12 Jenis Software Desain Grafis Terbaik Untuk Desainer

Berikut pembahasan mengenai berbagai jenis software desain grafis yang umumnya digunakan. Desain Grafis berasal dari penggabungan dua kata yaitu desan dan grafis. Masing-masing kata memiliki arti tersendiri, desain adalah proses pembuatan atau pengaturan sesuatu hal yang berhubungan dengan merancang atau merencanakan. Sedangkan grafis adalah cetak mencetak yang sangat berhubungan erat dengan garis. Sehingga desain grafis adalah kombinasi yang selaras antara kalimat, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan kinerja individu untuk menggabungkan efek yang dibutuhkan.

Desain grafis sendiri adalah cabang ilmu yang berasal dari seni desain yang menggunakan bantuan komputer untuk melakukan kegiatan. Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut desainer. Desain grafis memiliki berbagai macam software, berikut adalah software desain grafis yang harus anda ketahui:

1. Adobe Indesign

Software desain grafis Indesign

Adobe Indesign adalah jenis software desain grafis yang berada dalam perangkat lunak destop publishing atau biasa dikenal dengan nama DTP. Adobe Indesign diproduksi oleh Adobe sistem yang bisa anda gunakan untuk membuat poster, brosur, majalah atau buku. Aplikasi ini banyak digunakan masyarakat luas untuk melakukan suatu desain dalam kehidupan sehari-hari.

2. Adobe Page Maker

Adobe Page Maker

Adobe Page Maker adalah perangkat lunak aplikasi pengolah data yang digunakan untuk mendesain layout buku, cover majalah atau makalah. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain koran dan biasa digunakan untuk keperluan undangan, kartu nama, kartu ucapan dan kop surat.

Baca juga: 6 Cara Membuat Kop Surat di Amplop Dengan Word?

3. Adobe Frame Maker

Logo software desain grafis Adobe Framemaker

Software Desain Grafis jenis Adobe Frame Maker adalah perangkat lunak yang menggunakan tampilan XML untuk native penulis konten tekstur. Berpaduan dengan PDF yang memiliki konten out-off-the-box integrasi CMS. Aplikasi ini memiliki sistem pempublikasian dengan menggunakan saluran, format dan layanan HTML5 yang menggunakan penerbit server 10 atau Adobe teknis komunikasi Site 4. Aplikasi ini biasa menyimpan data dalam bentuk PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe Air.

4. Macromedia Freehand

Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi software desain grafis yang digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis vector. Software ini bisa digunakan oleh para designer untuk melakukan editing logo baik kelompok ataupun perusahaann. Namun software ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing pada brosur, kartu nama, undangan dan beberapa kebutuhan lain.

Baca juga: Ga Banyak Orang Tau, Ini 10 Rahasia Membuat Brosur Bisnis

5. Adobe Photoshop

Logo Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan digunakan dalam suatu kepentingan. Aplikasi software desain grafis ini biasa digunakan oleh para photographer atau untuk bisnis percetakan untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih hidup dan nyata.

Beberapa fitur yang cukup populer dan sering digunakan pada saat mendesain dengan perangkat lunak desain ini seperti crop tool, healing brush, lasso tool dan lainnya Adobe Photoshop adalah produk terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Adobe Systems. Anda dapat membuat desain poster, spanduk, Logo, dan kebutuhan lainnya dengan Adobe Photoshop.

Baru belajar software desain ini? Ga usah takut! Semua jenis video tutorial sudah tersedia Youtube. Yuk, Tunggu apa lagi!

Baca juga: Cekitdot! 5 Contoh Spanduk Warung Kopi Yang Kekinian!

6. Photo Shine

Photo shine adalah jenis aplikasi foto software desain grafis yang biasa digunakan untuk mengabungkan beberapa foto dalam satu frame. Dalam aplikasi ini berbagai macam bingkai juga ditawarkan agar anda bisa memilih bingkai yang anda suka. File penyimpanan foto biasa menggunakan JPG agar gambar mudah disimpan dan dibuka dalam kondisi apapun. Ada beberapa referensi printer cetak foto yang handal untuk Anda gunakan di era sekarang ini.

