Biar Cepet Laku, Nih Pengertian Dan Fungsi Hang Tag!

Saat berada di mall dan masuk ke retail fashion, Anda akan sering menemukan banyak produk dengan label yang menggantung. Label itu biasanya terbuat dari kertas tebal, memiliki warna menarik, dan memiliki ciri khas dari brand atau merek yang sedang diusung.

Selain produk fashion, label yang menggantung dan biasanya menggunakan tali atau plastik itu juga hadir pada tas sampai produk aksesori. Pelabelan ini digunakan untuk memberikan informasi terkait dengan produk, brand secara umum, dan harga. Nah, kalau kamu ingin tahu lebih lanjut terkait masalah label, simak pengertian dan fungsi hang tag di bawah ini.

Pengertian Hang Tag

Hang tag yang di gantungkan pada sebuah produk

Seperti yang sudah dibahas pada bagian pembuka di atas, label yang menggantung pada produk dinamai hang tag. Label ini berisi banyak informasi penting dari produk sehingga calon pembeli cukup melihatnya sebelum membeli.

Hang tag umumnya diletakkan pada bagian atas dari produk seperti bagian leher pakaian sampai ke bagian yang dianggap menarik. Tujuannya adalah untuk memancing calon pembeli melihat ke sana.

Selama ini banyak sekali calon pembeli yang lebih banyak bertanya daripada melihat hang tag. Padahal informasi dan detail produk umumnya sudah ada di sana sehingga pembeli tidak perlu terus bertanya terkait produk dan harganya.

Fungsi Hang Tag

Contoh hang tag

Hang tag atau sering disebut label gantung ini diberikan pada produk bukan tanpa alasan. Ada fungsi hang tag yang bisa dimanfaatkan oleh produsen sebagai penggenjot penjualan sampai branding.

1. Penanda Barang Asli

Salah satu fungsi hang tag yang paling utama adalah penanda keaslian dari produk. Kalau produk yang sedang dibeli tidak memiliki hang tag khas dari merek itu kemungkinan besar palsu sehingga pembeli bisa menghindarinya.

Penanda keaslian dari produk ini bisa terlihat dari adanya stiker atau hologram yang ada di sana. Kalau barangnya palsu stiker atau hologramnya tidak jelas atau malah tidak ada sama sekali.

Selain penggunaan stiker dan hologram, nomor seri dari produk juga bisa dipakai. Beberapa produk fashion atau aksesori memiliki nomor seri yang unik sehingga bisa dicek keasliannya di website resmi produsen.

Baca juga: Simple Tapi Powerfull ! Inilah 9 Fungsi Stiker Untuk Promosi!

2. Media Promosi

Pernah melihat hang tag yang jumlahnya ada banyak dalam satu produk? Produsen sengaja memberikan banyak sekali hang tag dalam satu tempat untuk melakukan promosi produk yang sedang tenar saat itu.

Media promosi dengan hang tag cukup efektif karena target marketnya jelas. Pembeli pasti akan melihat bagian hang tag saat akan membeli serta mau tidak mau membaca konten promosi yang ada di sana. Konsepnya sambil menyelam minum air. Sembari menampilkan info produk, produsen bisa menampilkan promosi.

3. Informasi dan Spesifikasi Produk

Informasi dan spesifikasi produk harus ada lengkap pada hang tag. Inilah esensi dari pemberian label. Saat pembeli memilih produk mereka bisa langsung melihat hang tag dan mendapatkan banyak informasi penting di sana.

Pemberian informasi dibuat padat dan mudah dimengerti oleh calon pembeli. Dengan begitu mereka tidak perlu bertanya lagi dan langsung tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Baca juga: Ga Pake Ribet! Gini 7 Cara Membuat Desain Label Produk!

4. Branding Produk

Hang tag juga berisi informasi terkait dengan merek yang menghasilkan produk tersebut. Logo, slogan, atau informasi lain terkait merek akan tersaji di sana. Kalau calon pembeli masih ragu dan penasaran dengan produk, mereka bisa mendapatkan info menarik di sana.

Misal ada informasi terkait dengan website dan juga media sosial dari produk. Calon pembeli bisa sedikit “kepo” ke sana sebelum memutuskan beli.

5. Harga Barang

Harga barang harus ada di hang tag agar calon pembeli tidak berkali-kali bertanya. Harga barang ini bisa dicetakkan langsung atau ditambahkan sendiri oleh pemilik toko retail. Kalau ada perubahan harga tinggal ditimpakan ke harga lama, begitu seterusnya sampai terjual.

Sudah paham kan mengenai pengertian dan fungsi hang tag setelah membaca ulasan di atas? Kalau Anda ingin mengenal lebih jauh terkait dunia desain dan bisnis percetakan, buka Solusiprinting saat ini juga. Berbagai informasi terkait percetakan tersaji lengkap dan menarik.

Exit mobile version