bisa Anda pilih. Tinggal geser ke kiri untuk memilih bentuknya.
  10. Selain memilih frame (bingkai), ada fitur lain seperti Tekstur, Filter, Penyesuaian, dan Teks.
  11. Untuk memberi sentuhan yang lebih estetis pada frame foto, tap pada menu Tekstur
  12. Tap pada Penyesuaian jika ingin mengubah tingkat kecerahan, saturasi, kontras, dan memutar foto.
  13. Terakhir, ada fitur Teks yang bisa Anda pakai untuk menambahkan tulisan pada foto. 
  14. Jika proses pengeditan sudah selesai, tap pada ikon unduh di pojok kanan atas. 
  15. Pada opsi di sisi bagian bawah, pengguna akan menemukan tiga pilihan, yakni Simpan, Bagikan, dan Layanan Cetak. Tap Simpan untuk menyimpan hasil editan di galeri Anda, atau tap Bagikan jika ingin langsung membagikannya kepada teman atau kerabat. 

Menggunakan Aplikasi Instamini

Instamini

Selain InstaLab, ada aplikasi Instamini yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat foto polaroid. Menariknya, tampilan aplikasi ini mengambil bentuk asli dari kamera Polaroid. Bahkan ketika Anda menggunakan aplikasi ini untuk mengambil gambar, bunyi jepretannya juga mirip dengan kamera aslinya. 

Yuk, ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan aplikasi Instamini!

  1. Tap pada aplikasi Play Store atau App Store.
  2. Cari aplikasi Instamini di kolom search dan unduh. Aplikasi ini tergolong ringan (hanya 41 MB) dan sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. 
  3. Tunggu sampai proses pengunduhan selesai dan kemudian buka aplikasi.
  4. Tap Izinkan untuk memberi akses kepada Instamini.
  5. Tampilan antarmuka Instamini berbentuk kamera Polaroid. Jadi, segera setelah Anda membuka aplikasi tersebut, Anda dapat langsung melihat ke sisi lensa kameranya untuk membidik objek foto. 
  6. Sebelumnya, pilih dulu frame yang hendak dipasang pada hasil foto. Tap pada ikon frame di sisi kanan gambar kamera. Gulir ke bawah untuk memilih frame yang diinginkan.
  7. Setelah itu, kembali ke home dengan tap back di layar smartphone. 
  8. Kemudian, tap ikon berbentuk bulatan putih besar di sisi kanan untuk menjepret gambar bidikan Anda.
  9. Seperti pada kamera Polaroid, hasil cetakan foto harus digoyang-goyang terlebih dahulu agar gambarnya muncul. Ini juga berlaku pada aplikasi Instamini. Pengguna harus menggoyang-goyangkan ponsel mereka untuk memunculkan hasil jepretan.
  10. Tersedia juga tombol Switch kamera untuk memudahkan Anda mengambil foto selfie. Untuk mengecek semua hasil foto, tap pada ikon Image. Anda pun bisa langsung membagikan foto tersebut ke media sosial atau menyimpannya ke Drive. 
Exit mobile version