17 Jenis Kertas Percetakan yang Paling Sering Digunakan

Ilustrasi Jenis Kertas Percetakan

Berikut 10 jenis kertas yang sering digunakan pada dunia percetakan. Kita ketahui bahwa percetakan merupakan bisnis yang sangat menggiurkan bagi sebagian orang. Sebab saat ini banyak orang yang membutuhkan jasanya untuk mencetak berbagai macam cetakan, seperti kartu nama, paper bag, spanduk, dan sebagainya. Mungkin Anda termasuk salah seorang yang sedang mencari jasa percetakan murah dan berkualitas tersebut. Selain desain yang menarik, sebelum mencetak sesuatu informasi mengenai berbagai kertas yang biasa digunakan di dunia percetakan perlu untuk Anda ketahui. Berikut ini beberapa jenis-jenis kertas yang paling sering digunakan dalam dunia percetakan. Gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Kertas Art Paper

Jenis Kertas Percetakan – Art Paper

Art paper atau yang biasa disebut dengan kertas konstruk adalah salah satu jenis kertas yang mempunyai permukaan licin. Jenis kertas Kertas art paper adalah sebuah jenis kertas brosur yang sering dipesan oleh perusahaan untuk kebutuhan promosi. Selain untuk brosur, kertas art paper juga dapat dijadikan sebagai kertas untuk tiket konser karena bahannya yang tipis dan harganya yang murah. Sebagai tambahan kertas art paper juga dapat digunakan untuk cetak flyer majalah katalog dan lain lain. Ada beberapa tingkat atau gramatur dari kertas ini, yaitu 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, hingga 150 gr.

2. Kertas Art Carton

Jenis Kertas Percetakan – Art Carton

Di kedua permukaan dari jenis kertas ini sama persis dengan permukaan art paper, yaitu kertas licin dan halus. Hanya saja, kertas art carton adalah sebuah kertas untuk cover buku dikarenakan harganya yang sangat ekonomis. Karena kertasnya yang tebal, kertas art carton adalah kertas untuk katalog yang sempurna dan digemari oleh banyak perusahaan. Sebagai tambahan kertas ini juga banyak digunakan untuk kebutuhan cetak kartu nama, map folder dan lain lainnya. Gramatur yang tersedia pun lebih banyak, mulai dari 190 gr hingga 400 gr.

Baca juga: 9 Tips Desain Kartu Nama Biar Kamu Keliatan Profesional!

3. Kertas Ivory

Jenis kertas ini hampir sama dengan kertas art carton, baik dalam ketebalan maupun kehalusan permukaannya. Perbedaannya permukaan halus pada kertas ivory hanya ada di satu sisi saja. Sedangkan untuk sisi yang lain tanpa coating. Kertas ini sangat cocok bagi Anda yang ingin cetak paper bag atau dus-dus kosmetik. Untuk gramaturnya Anda tinggal memilih disesuaikan kebutuhan mulai dari 400 gr, 310 gr, 250 gr, 230, gr, dan yang terendah 210 gr.

4. Kertas Dupleks

Jenis Kertas Percetakan -Duplex

Kertas jenis ini mempunyai warna berbeda di dua permukaannya. Di satu sisi berwarna putih, sedangkan sisi lain berwarna abu-abu. Biasanya kertas dupleks ini banyak digunakan bagi Anda yang ingin mencetak dus pembungkus makanan atau obat-obatan. Anda bisa memilih gramatur yang disediakan, yaitu 500 gr, 450 gr, 400 gr, 350 gr, 310 gr, 270 gr, dan 250 gr.

5. Kertas HVS

Jenis Kertas Percetakan -HVS

Untuk kertas yang satu ini tentunya sudah banyak orang yang mengetahuinya. Sebab kertas HVS adalah jenis kertas populer yang biasa digunakan untuk mencetak isi buku atau fotocopy. Permukaannya yang kasar membuat kertas HVS ini lebih sering digunakan banyak orang. Gramatur kertas yang bisa Anda pilih mulai dari 60 gr yang terendah, 70 gr, 80 gr, hingga 100 gr.