7. Photo Scape

Photo Scape

Sama hal nya dengan PhotoShine dan PhotoCollage, Photo Scape adalah Software Desain Grafis yang mendukung anda melakukan editing 2 foto atau lebih. Photo Scape memiliki fitur seperti viewer, efek gambar (sephia, black and white), emoji, tambahan tulisan dan masih bayak fiture yang ada dalam aplikasi Photo Scape. Ada pula fitur untuk membuat animasi gerak dengan menggabungkan minimal 2 layer gambar untuk berganti dengan hitungan detik.

8. Picture Manager

Picture Manager adalah aplikasi software desain grafis yang memiliki kesamaan dengan Microsoft Office Picture Manager. Namun software ini memiliki berbagai macam tambahan fitur yang digunakan untuk kebutuhan professional desiner seperti fitur manejemen Photo Manager.

Meskipun manager namun kemampuan yang dimiliki tidak hanya untuk mengolah gambar. Secara khusus fitu ini memiliki nama lengkap Microsoft Office Picture Manager merupakan software desain grafis yang memiliki instalasi Microsoft Office didalamnya. Fitur yang ada di dalamnya juga beraneka ragam seperti brightness dan contrast, re-color, menghilangkan efek red-eye pada Photo, hingga resize compressing mengubah ukuran Photo.

9. ACDSee

Logo Aplikasi desain grafis ACDSee

Software ACDSee adalah sebuah software yang populer ditahun 2000 an. Keunggulan software ini memiliki fungsi slideshow presentation dimana didalamnya bisa mengedit image dan video. Beberapa fungsi sederhana seperti cropping, scaling dan rottating juga dimiliki oleh software ini. selain itu pengguna juga dapat meningkatkan kualitas gambar dengan fitur fitur sederhana seperti brightness, kontrass dan saturasi.

10. Corel Draw

Logo Aplikasi desain grafis Corel Draw

Memang jarang orang yang memiliki kemampuan menggunakan software desain ini, akan tetapi software ini memiliki user interface yang mudah untuk desainer terlebih untuk membuat semua jenis illustrasi yang berbasis Vektor seperti logo, banner, poster dan lainnya. Selection dan memberi effect pada gambar adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki perangkat lunak ini. Untuk itu Corel Draw ini bisa dijadikan pilihan pada saat mendesain di setiap perusahaan.

11. Inkscape

Logo software desain grafis Inkscape

Dikeluarkan untuk umum pada tahun 2003 software ini software yang ditujukan untuk mengedit gambar vektor. Perangkat lunak ini juga mudah untuk digunakan dan memiliki banyak fitur menarik pada saat mengedit warna. Tidak punya spek komputer yang tinggi? Ga usah Khawatir, Inkscape tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi dikarenakan perangkat lunaknya yang ringan. Sebagai tambahan, software ini memiliki fungsi backup otomatis sehingga desainer tidak perlu takut akan kehilangan progress desainnya.

12. Google Sketchup

Logo aplikasi desain grafis Google SketchUp

Sebuah software desain grafis yang ditujukan untuk mendesain 3D. Biasanya digunakan untuk mendesain gedung seperti rumah, hotel dan kantor dan lain lainnya. kelebihan yang menonjol pada Google SketchUp ini adalah desainer bisa menggunakan google earth untuk memposisikan desain gedung.

Berbagai macam software desain grafis dan Fungsinya bisa anda pelajari seperti yang sudah disebutkan diatas. Selain mempelajari anda juga disarankan untuk melakukan praktek secara langsung pada sesuai dengan imajinasi yang anda miliki. Jelek ataupun bagus karya yang anda hasilkan itu adalah karya anda sendiri.

Exit mobile version