Banyak yang Ga Tau Loh, Simak Deh Pengertian Kolase Ini!

Banyak yang Ga Tau Loh, Simak Deh Pengertian Kolase Ini!

Apakah kamu sudah memahami pengertian kolase foto? Kolase foto merupakan salah satu cara untuk merangkaikan kenanganmu dalam satu frame yang menarik. Biasanya, kolase foto dipajang di dinding atau diletakkan di atas meja. Beberapa orang juga kerap memamerkan kolase dalam album foto.

Kolase lebih menarik jika dihadirkan dalam satu tema. Misalnya, membuat kolase tentang pertemuan dengan pasangan sampai dengan pernikahan. Agar semakin menarik, sisipkan juga kata mutiara atau kalimat yang menginspirasi.

Penasaran dengan apa itu kolase? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Kolase

Kolase diartikan sebagai teknik menempelkan beragam unsur ke dalam satu bingkai untuk menghasilkan karya seni baru. Kolase juga berarti karya seni rupa yang dirangkai dengan menempelkan bahan apa pun menjadi satu komposisi.

Dari segi istilah, kolase merupakan kreasi aplikasi yang diciptakan dengan menyatukan teknik melukis dan menempelkan beberapa bahan. Karena itu, kamu harus memiliki keterampilan dalam mengombinasikan, menempel, dan menyusun bahan-bahan yang tersedia.

Selain pengertian dari sisi istilah, para ahli juga memaknai kolase berdasarkan persepsinya berikut ini.

Robins

Kolase merupakan seni menempel pola atau gambar memakai beberapa bahan berbeda, misalnya kain dan kertas yang disatukan pada latar belakang. 

Nicholson 

Pengertian kolase merupakan gambar yang terbuat dari beberapa kertas atau bahan lain dengan cara ditempel.

Kasim 

Berdasarkan pandangan Kasim, kolase merupakan cara menggambar dengan teknik tempelan. 

Muharam

Muharam mengartikan kolase sebagai teknik melukis dengan warna berbeda dari bahan tertentu, seperti kepingan batu, keramik, kaca, kayu, dan marmer. 

Budiono

Budiono memaknai kolase sebagai aktivitas melukis dengan menerapkan komposisi artistik dari beragam material yang ditempel di permukaan gambar. 

Sunaryo

Sunaryo memahami kolase sebagai kegiatan penting dan kompleks.

Mayesky

Mayesky mengartikan kolase sebagai seni dekorasi di sebuah bidang menggunakan kepingan bahan kertas berwarna. Lalu, bahan tersebut disusun dan ditempelkan memakai perekat sesuai dengan konsep desain dari ukuran, pola, penempatan, dan bentuknya.

Yohana

Berdasarkan pemahaman Yohanna, kolase adalah karya gambar yang berasal dari susunan potongan, kaca berwarna, bebatuan, dan porselin. 

Jenis-Jenis Kolase

Kolase dibedakan menjadi empat jenis, yaitu berdasarkan fungsi, dimensi, corak, dan bahan. Berikut ini penjelasan detailnya.

1. Fungsi  

Berdasarkan fungsi, kolase dibagi menjadi dua kelompok, yakni seni murni dan terapan. Seni murni merupakan karya yang diciptakan untuk kebutuhan artistik. Sementara karya seni terapan dibuat sebagai media untuk menunjukkan manfaat dan komposisinya. 

2. Dimensi 

Kolase menurut dimensi ada dua kategori, yakni dwimatra dan trimatra. Dwimatra merupakan karya pada bidang dua dimensi. Sementara trimatra adalah karya di permukaan bidang tiga dimensi. 

3. Corak

Berdasarkan coraknya, kolase ada dua macam, yakni representatif dan nonrepresentatif. Representatif menunjukkan wujud nyata yang masih dikenali. Sebaliknya,  nonrepresentatif dirancang tanpa memperlihatkan bentuk nyata, abstrak, serta menunjukkan unsur visual yang menarik.

4. Bahan

Kolase berdasarkan bahan terdiri dari beberapa pilihan, seperti keramik, gerabah, kayu, karton, dan kaca. Bahan-bahan tersebut dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu alam dan buatan. Contoh bahan buatan, seperti permen, serat sintetis, plastic, dan kertas.

Cara Membuat Kolase

Setelah memahami makna kolase, kamu dapat membuatnya dengan dua cara, yakni secara digital dan manual. Jika menggunakan teknik digital, kolase harus dibuat dengan aplikasi yang tepat. Contoh aplikasi digital untuk membuat kolase, yaitu Photo Collage Editor and Photo Collage Maker, Picsa Photo Editor and Collage Maker, serta Photo Collage and Grid.

Sebaliknya, bagi kamu yang ingin membuat secara manual, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Jika menggunakan teknik digital dalam membuat kolase, manfaatkan desain photobook. Biasanya, photobook dicetak dengan kertas jenis art paper, art carton, atau HVS. Dalam satu photobook bisa memuat hingga 60 foto.

Kamu juga bisa menjadikan kolase sebagai hiasan dinding. Bahan untuk membuat kolase hiasan dinding semakin estetik jika memakai bahan alami, seperti popcorn dan ranting pohon. Caranya, rekatkan ranting pohon dan popcorn sebagai daunnya di atas sebuah kertas karton. Setelah merekat, tambahkan beberapa foto yang bertema sama. 

Itulah pengertian kolase, jenis, serta cara membuatnya yang dapat dijadikan referensi. Kolase adalah bagian dari karya seni sederhana, murah, tetapi indah. Kamu bisa membuatnya kapan saja dan dengan berbagai jenis bahan. Tunggu apa lagi? Jadikan momenmu lebih bermakna melalui kolase.

Exit mobile version