6. Kertas Samson Kraft

Jenis Kertas Percetakan -Samson Kraft

Kertas ini cukup kreatif sebab dihasilkan dari proses daur ulang. Tak heran jika warna dari kertas ini coklat. Biasanya kertas samson kraft sering digunakan untuk membuat paper bag atau bungkus yang lain. Ada dua gramatur yang sering digunakan, yaitu 70 gr dan 80 gr.

Baca juga: Peluang Usaha Paper Bag Modal Kecil Untung Selangit

7. Kertas BW

Jenis Kertas Percetakan -BW

Kertas BW adalah jenis kertas untuk thanks card yang sangat populer. Jenis kertas inilah yang lebih variatif. Sebab selain permukaannya bertekstur, warna yang disediakan pun cukup banyak. Disamping itu, kertas BW adalah kertas tebal untuk print berbagai macam kebutuhan percetakan seperti kartu nama atau sertifikat. Anda bisa memilih salah satu gramatur yang disediakan mulai dari 250 gr, 220 gr, atau 160 gr.

8. Kertas Yupo

Kertas Yupo adalah sebuah kertas tipis yang bergramatur 150 gsm dan memiliki warna putih yang terang dan glossy. Kertas cetak ini banyak digunakan untuk membuat Kartu Nama, Booklet Company profile. Karakteristik yang membuat Kertas Yupo terkenal adalah bahannya yang tidak bisa sobek. Untuk masalah harga, kertas ini memiliki harga yang bersaing dengan kertas lainnya.

9. Kertas Concorde

Kertas Concorde adalah sebuah kertas banyak digemari oleh perusahaan dan anak kuliah. Kertas ini memiliki 2 jenis gramatur kertas yaitu 120 gsm dan 250 gsm. dengan ketebalan ini, kertas concord sangat cocok untuk membuat Kartu Nama, Undangan dan Sertifikat. Ditambah lagi, kertas ini memiliki tekstur bergelombang horisontal yang untuk dan berbeda dari kertas lainnya. Kertas Concorde bisa di beli di hampir semua toko buku atau bisa membelinya secara Online di Tokopedia, Shopee atau Bukalapak.

10. Kertas Splendorgel

Kertas Splendorgel

Kertas Splendorgel adalah sebuah kertas hardcover Premium yang memiliki tektur halus dan berwarna putih terang. Kertas ini sering digunakan untuk mencetak Company Profile, Booklet, Photobook, Kartu Nama dan lainnya. Harga kertas ini tergolong mahal, Jika ingin mencetak untuk kebutuhan yang premium kertas ini bisa dijadikan pilihan yang sempurna.

11. Kertas Mohawk Eggshell

Kertas Mohawk

Kertas Mohawk Eggshell adalah sebuah kertas yang memiliki warna putih gading dengan beberapa pilihan gramatur kertas 148 gsm, 216 gsm, 270 gsm Jika suka dengan gaya vintage, kertas ini bisa dijadikan pertimbangan. Permukaan kertas ini sedikit terlihat kasar, akan tetapi itu yang menjadi daya tarik kertas ini. kartu nama, photobook, booklet, company profile, sertifikat, map perusahaan adalah beberapa jenis produk percetakan yang biasa menggunakan kertas premium ini.

12. Kertas Coronado

Kertas Coronado

Jika ingin cetakan anda memiliki tampilan yang elegan, mungkin kertas Coronado adalah sebuah pilihan yang cocok. Kertas Coronado adalah sebuah jenis kertas yang memiliki tekstur berbintik. Kertas ini sangat bagus untuk membuat produk percetakan seperti kartu nama, booket, company profile, Undangan, Map perusahaan yang menginginkan tampilan yang berbeda. Tidak disarankan untuk melaminasi kertas ini karena akan merusak tekstur unik kertas.

