Jadi Desainer Berkelas! Kenali Yuk Tool Photoshop Berikut Ini!

Modal penting untuk menjadi seorang desainer andal adalah penguasaan aplikasi desain grafis. Salah satu aplikasi desain grafis yang populer dan banyak digunakan adalah Photoshop. Kalau kamu dapat menguasai fungsi dari berbagai jenis tool Photoshop, menjadi seorang desainer yang berkelas bukanlah sekadar impian. 

Bekal kemampuan menjalankan aplikasi Photoshop dapat mengantarkanmu jadi seorang desainer andal. Penggunaan aplikasi ini sangat bervariasi. Para fotografer profesional kerap memanfaatkannya untuk keperluan edit foto. Selanjutnya, dengan memanfaatkan tool yang ada di dalamnya, kamu dapat menambahkan berbagai efek menarik pada gambar. 

Apa Itu Photoshop?

Photoshop

Bagi para desainer, Photoshop merupakan aplikasi edit foto yang sudah sangat familier. Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dari perusahaan bernama Adobe Inc. Photoshop diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990, untuk para pengguna PC Windows dan macOS. Saat ini, Photoshop berkembang jadi salah satu software desain grafis terpopuler. Selain tersedia untuk perangkat desktop, Photoshop juga dapat kamu temukan pada perangkat mobile, baik iOS ataupun Android. 

Aplikasi Photoshop dapat kamu gunakan untuk mengedit berkas gambar atau foto yang memiliki jenis format gambar jpeg, jpg, PNG, gif, serta format rester lain. Sebagai tambahan, kamu juga bakal menemukan kalau Photoshop mempunyai format file sendiri yang menjadi salah satu ciri khasnya. Format file Photoshop itu di antaranya adalah PSD, PSB, serta PDD. Meski begitu, kamu bisa pula menggunakan aplikasi desain lain untuk membuka berkas yang menjadi ciri khas Photoshop tersebut. 

Jenis-Jenis Tool Photoshop

Saat menggunakan aplikasi Photoshop, kamu akan menemukan berbagai tool yang penting untuk diketahui. Deretan tool itu dapat kamu jumpai di area Toolbox yang ada di sebelah kiri layar. Kamu pun dapat menggunakan berbagai jenis tool yang tersedia untuk melakukan pengeditan foto atau gambar. 

Jumlah tool yang dapat kamu jumpai 

1. Selection Tools

Kategori tool yang pertama adalah Selection Tools. Di sini, kamu akan menjumpai kumpulan tool yang berfungsi melakukan seleksi objek pada Photoshop dengan bentuk tertentu. Di dalamnya, kamu akan menemukan 4 jenis tool yang termasuk dalam Selection Tools, yakni: 

2. Crop and Slice Tools

Kategori tool pada aplikasi Photoshop selanjutnya adalah Crop and Slice Tools. Kamu akan menemukan 3 pilihan tool pada seksi ini, yaitu: 

3. Annotation, Measuring, dan Navigation Tools

Dalam kategori ini, kamu akan menemukan banyak pilihan tool yang mempunyai fungsi beragam, di antaranya: 

4. Painting Tools

Kategori selanjutnya adalah Painting Tools. Terdapat 5 jenis tool Photoshop yang kamu jumpai pada kategori yang satu ini, di antaranya:

Baca Juga: Sangat Berpengaruh! Nih,13 Psikologi Warna Dalam Desain!

5. Draw and Type Tools

Kumpulan tool yang ada pada kategori ini dapat kamu pakai untuk menggambar dan menulis. Beberapa tool yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah: 

6. Retouching

Terakhir, kamu akan menjumpai kategori tool untuk keperluan retouching. Beberapa tool yang termasuk dalam kelompok ini di antaranya:

Baca Juga: Secepat Kilat! Begini 5 Cara Menghilangkan Background Foto!

Nah, itulah penjelasan tentang berbagai jenis tool Photoshop yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan pengeditan gambar dan foto. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version