13. Kertas Linen Jepang

Linen Jepang

Kertas Linen Jepang adalah sebuah kertas yang memiliki tekstur yang unik. Jika dilihat dari dekat. Kertas ini memiliki permukaan yang menyerupai simbol #. Dikarenakan teksturnya yang unik, kertas ini sering digunakan untuk kebutuhan mencetak sertifikat, undangan atau kartu nama. Ketebalan atau gramatur yang dimiliki oleh kertas ini adalah 230 gsm sehingga cukup tebal untuk di gunakan. Sebagai tambahan, kertas Linen Jepang tidak bisa dilaminasi dikarenakan teksturnya jika berencana untuk laminasi kertas mungkin menggunakan jenis kertas cetak lainnya adalah pilihan yang lebih tepat.

14. Kertas Yellow Board

Yellow Board

Karena kertas yellow board yang cukup tebal, maka membuat kertas ini banyak digunakan sebagai rangka sebuah undangan jenis hard cover. Kelemahan dari kertas ini adalah tidak bisa dicetak di percetakan offset. Tak heran jika kemudian kertas ini perlu dilapis dengan kertas art paper atau dupleks saat pencetakan. Beberapa gramatur yang bisa Anda pilih adalah YB 40 dan TB 30.

15. Kertas Fancy Paper

Keunikan dari kertas ini mempunyai banyak ragam, baik karakteristik, jenis maupun warnanya. Tak heran jika kertas ini sering digunakan untuk membuat sebuah undangan pernikahan. Beberapa jenis dari kertas fancy paper adalah jasmine, hawai, millennium, java emboss, dan masih banyak lagi. gramatur yang disediakan pun cukup beragam, yaitu 300 gr, 220 gr, 100 gr, dan 80 gr. Anda tinggal memilih salah satunya.

Baca juga: 9 Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang Sering Digunakan

16. Kertas Corrugated

Kertas Corrugated

Kertas ini mempunyai ciri bergelombang pada permukaannya dan berwarna coklat. Biasanya kertas corrugated ini digunakan sebagai dus mi instan, dus komputer, dan sebagainya. Seperti halnya kertas yellow board, kertas ini membutuhkan kertas lain jika perlu dicetak di percetakan murah.

17. Kertas NCR.

Kertas Ncr

Kertas NCR atau yang biasa disebut dengan Carbonless paper, adalah sebuah jenis kertas printing yang tipis dan memiliki karakter seperti HVS. Kertas ini memiliki 2 lapisan unik yang tidak dapat ditemukan di jenis kertas lainnya, Yaitu Color Transfer dan Color Receiver. Sisi yang yang mengirimkan gambar memiliki kandungan microcapsule pada permukaanya. Untuk menggukana kertas ini, Letakan kertas yang berjenis color transfer di atas kertas yang berjenis color receiver. Pada saat diberi tekanan dengan menulisnya dari atas, microcapsule ini akan pecah kelapisan bawah sehinga terbentuklah sebuah image atau teks.Kertas NCR memiliki beberapa jenis warna seperti Putih, Merah, Hijau, Kuning Biru. Gramatur kertas yang dimiliki kertas NCR ini cukup tipis yaitu 60 gsm.

Itulah beberapa Jenis kertas yang sering digunakan untuk kebutuhan percetakan. Diharapkan dengan mengenal jenis kertas ini, Anda bisa mengkreasikannya menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. Ada juga Jenis kertas fancy yang bisa digunakan untuk kebutuhan cetak yang lebih premium. Anda bisa mencoba untuk survey toko kertas fancy yang ada di Jakarta untuk varian yang tersedia. Semoga informasi percetakan ini bisa menjadi sebuah solusi yang dapat digunakan oleh pengusaha percetakan di Indonesia. Salam Sukses !

Exit mobile version